Cara Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Hidung anak bayi tersumbat dan lalu berlendir tentunya bisa membuatnya merasa tidak nyaman. Jika sudah terjadi seperti itu, maka bayi biasanya rewel dan lalu menangis. Biasanya, keadaan ini tidak membahayakan anak bayi dan bisa sembuh sendiri.

Tetapi kalau hidung bayi tersumbat hingga membuat bayi kurang nafsu makan, sebagai orang tuanya tentu akan cemas dan khawatir. Untuk itu, kita perlu tahu apa saja cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Bacaan Lainnya

Akibat Dari Hidung Bayi Yang Tersumbat

Jika hidung anak bayi tersumbat, maka membuat bayi tersebut susah bernapas. Hal ini akan membuat buah hati tidak nyaman layaknya kita sendiri yang tersumbat hidungnya. Bukan hanya itu saja, nafsu makan juga bisa menurun karenanya.

Kalau nafsu makan sudah menurun, maka tentu berpengaruh terhadap nutrisi buah hati. Gizi anak bayi bisa terganggu padahal harus lengkap gizinya untuk mendukung tumbuh kembang.

Beberapa Cara Atasi Hidung Bayi Yang Tersumbat

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk mengatasi masalah hidung anak bayi yang tersumbat dan bisa dilakukan di rumah.

  1. Terlebih dahulu memastikan buah hati terhidrasi

    Jika kebutuhan cairan si anak bayi tercukupi, maka jaringan nasal akan terjaga kelembapannya. Kita bisa memberi air putih biasa dan upayakan tidak terlalu sering anak bayi minum minuman yang manis. Bagi bayi yang masih mengonsumsi ASI eksklusif, maka ibu bisa coba menyusui sesering mungkin.

  1. Bersihkan lendir di hidung bayi

    Terkadang ingus bayi bisa mengeras lalu menjadi kerak kalau tidak segera dibersihkan. Sebaiknya, orang tua membersihkan bagian hidung si buah hati secara rutin, baik saat si kecil sedang sehat dan saat flu. Dengan membersihkan hidung secara rutin, maka bisa mencegah masalah penyumbatan hidung.
    Penyumbatan ini sendiri bisa terjadi karena kerak atau kotoran hidung dari ingus mengeras di dalam hidung. Ada cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang dapat ibu lakukan yaitu adalah dengan memakai cotton bud.
    Lalu kemudian basahi cotton bud tersebut dengan memakai air hangat, lalu ibu dapat mengambil kotoran hidung bayi yang mengeras. Supaya lebih mudah, coba ambil kotoran hidung bayi ketika sedang tertidur.

  1. Menepuk-nepuk punggung bayi dengan perlahan

    Umumnya bayi yang tersumbat hidungnya akan rewel karena merasa tidak nyaman. Agar bisa mengatasi hidung yang tersumbat, maka ibu bisa coba menepuk-nepuk bagian belakang atau punggung bayi. Tetapi hal ini harus dilakukan secara perlahan agar tidak menyakiti si bayi. Saat menepuk punggungnya secara perlahan, lebih baik dalam posisi tengkurap.

  1. Mengatur posisi bayi saat tidur

    Buatlah buah hati dalam posisi lebih nyaman saat hidungnya tersumbat. Cara dengan meninggikan posisi kepala, kepala dengan posisi lebih tinggi bisa membuat buah hati lebih mudah untuk menghirup udara. Di samping itu, posisi tersebut juga bisa membuat lendir tak lagi menggumpal di hidung.

  1. Memakai humidifier atau pelembap udara

    Ada cara lain agar bisa mengatasi hidung yang tersumbat pada bayi adalah dengan menggunakan mesin pelembap udara atau humidifier. Pemakaian alat satu ini bisa membuat udara ruangan menjadi lebih hangat dan juga lembap.

Hal tersebut membuat lendir tidak akan mudah mengeras di hidung. Kalau memakai humidifier masih tak berhasil, maka ibu juga dapat menggunakan nebulizer. Itulah beberapa macam cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *