Cara Menghitung Persen Di Kalkulator

  • Whatsapp
Cara Menghitung Persen Di Kalkulator

Semakin berkembangnya zaman muncul banyak sekali peralatan dan juga inovasi – inovasi baru yang diciptakan oleh manusia. Termasuk di dalamnya adalah salah satu alat yang sangat penting yaitu kalkulator yang memiliki banyak sekali fungsi.

Fungsi utama kalkulator adalah untuk menyelesaikan segala bentuk perhitungan yang menggunakan angka. Cara Menghitung Persen Di Kalkulator sangat mudah untuk dilakukan, sehingga perhitungan angka persen tidak akan menjadi sulit seperti ketika menggunakan cara konvensional.

Biasanya selain menghitung persen, banyak sekali model perhitungan lain yang biasanya dilakukan seseorang dengan menggunakan kalkulator karena lebih mudah dan hasilnya lebih akurat sehingga minim kesalahan.

Harga kalkulator juga sangat terjangkau, dimana kalkulator hanya dijual dari kisaran harga puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah, namun tentu saja jenis kalkulator yang ingin dibeli tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan orang yang akan menggunakannya.

Jadi seseorang tidak harus selalu menggunakan jenis kalkulator yang harganya mahal. Bahkan saat ini ketika seseorang sudah memiliki smartphone, maka ada fitur di dalam smartphone tersebut yang juga menyediakan aplikasi kalkulator. Jadi mereka sudah tidak perlu membeli kalkulator lagi cukup memanfaatkan aplikasi kalkulator yang ada di dalam smartphone tersebut.

Cara Menghitung Angka Persen Di Kalkulator

Ada banyak sekali operasi perhitungan rumit yang sangat sulit jika dihitung dengan cara konvensional, sehingga mengharuskan seseorang untuk memanfaatkan adanya kalkulator tersebut. Memang adanya teknologi bisa memudahkan kehidupan manusia.

Jika tidak menggunakan kalkulator memang tetap saja operasi penjumlah operasi perhitungan tersebut dapat tetap diselesaikan namun tetap saja harus melalui langkah – langkah yang sangat rumit dan juga memakan waktu yang sangat lama.

Selain itu operasional perhitungan secara konvensional juga tetap memiliki resiko kesalahan yang besar dan tidak seakurat kalkulator. Seperti misalnya yang sering terjadi adalah kalkulator digunakan untuk menghitung angka persen, lakukan cara berikut ini.

  • Tentukan Jumlah Total Yang Ingin Dihitung

    Pertama – tama tentukan terlebih dahulu jumlah total angka yang ingin dikalikan dengan angka persen tersebut. Misalnya seperti cara untuk menghitung harga diskon maka dibutuhkan harga normal terlebih dahulu.
    Ini sangat penting untuk diperhatikan, karena hasil akhir yang tepat tidak berdasarkan jumlah angka persen saja namun juga bergantung pada angka awal yang ingin dihitung tersebut, maka lakukan proses ini dengan teliti.

  • Tekan Fungsi Perkalian

    Setelah angka yang ingin dihitung sudah di input dengan benar sesuai kebutuhan maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol fungsi perkalian untuk mengaktifkannya. Jangan salah tombol fungsi pembagian karena itu tidak sesuai prinsip matematikanya.
    Kesalahan yang sering terjadi adalah seseorang justru menggunakan fungsi pembagian untuk menyelesaikan operasi perhitungan persen, maka yang terjadi adalah hasil yang diperoleh salah.

  • Input Angka Persen

    Selanjutnya adalah memastikan terlebih dahulu berapa besaran persen yang ingin dikalikan dengan jumlah angka utama tersebut. Pastikan sesuai dengan jumlah yang seharusnya agar hasil akhir tidak meleset.

  • Tekan Fungsi Sama Dengan

    Yang terakhir adalah tinggal menekan tombol fungsi sama dengan. Lalu hasil yang diharapkan akan muncul. Tidak perlu khawatir dengan hasil tersebut karena kalkulator pasti akurat dan sesuai perhitungan.

Hal ini menjawab mengapa banyak pedagang atau penjual selalu menyiapkan kalkulator untuk selalu dibawa. Selain berfungsi sebagai penjumlahan dan pengurangan, operasi seperti pembagian dan perkalian termasuk Cara Menghitung Persen Di Kalkulator juga dapat dikerjakan dengan cepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *