6 Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika merawat kucing. Salah satunya menjaga agar kucing tidak menjadi sarang kutu. Kutu dan kucing adalah dua hal yang sulit dipisahkan.

Mungkin kita sering mengira bahwa cara menghilangkan kutu kucing harus datang ke petshop atau dokter hewan. Namun ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu pada kucing peliharaan Anda loh.

Bacaan Lainnya

Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini:

Cara Untuk Menghilangkan Kutu Pada Kucing

  1. Menggunakan Sampo Khusus Untuk Kucing

    Cara pertama yang bisa Anda coba untuk menghilangkan kutu pada kucing adalah dengan menggunakan sampo khusus. Sampo khusus yang digunakan untuk kucing ternyata tidak hanya berfungsi untuk mengharumkan atau melembutkan bulu saja, namun bisa digunakan untuk mengusir kutu.

  1. Menggunakan Obat Kutu

    Obat kutu adalah pilihan berikutnya yang bisa kamu pilih ketika ingin menghilangkan kutu pada kucing kesayangan Anda. Banyak obat kutu untuk kucing yang sudah dijual bebas, namun dalam membeli obat kutu tersebut Anda harus terlebih dahulu mencari tahu keamanan dari obat kutu yang akan dibeli.

  1. Menggunakan Minyak Telon

    Kita pasti sudah akrab dengan produk minyak telon. Minyak telon biasanya digunakan untuk bayi agar bayi tetap hangat dan harum.
    Namun siapa sangka jika minyak telon juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kutu kucing. Oleskan minyak telon ke badan kucing dan sedikit lakukan pijatan agar kucing juga merasakan nyaman dan tidak rewel saat diberi minyak telon.

  1. Jus Lidah Buaya

    Walaupun terdengar aneh, namun lidah buaya ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan kutu pada kucing. Lidah buaya bisa Anda jus dengan dicampur sedikit cabai kemudian saring.
    Jika sudah, air hasil saringan tersebut dapat langsung Anda semprotkan ke bagian tubuh kucing yang menjadi tempat persembunyian kutu. Semprotkan dalam kadar yang secukupnya saja, agar kucing Anda tetap merasa nyaman.

  1. Air Cuka

    Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu pada kucing adalah dengan menyemprotkan air cuka ke tubuh kucing. Anda bisa membuat campuran air dengan cuka dengan perbandingan 50:50.
    Hasil campuran tersebut kemudian dihangatkan pada api sedang. Jika sudah, Anda bisa langsung menyemprotkan campuran air cuka tersebut secara hati-hati.

  1. Menggunakan Air Garam

    Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk membunuh kutu-kutu yang ada di tubuh kucing Anda adalah dengan memanfaatkan garam dapur. Siapa sangka jika bahan masakan ini bermanfaat untuk merawat kesehatan kucing juga.
    Cara menggunakannya adalah campurkan terlebih dahulu garam dengan air hangat. Kemudian gunakan untuk merendam atau sekadar membilas tubuh kucing. Pastikan air rendaman tersebut hangat agar kucing Anda tetap nyaman.

  1. Sering Menyisir Bulu Kucing

    Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kutu kucing adalah dengan rajin menyisir bulu kucing Anda. Menyisir bulu kucing selain bisa merapikan bulu kucing, juga bisa membuat kutu-kutu yang ada disana hilang. Apalagi jika sisir yang digunakan sisir khusus yang bisa membuat kutu-kutu kabur.
    Tujuh cara menghilangkan kutu kucing tersebut mungkin dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kucing Anda. Cara tersebut sangat mudah dan bisa dipraktikkan kapan saja pada kucing Anda. Namun jika kutu yang terdapat di kucing Anda sudah sangat banyak, maka disarankan untuk datang memeriksakan pada dokter hewan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *