Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan adalah kondisi dimana vagina mengeluarkan lendir. Lendir tersebut memang sebenarnya wajar bagi seorang wanita. Dan fungsinya adalah untuk menjaga kelembaban organ intim seorang wanita.

Namun yang menjadi permasalahan biasanya adalah keputihan yang berlebihan, sehingga Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil berikut ini akan bisa sangat membantu bagi siapa saja yang mengalami permasalahan tersebut.

Bacaan Lainnya

Beberapa Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Keputihan

Keputihan akan dialami oleh semua wanita, namun tidak perlu khawatir karena hal tersebut sebenarnya wajar. Ketika keputihan berwarna bening atau putih susu maka itu tandanya kondisi kesehatan organ intim wanita tersebut normal dan tidak ada gangguan yang lain.

Namun ketika keputihan yang keluar dari organ intim tersebut warnanya berubah menjadi kuning atau keabu – abuan serta memiliki aroma yang tajam, maka hal tersebut harus sangat diwaspadai karena bisa jadi hal tersebut mengindikasikan ada gangguan kehamilan atau infeksi yang lain. Berikut ini cara mengatasi keputihan pada ibu hamil.

  • Menggunakan Pakaian Yang Tidak Terlalu Ketat

    Gangguan keputihan yang kerap muncul pada seorang ibu hamil salah satu penyebab utamanya yang paling sering terjadi adalah penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Sebenarnya pakaian yang terlalu ketat juga kurang nyaman digunakan.
    Pakaian yang terlalu ketat tersebut bisa menyebabkan organ intim seorang wanita menjadi mengalami keputihan yang berlebihan. Sehingga untuk bisa mengatasi keputihan tersebut agar tidak terlalu berlebihan adalah, dengan cara menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat.

  • Memilih Bahan Celana Dalam Yang Memiliki Kemampuan Serap Yang Baik

    Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil berikutnya adalah dengan selalu memilih untuk menggunakan celana dalam yang dibuat dengan bahan yang memiliki kemampuan daya serat yang baik. Misalnya yang terbuat dari bahan katun.

  • Menggunakan Pantyliner

    Cara yang paling efektif untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan menggunakan pantyliner. Pantyliner sendiri memang diciptakan secara khusus untuk membantu mengatasi masalah keputihan yang pada ibu hamil.
    Pantyliner adalah semacam pembalut namun lebih tipis dan fungsinya memang diciptakan secara khusus untuk menyerap keputihan yang ada pada organ intim seorang wanita agar tetap merasa nyaman.

  • Meningkatkan Frekuensi Pergantian Celana Dalam

    Lalu karena umumnya seorang wanita tetap selalu mengeluarkan keputihan melalui organ intim karena hal tersebut adalah hal yang wajar, maka usaha terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan tersebut adalah dengan meningkatkan frekuensi penggantian celana dalam.

Pencegahan Keputihan Pada Wanita Yang Sedang Hamil

Memang keputihan merupakan suatu kondisi yang wajar namun tetap saja ada banyak sekali wanita yang merasa sangat tidak nyaman ketika mereka mengalami keputihan yang berlebihan tersebut. Selain itu jika dibiarkan juga membuat kondisi organ intim menjadi tidak sehat.

Namun tidak perlu khawatir karena ada langkah yang bisa dilakukan sebagai suatu usaha untuk pencegahan keputihan berlebihan tersebut pada seorang wanita yang sedang hamil. Ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Atur Pola Makan

    Keputihan juga bisa disebabkan karena seorang wanita mengonsumsi makanan yang kurang sehat, maka usaha pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah keputihan adalah mengatur pola makan untuk tetap memakan makanan yang bergizi dan sehat.

  • Bersihkan Organ Intim

    Usaha selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan rajin membersihkan organ intim dengan baik dan benar. Jangan menggunakan pembersih organ intim sembarangan karena hal tersebut dapat memicu keputihan yang berlebihan juga.

  • Jaga Kebersihan Tangan

    Yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa tangan selalu steril ketika sedang menyentuh organ intim. Meskipun Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil sudah dijelaskan dengan detail namun akan lebih baik jika mencegahnya sedari awal agar tidak terjadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *