Tips Alami Cara Mengatasi Pilek

Cara Mengatasi Pilek

Influenza atau pilek adalah penyakit yang sangat umum terjadi di semua kalangan usia baik tua hingga balita. Namun Anda tidak perlu buru-buru ke dokter, sebab cara mengatasi pilek secara alami dapat Anda lakukan dirumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Bahan Alami Pereda Flu

Hidung tersumbat akibat flu dapat mengganggu aktivitas Anda karena Anda akan kesulitan bernafas dan merasa tidak nyaman. Namun untuk mengatasi flu Anda tidak perlu buru-buru ke dokter, sebab beberapa bahan dapat meredakan flu secara alami seperti berikut ini

Bacaan Lainnya
  1. Jahe

    Jahe adalah rempah atau bumbu dapur yang memiliki aroma khas, selain itu jahe juga dapat memberikan sensasi pedas dan hangat ketika dikonsumsi. Anda dapat membuat minuman hangat dari jahe untuk melegakan hidung yang tersumbat akibat influenza.

  1. Madu

    Madu juga sangat efektif untuk membantu Anda meredakan gejala influenza karena kandungannya yang bersifat antimikroba. Anda dapat mengonsumsi madu dengan cara campurkan 2 sendok makan madu ke dalam satu gelas air hangat atau ke dalam minuman jahe dan aduk hingga tercampur rata.

  1. Sup ayam dengan bawang putih

    Bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang tinggi sehingga dapat mengobati pilek akibat flu. Mengonsumsi sup ayam dengan bawang putih dalam kondisi masih panas dapat meredakan pilek Anda. Selain itu, kandungan gizi dalam sup ayam membantu tubuh lebih cepat pulih.

Cara Menyembuhkan Pilek Secara Alami

Selain mengonsumsi bahan-bahan yang dapat Anda temukan di dapur, cara mengatasi pilek juga dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut ini:

  • Menghirup Uap Hangat

    Jika Anda tidak ingin mengonsumsi obat untuk meredakan hidung tersumbat, maka Anda dapat mengikuti cara tradisional yang telah dikenal sejak jaman dahulu yaitu menggunakan uap hangat. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat, handuk, dan mangkok atau ember kecil.
    Tuangkan air hangat yang masih memilih uap ke dalam mangkok kecil, pastikan air tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Lalu gunakan handuk untuk menutupi kepala Anda, arahkan wajah Anda ke atas mangkuk berisi air hangat untuk menghirup uap dan tutupkan seluruh bagian kepala Anda dengan handuk.
    Agar lebih efektif, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak essensial ke dalam air hangat. Aroma uap yang Anda hirup akan semakin baik untuk membantu Anda melegakan hidung yang tersumbat. Namun Anda perlu berhati-hati menempatkan wajah Anda di atas uap dan jangan terlalu dekat.

  • Menggunakan Bantal Tambahan

    Ketika hidung tersumbat, Anda akan kesulitan untuk beristirahat sebab Anda tidak dapat bernafas melalui hidung. Oleh karena itu, Anda perlu meninggikan posisi kepala Anda lebih tinggi dari tubuh Anda ketika hendak tidur. Anda dapat menggunakan bantal tambahan untuk menambah ketinggian posisi kepala Anda.
    Posisi kepala yang lebih tinggi ketika sedang pilek dapat membuat lendir pilek mudah mengalir sehingga hidung Anda tidak tersumbat terlalu lama. Perhatikan penggunaan bantal Anda agar tidak terlalu tinggi, hal tersebut untuk menghindari sakit leher ketika Anda bangun.

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

    Konsumsi air putih dapat membantu proses pemulihan dalam tubuh menjadi lebih cepat serta menghindari dehidrasi. Anda perlu mengonsumsi air putih dengan cukup ketika sedang pilek.

Demikianlah beberapa cara mengatasi pilek yang mudah tanpa harus minum obat. Jika flu tidak kunjung sembuh dalam waktu 5 hingga 7 hari sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *