Begini Cara Mengatasi Mata Kelilipan Dengan Mudah

Cara Mengatasi Mata Kelilipan

Pastinya setiap orang pernah merasakan mata yang terasa gatal dan perih. Sering kali secara reflek, tangan akan bergerak naik untuk mengucek ataupun membersihkan mata yang sedang kelilipan tersebut. Apakah cara tersebut benar?

Tidak dianjurkan untuk mengobati mata yang kelilipan dengan menguceknya secara langsung. Lalu bagaimana cara mengatasi mata kelilipan yang benar? Nah, di artikel ini akan dijelaskan tentang cara untuk mengatasi mata yang kelilipan.

Bacaan Lainnya

Karena ketika salah dalam menekan atau mengucek mata, bukan malah membersihkan debu namun dikhawatirkan malah dapat mengganggu kesehatan dari mata. Salah satu dampak dari mengucek mata yakni mata yang berubah menjadi merah dan berair.

Penyebab Kelilipan

Konjungtiva merupakan suatu lapisan yang terletak pada bagian putih dari bola mata serta kelopak mata. Penyebab dari kelilipan yakni karena adanya benda asing yang masuk di area konjungtiva. Benda yang dapat menyebabkan kelilipan yakni pasir, debu atau serpihan kayu.

Masuknya benda asing tersebut menimbulkan reaksi tertentu pada area konjungtiva, yang mana reaksi tersebut berupa rasa gatal maupun juga rasa tidak nyaman pada area mata. Kondisi tersebut juga mengakibatkan mata menjadi berair.

Cara Mengobati Mata Kelilipan

Ada beberapa cara mengatasi mata kelilipan dengan benar. Namun sebelum itu, perlu memastikan dengan benar tangan telah benar-benar dicuci dengan air dan sabun yang bersih. Hal tersebut penting untuk mencegah timbulnya infeksi pada mata.

Nah, berikut ini langkah dalam mengobati mata yang kelilipan.

  • Gunakan air yang bersih

    Cara mudah untuk mengobati mata yang kelilipan yang dengan mengaliri area mata menggunakan air mengalir yang bersih. Melalui aliran air tadi, maka debu-debu yang menempel di sekeliling mata dapat keluar dan mata pun jadi bersih dari kotoran.
    Jika di rumah terdapat shower, maka sangat baik digunakan untuk mengatasi mata yang kelilipan. Alirilah mata dan sekitarnya dengan air yang mengalir dan biarkan kotoran hilang untuk beberapa saat. Ulangi hingga mata benar-benar tidak terasa gatal lagi.

  • Gunakan kapas yang dibasahi air

    Selain air mengalir, kapas yang telah dibasahi juga dapat digunakan untuk membersihkan mata yang terkena debu. Caranya, tempelkan kapas yang telah dibasahi dengan air pada bagian kelopak mata hingga area konjungtiva.
    Setelah itu, gunakan kapas lain lagi yang telah dibasahi air untuk kembali menghilangkan sisa-sisa debu yang menempel. Jika dirasa benar-benar bersih dan tidak lagi terasa gatal pada mata, maka tindakan dapat dicukupkan. Pastikan kapas bersih dan steril.

  • Tidak mengucek area mata

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa mengucek mata dapat berpotensi menimbulkan infeksi atau peradangan pada mata. Hal ini karena tangan merupakan sumber dari bakteri dan kuman. Maka, hindari kontak langsung tangan dengan mata.
    Bila terpaksa harus membersihkan menggunakan tangan, maka terlebih dahulu cuci tangan hingga bersih dan steril, sehingga dikhawatirkan tidak ada bakteri atau kuman yang ikut menempel pada area mata.

  • Mengedipkan mata

    Dengan berkedip, maka akan terjadi produksi air mata di area mata. Melalui air mata yang dihasilkan tersebut, dapat menyapu kotoran, debu hingga beda kecil yang sebelumnya menjadi penyebab dari mata yang kelilipan.

Cukup kedipkan mata selama beberapa detik dan biarkan air mata bekerja untuk membasahi area mata dan membawa kotoran keluar dari mata.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi mata kelilipan secara alami dan juga aman untuk dilakukan, sehingga dikhawatirkan tidak menimbulkan terjadinya infeksi pada mata. Sekian

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *