Tips dan Cara Mengatasi Keringat Dingin

Cara Mengatasi Keringat Dingin

Normalnya, keringat akan muncul pada saat atau setelah kita berolahraga, makan makanan pedas, atau pada saat cuaca sedang panas-panasnya. Akan tetapi sering kali kita juga dapat mengalami keringat padahal tidak sedang berada dalam situasi tersebut. Ini biasa disebut dengan keringat dingin.

Beberapa orang tidak jarang mengalami kepanikan yang luar biasa ketika sedang mengalami keringat dingin. Tidak jarang mereka kemudian mencari berbagai cara mengatasi keringat dingin sehingga dapat pulih kembali. Tentunya, untuk meredakan keringat dingin tersebut terlebih dahulu harus diketahui penyebabnya sehingga penanganan bisa dilakukan secara tepat.

Penyebab Keringat Dingin

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya keringat dingin. Adapun penyebab yang dimaksud sejatinya berupa kondisi fisik maupun psikis yang dapat mengganggu sistem hidrasi sehingga muncul keringat dingin tersebut. Berikut beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya keringat dingin.

  1. Shock

    Ketika seseorang sedang mengalami shock, maka aliran darah ke otak sering kali berkurang. Itulah mengapa, organ-organ vital pada tubuh menjadi kekurangan oksigen dan nutrisi yang menyebabkan terjadinya keringat dingin. Jika tidak ditangani dengan baik, tentu saja hal ini akan berakibat sangat fatal.

  1. Vertigo

    Anda yang memiliki riwayat vertigo tentu sangat mengerti jika sedang kambuh maka keringat dingin akan muncul dan membanjiri badan Anda. Vertigo sendiri merupakan suatu kondisi di mana penderitanya akan merasa pusing dan sekelilingnya berputar.

  1. Serangan jantung

    Keringat dingin juga dapat menjadi tanda adanya serangan jantung. Terlebih jika disertai dengan beberapa gejala tambahan seperti sesak napas, nyeri dada seperti tertekan, hingga pusing dan merasa seperti akan pingsan.

Mengatasi Keringat Dingin

Setelah mengetahui penyebabnya, maka saatnya Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi keringat dingin yang sesuai dengan gejala dan penyebabnya. Berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah keringat dingin.

  • Cara yang pertama adalah dengan mengambil istirahat yang cukup. Terlebih jika keringat dingin tersebut terjadi karena adanya gangguan seperti sakit jantung atau vertigo. Duduklah sejenak dan tenangkan badan dan lama kelamaan keringat dingin akan mulai mereda.
  • Anda juga harus selalu menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat. Tubuh yang fit tentunya akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Pastikan juga untuk mengontrol emosi dan mengelola stres sehingga tidak memunculkan gejala keringat dingin.
  • Prosedur iontophoresis juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi keringat dingin. Tetapi, cara ini hanya dilakukan jika setelah pemeriksaan medis tidak ditemukan gangguan penyakit tertentu, namun keringat dingin masih bermunculan. Metode ini dilakukan dengan memberikan arus listrik rendah ke kulit untuk menyumbat kelenjar keringat selama beberapa waktu.
  • Pilihan lain yang sering kali dipakai adalah menyuntikkan botox. Meskipun terbilang cukup mahal, cara ini dinilai ampuh untuk mengatasi keringat dingin. Adapun cara kerja botox ini adalah menghambat saraf yang berkaitan dengan penghasil keringat.
  • Jika semakin parah, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan tindaklanjut. Biasanya Anda akan diberi suplemen tertentu yang disesuaikan dengan penyebab keringat dingin tersebut. Perlu diingat, keringat dingin bukanlah penyakit namun dapat menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres dengan tubuh Anda.

Itulah beberapa hal mengenai penyebab dan sejumlah cara mengatasi keringat dingin yang bisa Anda praktikkan. Bagaimana, cukup mudah bukan? Nah, semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi kesehatan Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *