Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah

Cara Mengatasi Mata Merah

Mata merupakan organ tubuh yang vital. Fungsi dari mata ini membuat manusia bisa melihat indahnya dunia. Jika mata sudah mulai bermasalah atau terdapat keluhan pada mata alangkah baiknya untuk memeriksakannya pada dokter ahli sebelum terlambat.

Salah satu permasalahan yang biasanya muncul di mata adalah mata merah. Mata merah ini ternyata memiliki beberapa penyebab. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi mata merah? Simak penjelasan berikut ini.

Bacaan Lainnya

Penyebab Mata Menjadi Merah

Mata merah ternyata tidak datang tanpa sebab. Banyak penyebab yang mengakibatkan mata menjadi merah. Diantara penyebab mata merah, sebagai berikut:

  1. Konjungtivitas

    Penyebab pertama dari mata menjadi merah adalah konjungtivitas. Konjungtivitas merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan pembuluh pada mata membengkak, sehingga akan membuat mata menjadi merah.
    Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya infeksi oleh virus maupun bakteri. Konjungtivitas yang disebabkan karena adanya infeksi dapat menularkan pada orang lain. Sedangkan untuk konjungtivitas yang disebabkan karena sebuah alergi tidak akan menularkan pada orang lain.

  2. Mata kering

    Penyebab mata menjadi merah berikutnya yaitu mata kering. Mata yang kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak cukup memproduksi air mata sehingga mata menjadi lebih kering. Penyebab lainnya dari mata kering yaitu karena air mata terlalu banyak menguap ke udara sehingga mata akan terasa kering serta iritasi yang menyebabkan mata menjadi lebih merah dari biasanya.

  3. Kelelahan

    Faktor berikutnya yang menyebabkan mata merah adalah karena kelelahan. Terlalu lama menatap layar komputer membuat mata menjadi kering dan lelah sehingga lama kelamaan menjadi merah. Jika sudah demikian, maka Anda harus menghentikan aktivitas di depan layar komputer dan melakukan senam mata sebagai cara mengatasi mata merah.

Cara Mengobati Mata Merah

Mata merah umumnya bukan merupakan gangguan yang serius. Meskipun demikian, mata merah yang dibiarkan begitu saja juga dapat mengganggu aktivitas. Oleh sebab itu, jika mata Anda mengalami kemerahan Anda dapat melakukan cara berikut ini untuk mengobatinya:

  1. Kompres Menggunakan Air Hangat

    Cara pertama yang bisa Anda lakukan saat mata Anda menunjukkan gejala kemerahan adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Dengan mengompres menggunakan air hangat, maka aliran darah yang berada di sekitar mata akan kembali lancar. Cara ini juga dapat mengatasi iritasi yang menyebabkan mata menjadi merah.

  2. Menggunakan humidifier

    Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata merah adalah dengan menggunakan humidifier. Saat ini penggunaan AC sangatlah masih dan ternyata penggunaan AC ini dapat menjadi pemicu mata menjadi kering karena udara dalam ruangan ber AC menjadi lebih kering.
    Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menggunakan humidifier atau pelembab udara. Alat ini dapat membersihkan udara yang juga dapat berpotensi untuk menyebabkan mata merah.

  3. Menggunakan tetes air mata buatan

    Salah satu penyebab mata merah adalah mata kering. Untuk itu, Anda dapat menggunakan air mata buatan untuk melembapkan mata Anda. Air mata buatan ini juga ternyata dapat digunakan untuk membersihkan mata.
    Mata yang bersih dan lembab akan menghindarkan mata dari potensi mata menjadi merah. Namun sebelum menggunakan tetes air mata ini, alangkah baiknya jika Anda melihat terlebih dahulu bahan yang terkandung didalamnya, sehingga nantinya tidak akan memicu permasalahan lainnya.

Demikian ulasan seputar penyebab mata menjadi merah beserta dengan cara mengatasi mata merah. Jika upaya diatas sudah dilakukan dan mata merah Anda tak kunjung sembuh, maka pergilah ke dokter mata untuk memeriksakan lebih lanjut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *