Yuk, Cari Tahu Cara Mengirim File Lewat Google Drive

  • Whatsapp
Cara Mengirim File Lewat Google Drive

Bagi sebagian besar pengguna internet, sering kali dijumpai kesulitan dalam pengiriman file yang ukurannya sangat besar. Hal tersebut tentunya membuat pengguna harus berputar otak mencari bagaimana caranya mengirim file yang berukuran besar tersebut.

Namun tak perlu khawatir, sekarang ini telah hadir layanan khusus dari Google yang dapat memudahkan pengguna internet untuk melakukan transfer file yang ukurannya cukup besar. Layanan dari Google tersebut dikenal dengan nama Google Drive.

Bacaan Lainnya

Cara mengirim file lewat Google Drive sendiri terbilang cukup mudah. Karena pihak penyedia layanan memberikan fasilitas berupa ruang penyimpanan yang cukup besar sehingga memudahkan dalam mengirim file yang juga ukurannya cukup besar.

Namun sebelum mengetahui cara berkirim file tersebut, mari ketahui terlebih dahulu tentang Google Drive di bawah ini. Let’s check these out!

Apa Itu Google Drive?

Google drive merupakan sebuah layanan aplikasi yang tujuannya untuk menyimpan data secara online dengan basis utama yakni cloud atau sistem penyimpanan yang dapat dikembangkan dan diakses dengan menggunakan berbagai device.

Seperti halnya Dropbox maupun OneDrive, Google drive menerapkan cloud storage yang tujuannya untuk memudahkan dalam menyimpan data seorang pengguna. Pada Google Drive sendiri, ruang penyimpanan yang disediakan secara gratis kapasitasnya hampir 25 GB.

Adapun bila pengguna menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar, maka pengguna dapat melakukan pembelian untuk mengupgrade ruang penyimpanan tersebut. Melalui Google drive, pengguna dapat mengedit, menyimpan maupun mengunduh file secara gratis.

Akan tetapi bila ingin mengakses Google drive, pengguna haruslah terhubung terlebih dahulu dengan koneksi internet secara aktif, karena Google drive tidak bisa diakses bila tidak terdapat layanan akses internet.

Cara Mengirim File

Setelah mengetahui sekilas tentang Google drive, berikut cara mengirim file lewat Google drive dengan mudah.

  1. Buka terlebih dahulu website Google drive. Masuklah ke Google drive dengan menggunakan akun yang telah terdaftar.
  2. Setelah itu, klik tombol New dan pilih opsi File Upload guna memulai mengunggah file yang akan di share kepada pengguna lain melalui Google drive.
  3. Tunggu beberapa saat hingga file selesai untuk diunggah. Biasanya untuk beberapa file yang ukurannya cukup besar membutuhkan waktu yang tak sedikit. Dalam hal ini jaringan internet juga berpengaruh untuk menunjang kecepatan unggah file tersebut.
  4. Setelah file terunggah, bagikan file dengan mengklik kanan file lalu pilih opsi share. Masukkan alamat email dari penerima pada kolom yang disediakan.
  5. Ada dua cara dalam mengirim file ke pengguna lain. Cara pertama dengan mengetik alamat email dari pengguna lain pada opsi share, dan Google drive kemudian mengirimkan email notifikasi terkait dengan file yang telah dibagikan.
  6. Cara selanjutnya dapat dengan memilih opsi copy link, dimana alamat Google drive pengguna yang telah dicopy kemudian di bagian ke pengguna lain lewat aplikasi sosial media lain. Pastikan untuk mengaktifkan mode anyone with the link agar bisa diakses.
  7. Jika sudah berhasil dibagikan, pengguna lain dapat mengunduh file tersebut dengan mengklik tautan yang telah dibagikan. File yang telah terbuka selanjutnya dapat diunduh dengan menekan tombol download yang tersedia pada toolbar Google Drive.
  8. Tunggu beberapa saat hingga file berhasil diunduh. Setelah selesai, file biasanya akan tersimpan pada folder download yang ada di ruang penyimpanan. Pengguna dapat langsung mengeceknya pada perangkat yang digunakan.

Demikian informasi seputar cara mengirim file lewat Google drive dengan mudah dan cepat. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *