Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android

Foto menjadi salah satu media yang disenangi banyak orang dan biasanya saat ini disimpan secara digital. Kalau sampai tidak sengaja menghapus foto, tentu bisa membuat kita bingung. Kita perlu tahu cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal android baik itu karena hilang tiba-tiba atau pun tak sengaja terhapus. Berikut ini akan diulas lebih jelasnya.

Beberapa Metode Mengembalikan Foto Di Android Yang Terhapus

Metode yang bisa dilakukan bisa dengan manual lewat menu di hp atau dengan memakai aplikasi pihak ketiga. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk restore atau mengembalikan foto agar bisa kembali digunakan jika sudah terhapus.

Bacaan Lainnya

Memakai Fitur Previous Version Dengan Bantuan Laptop

Cara satu ini perlu menggunakan laptop, sehingga siapkan terlebih dahulu laptop. Lalu hubungkan smartphone dengan laptop memakai kabel data. Kalau sudah terhubung, maka carilah folder foto kamu yang sudah terhapus.

Klik kanan di folder lalu kemudian kamu bisa klik opsi ‘Previous version’. Kamu bisa cari foto mana yang terhapus, biasanya nantinya akan ada pemberitahuan seputar pengembalian foto.

Restore Langsung Dengan Smartphone

Ada cara yang lebih mudah untuk mengembalikan foto tanpa install aplikasi atau pun tanpa root yaitu dengan langsung mengecek smartphone. Kamu bisa melakukan cara ini tanpa harus mengalami kesulitan. Tetapi, cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal android satu ini tergantung kondisi smartphone juga.

Umumnya, setiap smartphone mempunyai file backup atau menyimpan file yang dihapus seperti layaknya recycle bin di laptop. Selama data tersebut masih tersimpan, maka restore foto bisa dilakukan. Agar bisa melakukannya, maka kamu cukup masuk ke dalam file manager, lalu kemudian klik icon titik tiga.

Pilih file tersembunyi dan nantinya akan muncul jenis file .Thumbnail. Kalau kamu membukanya, akan muncul file termasuk yang terhapus. Selanjutnya kamu bisa memindahkan file ke lokasi yang mudah diakses. Meski begitu, smartphone produksi terkini biasanya memiliki fitur yang benar-benar seperti recycle bin. Sehingga akan lebih mudah lagi untuk melakukan restore foto.

Memakai Fitur Google Photos Kalau Sudah Terhubung

Ada yang namanya Google photos yaitu sistem aplikasi cloud backup yang resmi dibuat Google. Aplikasi tersebut bisa backup foto dengan otomatis sehingga sangat bermanfaat agar kita bisa menyimpan foto lebih aman. Kalau kamu menggunakannya, maka sangat mudah caranya untuk restore foto.

Kamu cukup masuk saja ke akun kamu, lalu pilih bagian trash. Semua file yang terhapus pada waktu tertentu, bisa dilihat di sana. Bukan hanya dari memori internal saja tetapi bisa dari memory card juga. Selain Google Photos, kamu bisa juga menggunakan aplikasi cloud untuk penyimpanan data secara online lainnya supaya aman.

Memakai Salah Satu Aplikasi Recovery Handal Dari Internet

Sekarang ini sudah ada banyak aplikasi di Play Store yang bisa kamu pakai untuk restore foto. Lebih baik pakai aplikasi terpercaya dan memiliki rating yang cukup tinggi. Metode satu ini merupakan cara pamungkas dan biasanya sudah dilakukan beberapa orang juga.

Kalau dengan cara-cara di atas kurang maksimal atau bahkan tidak bisa membuahkan hasil, maka coba cari aplikasi yang lebih ampuh. Ada cukup banyak aplikasi agar bisa mengembalikan foto, penggunaan aplikasi tersebut bisa dipakai tanpa root. Sekian info seputar cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal android, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *