Pets


Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Efektif

cara-menghilangkan-kutu-anjing cara-menghilangkan-kutu-anjing

Hewan berbulu seperti anjing memang memiliki resiko terkena kutu, namun hal tersebut dapat menimbulkan masalah jika tidak ditangani dengan baik. Kamu punya anjing yang memiliki kutu? Berikut ini cara menghilangkan kutu anjing yang dapat kamu lakukan secara mandiri di rumah.

Mandikan Anjing Peliharaan Kamu

Cara pertama untuk membasmi kutu pada anjing adalah dengan memandikannya. Rambut atau bulu anjing yang kotor dan berminyak akan membuat kutu lebih cepat berkembang biak, sehingga kamu perlu melakukan pencegahan dengan memandikan anjing.

Kamu cukup menggunakan air hangat dan sabun yang lembut untuk memandikan anjing, pastikan untuk mengusap anjing secara lembut. Jika kamu ingin menggunakan sampo khusus untuk mengatasi kutu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter hewan.

Kulit anjing mungkin saja menjadi lebih sensitif akibat kutu, sehingga penggunaan sampo berbahan kimia dapat menyebabkan iritasi, alergi, dan infeksi. Namun jika kamu merasa khawatir tidak dapat memandikan anjing dengan benar, maka kamu dapat memandikan anjing di petshop.

Sisir Rutin Rambut dan Bulu Anjing

Manusia sering menghilangkan kutu menggunakan sisir serit dengan gigi yang rapat, hal itu dilakukan agar kutu tersangkut dan berkurang. Sebagaimana manusia, anjing yang terkena kutu juga perlu disisir. Kamu dapat menyisir rambut anjing peliharaan secara rutin.

Sisir kutu tidak hanya mengurangi kutu pada anjing tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran kutu. Umumnya kotoran kutu memiliki bentuk menyerupai telur kutu namun berwarna hitam. Sisirlah rambut anjing khususnya pada area leher, ekor, dan area yang paling banyak ditemukan kutu.

Cegah Dan Bunuh Kutu Dengan Obat Kutu

Cara menghilangkan kutu anjing selanjutnya adalah dengan membunuh kutu sesaat setelah tertangkap. Kutu anjing memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibanding kutu yang biasa ditemukan pada rambut manusia. Kamu dapat menangkap kutu pada anjing ketika sedang mengelus rambut atau menyisirnya.

Cara membunuh kutu yang paling efektif adalah dengan mencelupkan sisir yang berisi kutu ke dalam air panas dengan sabun. Jika kamu mencoba memencet kutu justru akan berbahaya sebab kutu dapat meloncat dengan cepat. Kamu juga bisa menggunakan obat kutu khusus dari dokter hewan.

Selain obat kutu, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mencegah dan menghilangkan kutu seperti berikut ini:

  • Rosemary
  • Cuka
  • Minyak kelapa
  • Mandi dengan Air lemon
  • Bawang putih
  • Sabun organic
  • Minyak neem multifungsi
  • Semprotan aromaterapi

Rutin Melakukan Pemeriksaan

Pemeriksaan secara berkala sangat diperlukan jika ingin membasmi kutu pada anjing. Jika anjing kamu memiliki riwayat kutu, sebaiknya kamu rutin menyisir rambut anjing. Pastikan kamu menyisir rambut anjing paling sedikit satu minggu sekali hingga kutu benar-benar hilang sepenuhnya.

Biarkan Anjing Memelihara Tubuhnya Sendiri

Pada dasarnya hewan adalah makhluk hidup yang mandiri, mereka dapat membersihkan tubuh mereka sendiri menggunakan lidahnya. Seperti kucing yang selalu menjilati tubuh mereka, anjing juga menjilati tubuh untuk membersihkan diri.

Jadi biarkan hewan peliharaan kamu untuk mengatasi kutu dengan caranya sendiri. Namun dalam beberapa kondisi seperti kulit anjing yang iritasi, maka kamu perlu turun tangan untuk membantu hewan peliharaan kamu.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan kutu anjing yang efektif dan cepat. Jika kamu ingin mendapatkan tips seputar anjing yang lainnya, kamu bisa mengunjungi situs kami. Anjing perlu dirawat dengan kasih sayang agar selalu sehat dan royal kepada pemiliknya.



Cara Merawat Anak Kucing yang Ditinggal Induknya

Kucing, hewan lucu berkali empat ini memang selalu menarik perhatian banyak orang. Apabila Anda ingin memelihara anak kucing, ada tiga cara merawat kucing yang harus Anda perhatikan

Ketahui Cara Mengobati Kucing Flu secara Alami

timbul penyakit flu pada kucing ketika dipelihara sering membuat para pemilik cemas. Tapi tenang, kini ada cara mengobati kucing flu dengan cepat. Yuk, simak informasi selengkapnya!

Manfaat dan Cara Membuat Anak Anjing Jinak

Anak anjing terlalu galak dan agresif saat baru diadopsi? Jangan takut, berikut ini trik mudah dan cara membuat anak anjing jinak dalam waktu singkat, serta...

Cara Agar Kucing Anggora Tetap Terawat dengan Baik

Kucing anggora memang sangat menggemaskan, ada berbagai cara merawat kucing anggora yang harus dipahami agar kucingnya tetap menawan dan sehat.



Verify that you are not a robot.