Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Mudah dan Aman

Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Pernahkah Anda mengalami hiperhidrosis? Yaitu sebuah keluhan akan kondisi keringat yang berlebih sehingga cukup mengganggu aktivitas Anda. Lalu bagaimana cara mengatasi keringat berlebih?

Meski banyak yang mengatakan kondisi tersebut masih cukup wajar terjadi, namun bau tak sedap yang mengiringinya sukses membuat kepercayaan diri menurun drastis.

Keringat berlebih umumnya ada di bagian badan, ketiak, punggung dan tangan. Otomatis akan membuat pakaian Anda di bagian tersebut mudah terlihat basah dan meninggalkan bekas.

Cara Mengatasi Keluhan Keringat Berlebih

Banyak orang yang kemudian mencari bagaimana cara efektif untuk bisa mengatasi kondisi keringat berlebih yang dialami. Berikut akan Kami berikan beberapa tips atau cara untuk mengatasinya yang sudah berhasil dilakukan.

  1. Gunakan antiperspirant

    Antiperspirant memiliki sifat untuk menghalangi keringat keluar dengan mudah dan membuat permukaan tubuh tetap kering. Anda bisa memilih jenis produk yang mengandung anti perspirant seperti deodorant atau bedak yang kini banyak dijual bebas di supermarket atau apotek.
    Oleskan setelah mandi, sebelum tidur dan sebelum bepergian secara teratur. Anda akan mendapatkan kondisi tubuh terutama di beberapa bagian penting tetap kering dan tak berkeringat berlebihan.

  1. Menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar

    Tubuh akan mengeluarkan keringat berlebih jika beraktivitas namun mengenakan pakaian yang tak membuat tubuh bergerak dengan leluasa. Maka sebaiknya ganti pakaian Anda dengan yang lebih nyaman dan longgar jika Anda berencana untuk beraktivitas berat di luar ruangan.

  1. Mandi secara teratur 2 kali sehari

    Usahakan untuk mandi dengan teratur sebanyak 2 kali dalam sehari. Gunakan sabun anti bakteri yang bisa dengan efektif membuang bakteri penyebab keringat berlebih dan berbau tak sedap.

  1. Jaga area kaki tetap kering

    Usahakan untuk secara berkala membuka sepatu yang Anda gunakan juga menjadi cara mengatasi keringat berlebih. Tujuannya adalah untuk membuat area kaki bernafas dengan lega dan terhindar dari kondisi lembab. Gunakan sepatu dan kaos kaki yang bersih untuk terhindar dari bau tak sedap.

  1. Kurangi konsumsi makanan pedas dan minuman berkafein

    Karena konsumsi makanan yang pedas akan meningkatkan produksi keringat dalam tubuh Anda.

Pada tingkat paling parah, untuk atasi keringat berlebih bisa dilakukan dengan melakukan tindakan medis seperti suntik botox, konsumsi obat antikolinergik dan melakukan operasi kelenjar keringat.

Jenis Keringat Berlebih Menurut Medis

Sesuai dengan ulasannya dalam Medical News Today, keringat berlebih dibagi menjadi 2 jenis. Yang pertama adalah keringat berlebih primer. Yaitu jenis keringat berlebih yang dirasakan di bagian telapak tangan, telapak kaki, wajah dan ketiak.

Penyebabnya secara umum adalah karena gugup, cemas, stres hingga ketika tubuh melakukan aktivitas berat. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa keluhan hiperhidrosis juga bisa terjadi karena faktor genetika atau keturunan.

Jenis yang kedua adalah jenis keringat berlebih sekunder. Kondisi keringat berlebih ini bisa dirasakan hampir di seluruh tubuh yang mana bisa menjadi pertanda akan kondisi kesehatan tertentu. Ada beberapa jenis penyakit yang memiliki gejala awal berupa keringat berlebih.

Yaitu jenis penyakit seperti diabetes, encok, penyakit jantung, hipotiroidisme, gula darah rendah, cedera syaraf tulang belakang dan kegelisahan akut.

Keringat berlebih juga bisa menjadi indikasi adanya sebuah penyakit atau suatu kondisi kesehatan tertentu. Seperti misalnya kondisi kehamilan, kegemukan, adanya penyakit Parkinson, jenis kanker seperti hodgkin, infeksi malaria, demam berdarah hingga HIV dan efek pengobatan anti-depresan misalnya. Sekian beberapa ulasan singkat tentang cara mengatasi keringat berlebih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *