Yuk, Cari Tahu Cara Mengatasi Ketiak Hitam Disini

Cara Mengatasi Ketiak Hitam

Disadari atau tidak, ketiak yang menghitam sering kali menjadi masalah tersendiri yang harus dihadapi oleh sebagian orang. Terlebih bila kaum hawa yang mengalami permasalahan tersebut, pastinya akan memberikan dampak pada menurunnya rasa kepercayaan diri.

Seringkali deodoran disebut sebagai salah satu penyebab utama kulit ketiak yang menghitam. Walaupun hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam.

Akan tetapi tak perlu khawatir, karena kulit ketiak yang menghitam dapat diatasi dengan cara mudah. Apa saja cara mengatasi ketiak hitam itu? Simak informasinya di bawah ini.

Penyebab Ketiak Hitam

Perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit dari ketiak menjadi berwarna gelap. Beberapa penyebab tersebut antara lain:

  • Infeksi dari bakteri

    Kulit pada ketiak yang berubah menjadi gelap dapat disebabkan karena adanya infeksi dari bakteri yang bernama corynebacterium minutissimum. Bakteri tersebut memang dapat tumbuh subur pada daerah tubuh yang lembab.
    Tak heran bila bakteri tersebut tumbuh di area ketiak dan mengakibatkan area kulit yang berada di sekitar ketiak menjadi berwarna lebih gelap.

  • Iritasi pada kulit ketiak

    Penyebab lain dari kulit di sekitar ketiak yang menghitam yakni karena adanya iritasi yang terjadi di area kulit ketiak. Hal ini dapat disebabkan karena terlalu sering dalam mencukur ataupun mencabut bulu yang ada di daerah ketiak.
    Seringnya mencukur maupun mencabut bulu tersebut mengakibatkan kulit memproduksi melanosit secara berlebih, serta dapat berakibat pada kulit yang mudah iritasi.

  • Acanthosis nigricans

    Kulit ketiak yang menghitam juga disebabkan karena kondisi penyakit tertentu yang bernama acanthosis nigricans, yang mengakibatkan kulit mengalami penebalan dan warnanya berubah menjadi sedikit gelap.
    Umumnya kondisi tersebut tidak hanya terjadi pada area ketiak saja, namun juga pada area leher, lengan dan pangkal paha. Kondisi tersebut diakibatkan oleh obesitas maupun pengaruh obat-obatan tertentu.

Cara Mengatasi Kulit Ketiak Yang Menghitam

Guna mencegah terjadinya kulit di sekitar ketiak yang berubah warna menjadi hitam, berikut beberapa cara mengatasi ketiak hitam yang dapat dilakukan secara sederhana di rumah.

  1. Memakai pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik

    Keringat berlebih yang dihasilkan oleh tubuh umumnya rentan menyebabkan iritasi pada kulit ketiak. Hal tersebut terjadi karena keadaan yang lembab dan juga suhu yang panas.
    Tak hanya itu kurang bersihnya area tersebut menyebabkan kuman dapat bertumbuh dengan subur, sehingga kulit ketiak cepat menghitam. Maka gunakanlah pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik dan juga bersihkan tubuh bila kotor.

  1. Menggunakan bahan yang alami

    Terdapat beberapa bahan yang berasal dari alam yang mampu mengobati permasalahan kulit ketiak yang hitam. Beberapa bahan alami tersebut antara lain seperti lemon, minyak kelapa, kulit jeruk, mentimun dan juga kunyit.
    Beberapa bahan tersebut dapat digunakan sebagai masker yang ditempelkan pada ketiak untuk beberapa saat dan kemudian dibilas hingga bersih. Ulangi treatment sederhana tersebut hingga kulit ketiak kembali cerah seperti sedia kala.

  1. Usahakan untuk tidak terlalu sering mencukur bulu yang terdapat pada ketiak, karena hal tersebut dapat berakibat pada iritasi kulit yang terjadi di sekitar area kulit ketiak. Gunakan gel atau krim sebelum mencukur untuk menghindari iritasi.

Itulah tadi beberapa informasi yang berkenaan dengan cara mengatasi ketiak hitam yang dapat menimbulkan rasa percaya diri berkurang. Sudah siap untuk kembali mengembalikan kecerahan kulit ketiak?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *