Supaya Kerjaan Lancar, Berikut Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Laptop menjadi perangkat yang sering kali digunakan selain komputer PC. Laptop meski lebih simple dari pada PC, tidak lepas juga dari berbagai macam permasalahan. Ada salah satunya masalah umum pada saat memakai laptop yaitu lemot terutama setelah sudah lama digunakan.

Bagi kalian yang mengalami masalah seperti itu, tidak perlu khawatir, kali ini akan dibahas apa saja penyebab perangkat laptop lemot dan beberapa cara mengatasi laptop lemot.

Bacaan Lainnya

Penyebab Kinerja Laptop Menjadi Lemot

Terdapat berbagai macam hal yang menyebabkan laptop bisa menjadi lemot baik pada saat internetan, bermain game, mengerjakan tugas dan sebagainya. Berikut ini ada beberapa penyebabnya.

  • RAM terlalu kecil kapasitasnya, RAM sebesar 2 GB saat ini dirasa kurang sehingga perlu ditambah.
  • Banyak startup yaitu software yang secara background berjalan otomatis saat menyalakan laptop. Jika banyak software tersebut, maka semakin lambat laptop ketika booting.
  • Membuka software terlalu banyak dalam waktu yang sama sehingga membebani RAM dalam bekerja. Terutama kalau multitasking dengan software yang berat.
  • Harddisk terlalu tua usianya, dari semakin tuanya tipe HDD, maka tentu juga bisa memengaruhi kinerja laptop.
  • Ada banyak add-ons di dalam browser yang digunakan, browser bisa menjadi terbebani sehingga memperlambat laptop pada saat browsing.
  • Harddisk penuh data, sebisa mungkin simpan di penyimpanan eksternal.
  • Banyak tab terbuka pada browser, hal ini bisa menguras RAM, apalagi kalau web site yang dibuka mempunyai beragam fitur.
  • Antivirus yang bekerja terlalu aktif, meski software ini bisa menghilangkan virus, aplikasi antivirus akan berjalan background, dan bisa memperlambat laptop untuk bekerja.
  • Tidak atau jarang update OS, dengan sering update OS, maka bisa memperbaiki berbagai kekurangan.
  • Laptop terserang virus yang selain bisa memperlambat, bisa juga merusak laptop.

Beberapa Cara Mengatasi Kinerja Laptop Lemot

Kalau sudah tahu penyebabnya, berikut berbagai cara mengatasi laptop lemot di bawah ini bisa diterapkan pada setiap OS.

Menambah Atau Meng-Upgrade Kapasitas RAM

Biasanya produsen laptop membekali laptop yang dijual dengan RAM berkapasitas 2 hingga 4 GB sebagai kapasitas awal. Padahal agar bisa menjalankan berbagai software populer saat ini butuh laptop dengan RAM 4 GB lebih. Maka dari itu, kamu dapat menambahkan RAM di slot RAM yang tersedia.

Manfaatkan Aksesori Laptop

Ada salah satu faktor penyebab laptop menjadi lemot yaitu masalah overheat. Perangkat yang terlalu panas suhunya bisa mempengaruhi kinerja perangkat tersebut. Kamu bisa coba menambahkan aksesori seperti cooling pad agar suhu perangkat laptop selalu terjaga. Gunakan vacuum cooler juga bisa yang berguna untuk menyedot udara yang panas keluar sehingga hasilnya juga sama bisa menjaga suhu tetap dingin.

Full Scan Memakai Antivirus

Karena full scan membutuhkan waktu lama, biasanya orang-orang malas melakukan full scan tersebut dan lebih memilih quick scan. Virus itu sendiri biasanya bisa membuat kinerja hp, laptop dan perangkat lain menjadi ekstra bekerja. Hasilnya tentu akan lemot saat memakai perangkat tersebut.

Solusi untuk permasalahan ini tentunya adalah memakai software antivirus. Full scan lebih baik dilakukan secara rutin seminggu sekali minimal. Tetapi disarankan untuk matikan automatic scan supaya tidak berjalan secara background.

Cek Kembali Software Yang Kurang Diperlukan Dan Di-Uninstall

Bisa saja ada software yang jarang dipakai, kalian bisa coba uninstall software seperti itu yang kurang penting. Itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa kalian terapkan, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *