Cara Mengatasi Telinga Tersumbat

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat

Beberapa orang yang mencari cara mengatasi telinga tersumbat ternyata melakukannya karena lumayan mengalami gejala tersebut yang lumayan mengganggu kegiatan. Menurut data medis, ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari telinga yang tersumbat.

Beberapa Penyebab Umum Terjadinya Penyumbatan Pada Telinga

Telinga menjadi salah satu panca indera yang penting untuk menjalankan kegiatan harian Kita. Fungsi telinga yaitu untuk mendengar yang jika terganggu bisa berakibat fatal pada kinerja harian Kita sehingga harus segera ditangani sebaik mungkin.

Berikut adalah beberapa penyebab dari telinga yang tersumbat yang harus Anda ketahui. Karena dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengatasinya dengan baik dan benar.

  1. Penumpukan kotoran telinga

    Telinga yang tersumbat juga bisa terjadi karena kotoran yang menumpuk di telinga karena keliru cara membersihkan telinga. Cara membersihkan telinga yang benar adalah dengan membersihkan bagian telinga luar saja tidak sampai ke dalam. Jika dilakukan sampai bagian dalam maka bisa berakibat pada terdorongnya kotoran dan minyak telinga ke bagian dalam telinga yang kemudian bertumpuk karena sulit dijangkau oleh cotton bud.

  1. Kemasukan air saat berenang

    Keluhan telinga yang tersumbat juga bisa dialami karena telinga kemasukan air saat mandi atau berenang. Jika hal itu terjadi, Anda bisa mengeluarkan air dengan cara khusus. Seperti dengan memiringkan kepala pada sisi telinga yang kemasukan air dan tepuk kepala dengan ringan agar supaya air bisa keluar.

  1. Naik pesawat atau berkendara ke dataran tinggi

    Dan telinga yang tersumbat juga bisa terjadi karena Anda sedang naik pesawat atau mengendarai kendaraan bermotor menuju dataran tinggi. Perbedaan tekanan udara menjadi penyebab telinga Anda tersumbat meski untuk sementara.

Meski sementara sifatnya, namun beberapa orang merasa sangat terganggu sehingga membutuhkan cara khusus untuk pulih dari kondisi itu. Dalam kondisi tersebut, cara mengatasi telinga tersumbat bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet atau gula batu, menguap, minum air hingga mencoba untuk menutup telinga dengan menggunakan penutup telinga khusus.

Cara Alami Atasi Telinga yang Tersumbat

Nah karena kondisi telinga tersumbat sebenarnya bukanlah kondisi kesehatan yang mengkhawatirkan, maka bisa diatasi dengan cara alami terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar supaya penanganan yang dilakukan tak berakibat fatal pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa cara untuk mengatasi telinga yang tersumbat dengan baik dan benar.

Cara yang pertama adalah dengan mengompres telinga dengan air hangat. Anda bisa melakukannya dengan syarat lakukan tidak lebih dari 20 menit dalam satu kali kompres. Dan hindari kompres telinga jika bagian telinga terlihat bengkak.

Cara yang kedua adalah dengan meneteskan minyak esensial atau baby oil pada lubang telinga. Untuk melakukannya Anda bisa memanaskan terlebih dahulu minyak yang akan dipakai. Setelah minyak dingin baru teteskan pada lubang telinga yang tersumbat. Lakukan hingga sekitar 5 hari hingga kondisi telinga terasa lebih lega.

Selanjutnya Anda bisa melakukan cara lainnya yaitu dengan memiringkan kepala dan bisa bantu untuk mengeringkan bagian dalam telinga dengan menggunakan hair dryer. Gunakan panas yang hangat agar tak melukai kulit telinga.

Cara yang terakhir adalah dengan melakukan manuver valsava. Cara ini bisa dilakukan dengan cara menarik nafas dalam-dalam kemudian jepit hidung dengan menggunakan jari. Setelah itu hembuskan udara dari mulut secara perlahan.

Namun jika kondisi telinga tersumbat semakin parah sebaiknya segera periksakan kondisi telinga yang tersumbat pada ahli kesehatan. Apalagi jika disertai dengan beberapa gejala seperti demam, rasa nyeri yang amat sangat, telinga berdenging atau terasa ada yang membengkak. Sekian ulasan tentang cara mengatasi telinga tersumbat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *