Beberapa Cara Mengatasi HP Lemot

  • Whatsapp
Cara Mengatasi HP Lemot

Salah satu kendala yang dikeluhkan oleh para pengguna smartphone sekarang ini adalah HP jadi lemot. Ini sering terjadi ketika HP sudah lama dipergunakan, dan membuat orang mencari cara mengatasi HP lemot itu seperti apa. Dan memang ada beberapa penyebab dari HP menjadi lemot, dan itu yang harus diketahui, berikut ini kami akan jelaskan beberapa caranya.

Rutin Membersihkan Cache

Cara pertama untuk kita bisa mengatasi HP yang sudah lemot itu adalah dengan secara rutin melakukan pembersihan cache pada HP. Seiring penggunaan aplikasi, maka jumlah cache yang tersimpan dalam HP dari aplikasi itu akan semakin menumpuk. Penumpukan cache tersebut akan membuat hp kita jadi lebih lemot karena terlalu berat bebannya.

Pembersihan cache sendiri sekarang sudah tidak rumit sih, karena kebanyakan HP sekarang sudah menyediakan pembersih cache. Kalian tinggal membuka pembersih tersebut, dan kemudian cache akan segera dibersihkan dari smartphone kalian itu. Selain itu ada juga aplikasi khusus membersihkan cache, dan kalian bisa instal aplikasi itu untuk melakukan pembersihan cache.

Menjaga Kapasitas Memori Penyimpanan

Cara yang kedua adalah menjaga kapasitas penyimpanan di smartphone kalian tidak terlalu penuh, ini juga berpengaruh lho. Kalau kapasitas penyimpanan terlalu penuh, biasanya smartphone kita jadi bekerja dengan jauh lebih berat lagi. Oleh karena itulah kita perlu sekali untuk menjaga agar supaya memori penyimpanan itu tidak terlalu penuh.

Biasanya yang membuat penuh itu adalah foto dan video, meskipun tersimpan di SD card tetap akan membebani. Karena ada file Thumbnail yang ada di memori internal yang membuat akhirnya penyimpanan internal itu jadi penuh. Sehingga kita harus kelola baik-baik foto dan video yang kita simpan di smartphone kita yang menjadi cara mengatasi HP lemot.

Membatasi Aplikasi Berjalan Di Background

Cara berikutnya adalah dengan membatasi aplikasi berjalan di background smartphone kita, karena ini akan memakan RAM. Bila RAM bekerja terlalu berat, maka sudah pasti proses menjalankan aplikasi yang lainnya di smartphone akan terhambat. Sehingga kita harus membatasi aplikasi background supaya RAM sedikit lebih lega.

Cara untuk membatasinya adalah dengan masuk ke menu setting dan kemudian masuk ke menu developer setting. Di sana ada menu background app, nah kita bisa tentukan aplikasi apa saja yang berjalan di background. Nah kita batasi saja 1 atau 2 aplikasi yang bisa berjalan di background tersebut.

Selalu Update Software

Selanjutnya kita juga perlu untuk selalu melakukan update pada software ataupun aplikasi yang kita punyai tersebut. Banyak juga pengembang aplikasi yang memberikan update supaya aplikasi tersebut bisa lebih stabil dan juga lebih ringan. Hal ini tentu saja akan membantu kita menjaga RAM lebih lega dan juga mengatasi lemot HP kita.

Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Terakhir adalah kita harus kelola aplikasi di smartphone kita dengan baik, jangan terlalu banyak menyimpan aplikasi yang tidak terpakai. Sebisa mungkin hapus saja aplikasi yang mungkin sudah terlalu lama tidak dipakai atau dibuka, supaya memori jauh lebih lega. Dengan begitu, maka HP kita yang lemot itu akan bisa kembali ngebut nantinya.

Memang terkadang karena HP jadul yang membuat itu lemot, namun bila dikelola dengan baik tetap saja bisa lancar saat digunakan. Jadi kita bisa mempraktikkan cara-cara di atas sebagai sebuah cara mengatasi HP lemot supaya kembali cepat lagi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *