Wajib Tahu, Inilah Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Bunda sekalian pasti pernah mengalami kepanikan ketika melihat buah hatinya jatuh sakit, apalagi jika mengalami flu dan pilek terutama pada bayi. Selain menyebabkan si kecil rewel dan menangis, sudah pasti pilek ini akan membuat anak merasa tidak nyaman.

Bagi Bunda yang baru pertama kali merasakannya, tidak perlu merasa khawatir. Ada beberapa cara mengatasi pilek pada bayi yang sederhana dan dapat diaplikasikan untuk bisa mengobati dan mengatasi sakit flu dan pilek yang dirasakan si kecil. Apa sajakah itu, berikut ulasannya.

Bacaan Lainnya

Penyebab Pilek Pada Bayi

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengobati pilek pada si kecil, ada baiknya jika Bunda mengetahui terlebih dahulu penyebab flu dan pilek yang dapat terjadi pada bayi. Apalagi, jika ini merupakan pengalaman pertama Bunda dalam menghadapi buah hati yang sedang sakit dan jika Bunda belum paham apa yang seharusnya dilakukan.

Ada berbagai penyebab yang dapat mendasari terjadinya pilek pada bayi. Yang pertama, yakni karena memang cuaca yang tidak bersahabat sehingga si kecil rentan mengalami flu dan pilek. Selain itu, tidak jarang bayi tertular dari orang lain terlebih karena imun tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Jadi, sangat penting untuk menghindarkan bayi dari orang-orang yang sedang terkena flu dan pilek.

Ada dua jenis pilek yang kerap terjadi pada bayi, yakni pilek dengan keadaan meler atau ingusan, serta pilek mampet atau biasa disebut hidung tersumbat. Apakah keduanya berbahaya? Tidak selalu asalkan Bunda paham cara penanganannya serta jika si kecil tidak kunjung sembuh dalam satu minggu, maka harus menjadi perhatian khusus.

Mengatasi Pilek Dan Ingusan Pada Bayi

Jika si kecil kebetulan mengalami pilek dengan gejala ingusan, ada beberapa cara mengatasi pilek pada bayi yang mudah untuk mengobatinya. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Tetap memberikan ASI. Terlebih ASI dipercaya dapat meningkatkan antibodi pada bayi dan menghindarkannya dari infeksi.
  2. Menggunakan penyedot lendir (nasal aspirator). Bunda bisa membelinya di apotek atau supermarket dan menggunakan jenis aspirator untuk bayi. Pastikan dibersihkan sebelum dan sesudah digunakan.
  3. Segera periksa ke dokter. Jika si kecil diberikan obat tertentu, selalu konsultasikan cara-cara pemberiannya beserta efek sampingnya.

Jika Bayi Mengalami Hidung Tersumbat

Hidung mampet bagi orang dewasa saja sudah sangat menyiksa, apalagi bagi bayi yang masih rentan dan tentunya membuat mereka menjadi sulit bernapas. Kendati demikian, Bunda tidak perlu merasa terlalu cemas. Ada beberapa trik pengobatan yang dapat Bunda lakukan selain tetap memberikan ASI secara rutin, yakni:

  1. Atur posisi tidur menjadi miring atau tengkurap karena dapat membantu melegakan pernapasan. Selain itu pastikan posisi tidur menjadi lebih tinggi supaya jalan pernapasan dapat semakin terbuka.
  2. Jemur di bawah sinar matahari pagi secara rutin juga dapat membantu mengencerkan lendir dan membasmi virus, bakteri, serta jamur. Oleh karenanya, Bunda perlu merutinkan diri untuk menjemur si kecil setiap pagi.
  3. Hindari penggunaan kipas atau AC pada kamar bayi. Hal ini tentunya akan memperparah kondisi pernapasan dan membuat si kecil menjadi semakin tidak nyaman. Malah akan lebih baik jika Bunda memasang sejenis aroma terapi untuk melegakan hidung si kecil yang sedang mampet.

Itulah Bunda beberapa cara mengatasi pilek pada bayi yang cukup mudah diterapkan. Semoga informasi dari kami senantiasa bermanfaat dan silakan dicoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *