Tips Cara Mengatasi Perut Kembung yang Mengganggu

Cara Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung terkadang membuat seseorang merasa tidak nyaman karena perut jadi terlihat membesar. Penyebabnya dapat bermacam-macam seperti sembelit, penyakit, hingga faktor makanan. Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung yang benar?

Atasi Perut Kembung Dengan Bahan Alami

Perut kembung adalah kondisi dimana perut akan terasa penuh meskipun belum makan. Selain itu perut juga akan terasa lebih kencang dan bergas. Terkadang, seseorang yang mengalami perut kembung akan lebih sering bersendawa dan buang angin.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya perut kembung bukanlah suatu kondisi medis yang serius sehingga tidak perlu meminum obat untuk mengatasinya. Kamu bisa mencoba konsumsi beberapa bahan alami berikut untuk melegakan perut ketika terasa kembung:

  1. Memakan buah pisang

    Pisang memiliki kandungan potasium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Konsumsi pisang di saat perut sedang kembung dapat mengurangi kelebihan cairan maupun gas, karena berfungsi sebagai diuretik.
    Selain pisang, buah mangga, tomat, bayam, dan kacang juga mengandung potasium. Jika kamu tidak pisang, kamu bisa mencoba buah atau sayuran lain yang mengandung potasium untuk mengatasi perut kembung.

  1. Menambah Irisan Lemon

    Irisan lemon dalam minum akan membuat minuman terasa lebih segar dengan sensasi rasa asam yang dihasilkan. Selain itu, kandungan pada lemon dapat menstimulasi saluran pencernaan untuk bekerja dengan lebih baik. Sehingga dapat digunakan untuk mencegah perut yang kembung.

  1. Teh Peppermint

    Cara mengatasi perut kembung menggunakan bahan alami selanjutnya adalah dengan meminum secangkir teh peppermint. Teh peppermint memiliki fungsi untuk membantu mengendurkan atau melemaskan otot-otot pencernaan yang sedang tegang, sehingga dapat meredakan gejala perut kembung.

3 Kegiatan yang Dapat Mengurangi Perut Kembung

Perut kembung dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena perasaan tidak nyaman di area perut. Kamu bisa meredakan perut kembung dengan cepat jika melakukan beberapa kegiatan sederhana berikut ini:

  1. Pijat Area Perut

    Seperti halnya masuk angin yang dapat reda ketika dipijat, maka perut kembung juga dapat diatasi dengan cara memijat area perut. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa memijat area perut dapat mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung.
    Lakukan pijatan lembut mulai dari pinggul ke arah tulang rusuk secara lembut menggunakan jari-jari Anda. Lalu pijat secara menurun ke area usus besar, lakukan pemijatan selama kurang lebih 5 menit. Saat pemijatan berlangsung, kamu mungkin akan bersendawa atau buang angin beberapa kali.

  1. Jalan Kaki selama 15-20 Menit

    Lawan perut kembungmu dengan terus bergerak, salah satunya adalah dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit. Aktif bergerak saat perut sedang kembung dapat membuat saluran pencernaan bekerja lebih baik. Keringat yang keluar saat berjalan juga dapat mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh.

  1. Hindari Makanan Manis

    Siapa sih yang tidak suka dengan makanan manis? Meskipun sangat enak dan lezat, sebaiknya kamu menghindari makanan manis saat sedang kembung. Alasannya karena makanan manis dapat menyebabkan pencernaan sulit mencerna makanan dengan mudah.

Hal tersebut merupakan faktor utama dari terjadinya perut kembung. Jika Anda ingin perut kembung dapat segera teratasi maka sebaiknya hindari terlebih dahulu mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak gula seperti permen karet, makanan dan minuman dengan pemanis buatan.

Demikianlah beberapa cara mengatasi perut kembung yang dapat kamu coba dirumah. Tidak perlu khawatir karena perut kembung bukan penyakit yang berbahaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *