Cara Mengatasi Kutu Air dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Kutu Air

Kutu air adalah salah satu penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya namun kehadirannya dapat menimbulkan ketidak nyamanan. Dalam bahasa medis dikenal dengan nama tine pedia yang diketahui disebabkan oleh jamur Dermatophyte.

Infeksi jamur terjadi karena kondisi kaki yang lembab dan kurang bersih. Kaki yang sering berkeringat juga dapat menyebabkan terjadinya kutu air. Jika Anda sering mengalami kutu air, kini Anda dapat menggunakan beberapa cara mengatasi kutu air yang akan dijelaskan berikut ini.

Gejala dan Penyebab Penyakit Kutu Air

Namun sebelum mengetahui cara untuk mengobati kutu air, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini.

Sering kali kutu air tidak ditangani dengan benar, karena penderita tidak mengetahui gejala yang ia rasakan sebenarnya adalah gejala kutu air. Beberapa gejala yang ditimbulkan penyakit ini diantarnya:

  • Rasa gatal yang biasanya terdapat di sela-sela jari kaki.
  • Kulit pecah-pecah
  • Kulit mengelupas atau melepuh biasanya juga terjadi pada area sela-sela jari kaki.
  • Adanya warna kemerahan dan kering pada bagian yang mengalami kutu air.

Demikian gejala dari kutu air yang umum dijumpai. Selain gejala ada juga hal lain tentang kutu air yang jarang orang ketahui yaitu penyebab dari kutu air. Berikut ini adalah beberapa penyebab kutu air:

  • Penggunaan alas kaki yang lembab
  • Keringat pada kaki yang berlebih
  • Tidak mengeringkan kaki dengan baik setelah mandi atau setelah cuci kaki.
  • Terkena jamur yang ada di permukaan lembab

Cara Mengobati Penyakit Kutu Air Dengan Bahan Alami

Setelah mengetahui gejala dan juga penyebab dari kutu air, maka kini kita ada di bagian cara mengatasi kutu air. Jika Anda memiliki masalah dengan kutu air, Anda bisa menggunakan bahan alami berikut ini untuk mengobati kutu air.

  1. Menggunakan Garam

    Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah kutu air adalah garam. Garam dipercaya dapat meredakan peradangan akibat kutu air. Caranya sangat mudah cukup campurkan garam dengan air hangat.
    Kemudian campuran tersebut bisa Anda gunakan untuk merendam kaki sekitar kurang lebih 30 menit. Lakukan perendaman beberapa hari sekali untuk mengobati kutu air secara maksimal.

  1. Bawang Putih

    Bahan berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kutu air adalah bawang putih. Bawang putih memiliki sifat anti jamur dan anti mikroba yang cocok untuk membasmi kutu air yang disebabkan oleh infeksi jamur.
    Cara mengobati kutu air dengan bawang putih cukuplah mudah. Anda dapat menghaluskan terlebih dahulu bawang putih sebanyak 4 sampai 4 siung.
    Kemudian bawang putih yang telah dihaluskan dapat langsung dioleskan pada area yang terdapat kutu air. Lakukan hal tersebut sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
    Selain dengan cara dioleskan langsung, Anda juga bisa mencampurkan bawang putih dengan air. Kemudian gunakan air tersebut untuk merendam kaki selama kurang lebih setengah jam. Jika sudah, Anda bisa membilas kaki dan mengeringkannya.

  1. Teh hijau

    Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi kutu air adalah teh hijau. Teh ini juga memiliki sifat anti jamur seperti bawang putih yang dapat menghilangkan jamur penyebab kutu air.
    Lakukan perendaman kaki yang terkena kutu air dengan menggunakan teh hijau. Maka gejala dari kutu air dapat mereda. Khasiat tersebut akan terasa jika Anda secara rutin melakukan perendaman dengan teh hijau selama 12 minggu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *