Cara Menghilangkan Iklan Di Android Yang Perlu Diketahui

  • Whatsapp
Cara Menghilangkan Iklan Di Android

Iklan yang muncul saat mengakses internet atau menggunakan aplikasi merupakan hal yang biasa terjadi. Tetapi, kalau iklan tersebut terus menerus muncul, maka tentu akan mengganggu, sehingga kita perlu tahu cara menghilangkan iklan di android. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan iklan muncul dengan tidak normal misalnya karena virus atau pun malware.

Beberapa Cara Menghilangkan Pop Up Iklan Di Perangkat Android

Kecanggihan teknologi dibarengi juga dengan makin majunya malware tersebut. Malware tidak hanya dapat menyusupi komputer tetapi juga perangkat smartphone. Program ini bisa merusak dengan menyamarkan diri mereka sebagai aplikasi dan berbagai iklan yang bisa muncul tiba-tiba.

Jadi, tak semua iklan di perangkat Android kamu itu aman, karena bisa saja bisa membahayakan perangkat kamu. Tetapi tenang, kamu dapat memblokir iklan dengan mudah. Berikut ini ada beberapa caranya yang bisa dicoba.

Buat Pengaturan Keamanan Hp Lebih Ketat

Ada salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memanfaatkan menu keamanan pada perangkat Android kamu. Kamu perlu mematikan fitur tertentu yang dapat mencegah smartphone kamu terhindar dari kategori aplikasi yang sumbernya bukan dari Play Store. Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan yaitu sebagai berikut:

  • Cari dan masuk ke Security Setting.
  • Pilihlah opsi pada perangkat Android kamu yang tidak mengizinkan install aplikasi android dari sumber tidak dikenal.
  • Kalau sudah melakukan pengaturan tersebut, maka coba melakukan pembaruan terhadap aplikasi yang ada di Play Store. Biasanya pembaruan aplikasi disertai dengan pembaruan keamanan juga.

Jangan sampai lupa memastikan izin aplikasinya sebelum menginstal dan memakainya. Jika smartphone memberi notifikasi izin yang tidak berkaitan dengan penggunaan aplikasinya, maka sebaiknya tidak perlu diizinkan. Ketika menggunakan WiFi dalam melakukan pembaruan, disarankan gunakan VPN agar bisa melindungi data lebih sempurna.

Menghapus Aplikasi Yang Dirasa Cukup Berbahaya

Bisa saja muncul iklan karena aplikasi, maka coba cari aplikasi tersebut, berikut ini cara menghilangkan iklan di android.

  • Masuk ke Play Store.
  • Lalu klik menu Aplikasi dan Game saya.
  • Pilih Koleksi, lalu sortir berdasarkan recent atau terbaru.
  • Nantinya akan muncul berbagai aplikasi-aplikasi yang memiliki kemungkinan berbahaya, catatlah aplikasi tersebut
  • Keluar dari Google Play Store dan masuk ke Pengaturan.
  • Saat ada di menu Pengaturan, kamu bisa pilih Aplikasi.
  • Pilih aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sudah dicatat dan dianggap berbahaya dan dihapus.
  • Kalau sudah dipilih, maka kamu bisa matikan perangkat Android dan dinyalakan kembali. Bisa juga kalian melakukan restart. Pastikan aplikasi tersebut tidak muncul.

Pasang Antivirus

Kamu bisa juga mencoba pemindaian virus melalui perangkat Android dan memakai aplikasi untuk pemblokir iklan yang bisa dalam bentuk aplikasi antivirus. Tujuan antivirus tersebut yaitu agar bisa menghilangkan adware dan malware yang terletak pada penyimpanan sistem.

Ada berbagai pilihan antivirus yang bisa kalian gunakan. Antivirus yang dipakai lebih baik yang sangat lengkap fiturnya dan ukurannya tidak terlalu membebani memori.

Mengatur Settingan Peramban/ Google Chrome

Salah satu jenis browser yang sering dipakai bahkan merupakan aplikasi default untuk peramban yaitu Google Chrome pada hp android. Fitur-fitur yang dimiliki Google Chrome bisa membuat kita melakukan pengaturan dengan sesuka hati sesuai kebutuhan.

Salah satu setting Google Chrome bisa menghilangkan sebagai cara menghilangkan iklan di android. Cukup pilih “Pop ups and redirects” saja untuk kita bisa mengaktifkan fitur tersebut. Sehingga bisa memblokir iklan pop secara otomatis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *