5 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Pernahkah Bunda menghadapi anak yang sering rewel dan mengeluhkan perutnya sakit dan terasa kembung? Tentu saja hal itu akan membuat Bunda merasa panik. Akan tetapi, Bunda tidak perlu merasa khawatir, sebab ada kok beberapa cara yang sederhana untuk dapat mengatasinya.

Penyebab Perut Kembung Anak

Sebelum mencari cara mengatasi perut kembung pada anak, akan lebih baik jika Bunda mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya perut kembung pada anak. Ya, terdapat beberapa penyebab yang dapat melatarbelakangi gejala perut kembung tersebut, yakni:

Bacaan Lainnya
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gas

    Beberapa makanan seperti brokoli, kacang-kacangan, dan kol adalah beberapa contoh makanan yang banyak mengandung gas. Jika dimakan terlalu banyak, makanan tersebut dapat menyebabkan terjadinya kembung. Begitu pula dengan minuman seperti soda atau jus kemasan. Jadi, pastikan anak Bunda tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya.

  • Konstipasi atau sembelit

    Hal ini biasanya terjadi pada anak yang sering menahan buang air besar. Di beberapa kasus, ternyata hal tersebut terjadi pada anak usia sekolah yang sering kali menahan BAB selama berada di sekolah. Apabila dilakukan secara terus menerus, maka perut kembung dan nyeri saat BAB bisa saja dialami anak Bunda.

  • Makan sambil bermain

    Biasanya, anak-anak gemar disuapi makan sambil bermain atau berlari-lari. Tidak sedikit yang juga lebih senang memainkan handphone pada saat disuapi makan. Ternyata hal ini dapat memicu terjadinya perut kembung karena ada banyak udara yang masuk ke saluran pencernaan sehingga membuat perut penuh berisi gas.

Menyembuhkan Perut Kembung Pada Anak

Karena penyebab perut kembung cukup beragam, maka sebaiknya Bunda memiliki sejumlah cara mengatasi perut kembung pada anak secara jitu. Ada beberapa cara menyembuhkan dan mencegah perut kembung, di antaranya sebagai berikut.

  1. Memijat perut secara perlahan

    Jika anak Bunda mengeluhkan sakit pada bagian perut dan terasa penuh gas, Bunda dapat melakukan pemijatan secara perlahan pada bagian perut, lalu dilanjutkan pada bagian punggung. Hal tersebut tentunya dapat memicu gas atau angin dalam perut menjadi keluar dan anak akan menjadi lega.

  1. Menempelkan kompres hangat di perut

    Cara lain yang dapat digunakan untuk mengobati perut kembung pada anak adalah dengan melakukan kompres. Bunda dapat menggunakan kain bersih yang dikompreskan pada air hangat lalu ditempel pada perut. Lakukan ini selama beberapa kali untuk membantu mengeluarkan gas yang ada pada saluran pencernaan.

  1. Memastikan anak banyak minum air putih

    Pada saat perut kembung karena konstipasi, mengonsumsi air putih lebih banyak dapat membantu melancarkan BAB. Kebutuhan cairan sangat penting bagi anak sehingga dengan membiasakan meminum air putih yang banyak akan membantu anak terhindar dari masalah perut tersebut.

  1. Mengatur kembali pola makan dan gaya hidup

    Memperbaiki pola makan juga menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi perut kembung. Akan lebih baik menghindari makanan mengandung gas, dan Bunda dapat mengajari anak untuk melakukan gerakan-gerakan kaki untuk meredakan perut kembung.

  1. Membawa ke dokter

    Jika Bunda sudah melakukan berbagai cara mengatasi perut kembung pada anak namun tidak kunjung sembuh dan malah semakin parah, segera bawa si kecil ke dokter. Apalagi bila perut kembung tersebut disertai dengan gejala lain seperti berat badan menurun, perut membesar, sering mual dan muntah, hingga diare dalam jangka waktu lama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *