Cara Menggabungkan File PDF Di Android Dan Memisahkannya

  • Whatsapp
Cara Menggabungkan File PDF Di Android

Cukup banyak pengguna Android yang ingin menggabungkan file PDF. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Tidak hanya pengguna PC saja yang bisa menggabungkan PDF, bisa juga pengguna smartphone Android melakukan hal tersebut. Pada informasi di bawah ini, akan dibahas seperti apa cara menggabungkan file pdf di android dengan mudah.

Ada salah satu solusi yang bisa dicoba yaitu dengan memakai aplikasi yang bernama Xodo PDF. Metode satu ini dapat menjadi opsi alternatif selain menerapkan cara secara online. Jadi kalian tidak harus memakai internet tiap kali ingin menggabungkan pdf.

Bacaan Lainnya

Langkah-Langkah Menggabungkan Pdf Lewat Android

Dengan memakai aplikasi ini, sebenarnya kita tidak hanya bisa menggabungkan beberapa pdf saja. Tetapi bisa juga memisahkan file PDF tersebut dengan cepat dan mudah. Apa lagi, semua itu bisa dilakukan tanpa perlu mengoneksikan hp dengan internet.

Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggabungkan PDF, pastikan untuk install App Xodo PDF terlebih dahulu. Kalian bisa langsung mencari Xodo PDF di Play Store untuk mulai mendownload nya.

  1. Langkah pertama adalah menjalankan aplikasi Xodo PDF lewat smartphone atau tablet kamu.
  2. Pada saat sudah masuk ke menu utama Xodo PDF, maka bisa terlihat setiap pdf yang ada di perangkat kita. Supaya lebih mudah, maka sebaiknya kamu menyimpan terlebih dahulu semua dokumen tersebut pada satu folder.
  3. Lalu di tap dan tahan file-file PDF yang ingin kamu jadikan satu file.
  4. Kalau semua sudah terpilih, maka bisa tap menu garis tiga di kanan atas.
  5. Langkah yang selanjutnya adalah memilih tombol merge, kamu bisa menemukannya di bagian bawah.
  6. Berilah nama lalu kamu bisa pilih kembali Merge.
  7. Kamu bisa menentukan sendiri di mana ingin menyimpan file PDF tersebut lalu coba pilih Select.
  8. Langkah selanjutnya silahkan tunggu saja sampai proses tersebut selesai.

Langkah-Langkah Memisahkan File Lewat Android

Kita bisa juga menggunakan Xodo PDF untuk memisahkan pdf selain sebagai cara menggabungkan file pdf di android. Fitur Xodo PDF satu ini sangat berguna pada saat kita ingin memisahkan pdf untuk menghapus halaman atau bagian tertentu.

Bisa juga ketika kita ingin ambil beberapa halaman PDF saja semisal halaman 10 sampai 13. Contoh lain mungkin kita hanya ingin 3 halaman paling akhir saja yang ingin digunakan. Berikut langkah-langkah mudahnya yang bisa kamu terapkan.

  1. Bukalah terlebih dahulu aplikasi Xodo PDF melalui perangkat Android kamu.
  2. Lalu pilih dan buka pdf yang kamu ingin pisahkan.
  3. Kalau sudah terbuka, maka pilih icon hamburger atau garis tiga, pilih Edit Pages dan pilih Rearrange/ Export.
  4. Tahap selanjutnya dengan memilih halaman file PDF mana yang kamu ambil. Jadi, halaman atau bagian yang ingin kamu hilangkan, tidak usah dipilih.
  5. Kalau semua halaman PDF sudah terpilih, maka pilih menu EXPORT lalu pilihlah lokasi penyimpanan dan tap Select.

Contoh dari penggunaan Xodo PDF misal untuk menggunakan dokumen file pdf dengan total 15 halaman, lalu kemudian halaman yang ingin kita ambil hanya dari halaman 1 sampai 3 saja dan juga 10 sampai 12. Maka, hasilnya pdf baru hanya 6 halaman saja.

Sebenarnya ada beberapa alternatif lain yang bisa dilakukan, terutama kalau kalian melakukannya melalui perangkat PC. Itu saja ulasan kali ini yang membahas seputar cara menggabungkan file pdf di android dan bagaimana cara untuk memisahkannya. Semoga bisa berguna untuk kamu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *