Cara Menghitung Pecahan

  • Whatsapp
Cara Menghitung Pecahan

Cara Menghitung Pecahan merupakan suatu pengetahuan dasar yang sangat penting harus dikuasai oleh semua orang. Biasanya ketika mempelajari matematika maka seseorang akan diharuskan untuk dapat memahami tentang angka pecahan.

Bilangan pecahan sendiri terdiri atas dua bagian yaitu pembilang dan penyebut. Hal seperti ini sudah lama diajarkan saat seseorang masih duduk di bangku sekolah dasar. Dan pada dasar pelajaran pecahan seorang pelajar akan di ajarkan untuk membedakan pembilang dan penyebut dahulu.

Perbedaan Pembilang Dan Penyebut

Pada dasarnya setiap bilangan pecahan terdiri dari dua bagian yaitu pembilang dan penyebut, untuk bisa mempelajari lebih jauh mengenai bilangan pecahan maka hal pertama yang harus dipahami terlebih dahulu adalah membedakan antara pembilang dan penyebut, berikut ini adalah perbedaan dari pembilang dan penyebut.

  • Pembilang

    Pembilang adalah angka yang berada diatas dan sifatnya adalah sebagai angka yang terbagi.

  • Penyebut

    Penyebut adalah angka yang berada di bawah dan sifatnya adalah sebagai angka pembagi keseluruhan.

Setiap hal yang diciptakan di dunia ini tentu saja akan memiliki fungsi yang penting. Termasuk salah satu didalamnya adalah adanya angka pecahan seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Tentu angka pecahan memiliki fungsi untuk mempermudah proses kalkulasi.

Angka pecahan memiliki satu fungsi penting yang paling dasar yaitu untuk merepresentasikan suatu keadaan bilangan yang tidak. Oleh karena itu bilangan tersebut harus direpresentasikan dalam bentuk pecahan agar lebih mudah dipahami secara spesifik.

Cara Menghitung Pecahan sendiri ada banyak jenis metodenya tergantung dari kebutuhan seseorang ataupun kondisi yang sesuai dengan suatu bilangan pecahan. Umumnya seseorang menghitung angka pecahan yang berasal dari soal dari sekolah.

Jenis – Jenis Bilangan Pecahan Yang Perlu Diketahui

Pertama kali agar lebih mudah menyelesaikan perhitungan angka pecahan maka hal yang harus dipahami adalah jenis – jenis dari angka pecahan itu sendiri jadi angka pecahan memiliki beberapa jenis yang tentu saja cara penyelesaian perhitungannya berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Hal tersebut diperlukan agar proses penyelesaian kalkulasi bilangan pecahan tidak terlalu rumit. Dengan demikian hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami beberapa jenis bilangan pecahan di bawah ini.

  • Pecahan Biasa

    Seperti yang sudah saya jelaskan di atas sebelumnya, pecahan biasa adalah bentuk pecahan yang paling sederhana yaitu pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Penyelesaian dari perhitungan jenis pecahan ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan.

  • Pecahan Desimal

    Pecahan desimal memiliki bentuk penulisan yang berbeda dari pecahan biasa, jika pecahan biasa menggunakan tanda pembagi lain halnya dengan pecahan desimal dimana penulisannya menjadi menggunakan bentuk koma.
    Secara fungsi keduanya memiliki beberapa kesamaan namun tetap saja dapat digunakan dengan cara yang berbeda. Misalnya untuk pecahan 6/10 maka bentuk penulisan pecahan desimalnya adalah 0,6.

  • Pecahan Campuran

    Yang terakhir adalah pecahan campuran, meskipun memiliki bentuk yang berbeda lagi namun tetap saja pecahan ini sangat familiar. Pecahan campuran adalah bentuk pecahan biasa yang didepannya ada angka bulat.

Cara Menghitung Bilangan Pecahan

Untuk menyelesaikan kalkulasi bilangan pecahan memang diperlukan kesabaran dan pemahaman mengenai dasar bilangan pecahan. Selain itu perlu ketelitian sejak langkah awal seperti mengubah pecahan campuran menjadi pecahan tidak biasa.

Kondisi ini adalah dimana pembilang lebih besar dari penyebut. Caranya adalah, kalikan angka bulat dengan penyebut pecahan, lalu jumlahkan hasilnya dengan pembilang. Tuliskan hasilnya sebagai pembilang baru. Inilah salah satu Cara Menghitung Pecahan yang sederhana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *