Tips Untuk Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat ditunggu – tunggu oleh kebanyakan pasangan yang ada di seluruh dunia. Namun, salah satu hal yang harus diketahui adalah seiring dengan datangnya kehamilan biasanya juga diikuti oleh berbagai gangguan kesehatan.

Seperti contohnya yang paling umum terjadi adalah sembelit. Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil. Sembelit adalah suatu kondisi yang akan sangat mengganggu seorang manusia.

Bacaan Lainnya

Penyebab Kebanyakan Ibu Hamil Sering Mengalami Sembelit

Sembelit kerap kali terjadi tidak hanya kepada ibu hamil namun juga kepada orang yang tidak sedang hamil sekalipun. Sembelit sendiri adalah suatu gangguan sistem pencernaan dimana menyebabkan orang yang mengalaminya menjadi kesulitan untuk buang air besar.

Namun ada beberapa alasan yang menyebabkan mengapa para ibu hamil lah yang paling sering mengalami sembelit, memang tidak selalu setiap ibu hamil mengalaminya namun kemungkinannya sangat besar. Berikut ini adalah alasan mengapa kebanyakan ibu hamil mengalami sembelit.

  • Ukuran Rahim Yang Semakin Membesar

    Ketika seorang wanita mengalami kehamilan, tentu saja anatomi bagian dalam tubuh wanita tersebut akan sedikit mengalami perubahan karena adanya janin di dalam kandungan wanita tersebut.
    Hal semacam ini juga bisa menyebabkan sembelit karena usus dan juga organ pencernaan lain tertekan sehingga menyebabkan buang air besar menjadi tidak lancar. Hal semacam ini yang membuat hampir sebagian besar ibu hamil menderita sembelit.

  • Penyerapan Air Di Usus Meningkat

    Sembelit bisa disebabkan karena seseorang kurang mengonsumsi cairan. Saat wanita hamil merupakan suatu kejadian yang wajar ketika penyerapan air di dalam usus meningkat sehingga inilah yang menyebabkan pada akhirnya ibu hamil lebih berisiko untuk mengalami sembelit.

  • Kondisi Hormon

    Yang terakhir adalah karena kondisi Hormon yang berubah – ubah. Kondisi hormon seseorang memang dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Namun tidak perlu khawatir karena akan tetap ada Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil.

Cara Aman Penanganan Sembelit Pada Ibu Hamil

Ketika seorang wanita sedang berada dalam kondisi kehamilan, saat ada suatu gangguan kesehatan yang terjadi maka penanganannya pun berbeda dan harus dilakukan secara hati – hati berbeda seperti kondisi orang normal umum.

Seperti contohnya ketika terjadi gangguan pencernaan seperti masalah sembelit maka langkah untuk mengatasinya pun harus sangat diperhitungkan karena kondisi kehamilan tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk meredakan sembelit bagi ibu hamil.

  • Perbanyak Minum Air Putih

    Air putih memang menjadi salah satu faktor penting untuk memperlancar proses pencernaan tubuh manusia. Dengan memperbanyak konsumsi air putih, salah satu dampak positif yang terjadi adalah proses buang air besar menjadi lebih lancar dan mengurangi resiko sembelit.

  • Memperbaiki Asupan Serat Bagi Tubuh

    Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi seorang ibu hamil memang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung serat tinggi. Dalam hal ini contoh makanan yang mengandung serat tinggi diantaranya adalah alpukat dan jagung.

  • Minum Obat Pengencer Tinja

    Lalu ketika beberapa upaya tersebut tidak efektif dilakukan, maka ada cara lain yang bisa lebih efektif yaitu dengan mengonsumsi obat pengencer tinja. Jenis obat semacam ini sangat aman digunakan untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Jadi Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil yang paling mudah adalah dengan menggunakan obat pengencer tinja tersebut. Maka permasalahan tersebut dapat diatasi tanpa risiko membahayakan janin atau ibu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *