5 Cara Mengatasi Ketombe dengan Mudah

Cara Mengatasi Ketombe

Memiliki rambut yang indah dan berkilau adalah idaman semua orang. Namun terkadang cita-cita tersebut harus pupus karena adanya ketombe. Ketombe merupakan penyakit kulit kepada yang sudah sangat umum.

Namun meskipun umum, yang namanya penyakit tetaplah penyakit. Penyakit kulit kepada sejuta umat ini, memang terkadang cukup membandel. Karena mengganggu kenyamanan dan terkadang membuat orang yang memiliki ketombe kurang percaya diri.

Jika Anda juga memiliki ketombe yang membandel. Sudah saat Anda mencoba cara mengatasi ketombe berikut ini.

Tips Mengatasi Ketombe di Kepala Yang Membandel

Ketombe tidak muncul dengan sendiri. Ketombe juga ada penyebabnya mulai dari kebersihan kulit kepala yang kurang baik, kulit kepala yang kering, menggunakan produk perawatan rambut yang kurang tepat, sampai pada infeksi jamur.

Apapun penyebabnya, ketombe tetaplah ketombe. Kehadirannya akan mengganggu mereka yang memilikinya. Untuk itu, berikut ini adalah tips untuk mengatasi ketombe di kepada yang membandel:

  1. Menggunakan sampo anti ketombe

    Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe. Ketombe juga terkadang disebabkan karena kulit kepala yang terus berminyak. Oleh sebab itu, dengan rutin keramas menggunakan sampo anti ketombe dapat mengurangi minyak di kepala yang dapat menyebabkan ketombe.
    Namun ketika memilih sampo anti ketombe, alangkah baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu kandungan yang terdapat di sampo tersebut. Sampo anti ketombe yang baik harus memiliki kandungan zinc pyrithione, ketonazole, asam salisilat, dan selanium sulfida. Kandungan tersebut dipercaya dapat mengobati ketombe dan meredakan gatal yang disebabkan oleh ketombe.

  1. Menggunakan minyak kelapa

    Cara mengatasi ketombe berikutnya yakni dengan menggunakan minyak kelapa. Bahan alami ini tak hanya mampu menghilangkan ketombe, namun juga membantu melembapkan dan merawat kulit kepala.
    Cara untuk menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepada secara merata. Kemudian, tunggu beberapa saat dan bilas sampai bersih. Lakukan beberapa kali sampai ketombe Anda benar-benar hilang.

  1. Tea tree oil

    Cara ketika yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe yang membandel adalah dengan menggunakan tea tree oil. Minyak yang berasal dari pohon teh ini juga dipercaya dapat mengatasi masalah ketombe dan meredakan gatal yang disebabkan olehnya.
    Anda bisa mencampurkan minyak pohon teh ini dengan sampo yang Anda gunakan. Namun sebelum menggunakan tea tree oil, pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi akan minyak tersebut.
    Untuk mengetahui apakah Anda alergi atau tidak, Anda bisa mengoleskan terlebih dahulu sedikit dari minyak tersebut pada tangan Anda dan tunggu reaksinya sampai kurang lebih 24 jam. Jika terjadi kemerahan maka jangan gunakan minyak tersebut untuk mengatasi ketombe, karena itu tandanya Anda alergi dengan tea tree oil.

  1. Menggunakan baking soda

    Cara keempat yang dapat digunakan untuk membersihkan ketombe yang ada di kepada adalah dengan menggunakan baking soda. Untuk menggunakan bahan ini sebenarnya sangat lah mudah.
    Anda bisa langsung mencampurkan baking soda dengan beberapa tetes air. Kemudian oleskan baking soda tersebut ke seluruh kulit kepala sambil digosok. Jika sudah, bilas dengan air hangat sampai bersih.
    Saat membilas jangan gunakan sampo. Karena kemungkinan rambut menjadi kering. Sehingga untuk menghindari masalah kering pada rambut dan kulit kepala, hindari penggunaan sampo untuk sementara waktu.

  1. Menggunakan cuka apel

    Cara mengatasi ketombe yang terakhir adalah dengan menyemprotkan cuka apel di kulit kepala. Kemudian tutup kepala dengan handuk selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, cuci bersih dan ulangi perawat minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *