Cara Mengatasi Sakit Kepala

Cara Mengatasi Sakit Kepala

Kamu pasti pernah sakit kepala, kan? Seberapa sering sakit kepala menyerang dirimu? Apakah kamu tahu penyebabnya dan cara mengatasi sakit kepala?

Orang yang mengalami sakit kepala biasanya mengabaikan begitu saja. Alhasil, rasa sakit kepala ini akan datang kembali tanpa waktu yang pasti. Munculnya sakit kepala sebaiknya kamu jadikan sebagai peringatan karena mengindikasikan munculnya suatu penyakit.

Bacaan Lainnya

Sakit kepala sebenarnya bukanlah penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Namun, rasa sakit kepala ini memang datang secara tiba-tiba sehingga mengganggu aktivitas yang sedang kamu lakukan.

Penyebab Sakit Kepala

Timbulnya rasa nyeri pada kepala memiliki banyak penyebabnya. Bahkan, posisi sakit pada kepala ini bisa beda-beda. Ada orang yang sakit kepala bagian depan, samping, belakang, bahkan seluruh kepala. Agar tidak mengalami sakit kepala, pahamilah beberapa penyebabnya berikut ini.

Pada umumnya, penyebab sakit kepala biasanya terjadi karena seseorang memikirkan banyak hal alias stress. Kamu sebaiknya pandai dalam mengelola pikiran sehingga tidak mudah merasakan sakit kepala.

Sakit kepala juga biasanya terjadi karena kurangnya istirahat. Tubuhmu juga berhak untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Bila tidak, sakit kepala pasti akan menyerangmu.

Perubahan cuaca bahkan asupan makanan juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami sakit kepala. Orang yang dehidrasi juga rentan mengalami sakit kepala. Untuk itu, perhatikan hal demikian agar kamu terhindar dari sakit kepala.

Cara Mengatasi Sakit Kepala

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan rasa sakit di kepala. Cara mengatasi sakit kepala antara lain.

  • Lakukan istirahat pada ruangan yang gelap

    Seseorang yang berada di ruangan gelap biasanya akan membuat tubuhnya tenang. Bahkan, rasa sakit pada kepalamu juga akan hilang karena gelapnya seisi ruangan. Untuk itu, kamu dapat beristirahat dengan cara mematikan lampu ketika tidur.

  • Lakukan pemijatan pada titik-titik tertentu

    Kamu juga dapat memijat bagian kepala secara perlahan. Pijat-pijat pada titik yang sakit tentunya akan meringankan rasa sakit. Lakukan pengulangan pemijatan sehingga rasa sakitmu itu akan reda secara perlahan.

  • Kompres dengan air dingin atau panas

    Ketegangan otot pada kepala membuat rasa sakit muncul tak terduga. Kamu dapat meredakan rasa sakit itu dengan cara mengompresnya menggunakan air dingin atau panas. Bila ingin cepat reda, sebaiknya lakukan pengompresan dengan air es karena telah terbukti cepat menghilangkan rasa nyeri.

  • Perbanyak minum air putih

    Seseorang yang mengalami sakit kepala secara mendadak biasanya karena dirinya merasa dehidrasi. Kurangnya asupan air dalam tubuh memang akan membuat tubuh lemas dan rentan timbulnya sakit kepala. Segeralah minum air putih dan pastikan dalam sehari minimal 8 gelas.

  • Gunakan obat penghilang sakit kepala

    Bila rasa sakit kepala yang kamu rasakan benar-benar tidak dapat disembuhkan atau bahkan dalam kondisi nyeri hebat, maka kamu perlu mengonsumsi obat sakit kepala. Kamu dapat mengonsumsi paracetamol maupun pereda sakit kepala lainnya.

  • Konsultasikan dengan dokter

    Jangan lupa lakukan konsultasi dengan dokter bila rasa sakit yang kamu rasakan tidak kunjung reda. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan resep yang tentunya tepat. Rasa sakitmu pasti akan cepat hilang. Bahkan, pemeriksaan melalui dokter juga dapat mendeteksi adanya indikasi penyakit tertentu.

Itulah cara mengatasi sakit kepala. Kamu tentunya akan terhindar dari rasa sakit kepala karena sudah mengetahui penyebabnya. Kamu juga tak perlu khawatir dalam menanganinya karena sudah mengetahui cara mengatasinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *