Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Dengan Aman

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi

Merawat bayi yang masih kecil memang harus sangat hati-hati. Jika si kecil batuk, Anda tidak disarankan untuk memberikannya obat meski dalam bentuk sirup sekalipun. Hal itu dikarenakan obat akan memberikan efek samping tertentu pada bayi.

Lalu apa yang bisa dilakukan ketika bayi mengalami batuk? Anda bisa melakukan berbagai cara mengobati batuk pada bayi dengan beberapa hal yang aman dilakukan dan tanpa efek samping.

Bacaan Lainnya

Cara Aman dan Efektif Untuk Mengobati Batuk pada Bayi

Batuk adalah sebuah reaksi alami yang ditunjukkan oleh tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan virus, kotoran dan kuman yang ada di saluran pernafasan. Maka kondisi batuk yang dialami oleh bayi bukanlah sebuah kondisi yang berbahaya.

Namun sering kali kondisi batuk yang dialami oleh bayi akan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya sehingga harus ditangani dengan cepat dan tepat.

Beberapa bayi jika batuk kemudian akan mengalami muntah yang menyebabkan tubuh menjadi lemas. Selain itu, nafsu makan atau minum asi bayi pun terkadang berkurang karena rasa kurang nyaman yang ada di tenggorokannya.

Bayi juga akan menjadi lebih rewel dan sulit untuk tidur dengan nyenyak karena kondisi batuk yang dialaminya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk atasi batuk pada bayi.

  1. Pakai baju yang nyaman

    Jika bayi batuk namun sering berkeringat karena udara panas, sebaiknya pakaikan baju panjang dan stabilkan suhu udara di kamarnya dengan penggunaan kipas atau AC. Pastikan udara tak berhembus langsung ke tubuh bayi sehingga tak membuat kondisi batuk terus menerus terjadi.

  1. Hangatkan tubuh bayi

    Gunakan minyak telon atau minyak esensial khusus yang dibalurkan ke tubuh bayi. Oleskan terutama di bagian dada, punggung dan leher bayi. Hal itu akan membuat pernafasan bayi lebih lega sehingga lendir atau dahak mudah keluar.

  1. Tetap berikan ASI

    Karena asi memiliki khasiat yang baik untuk melegakan tenggorokan, mengencerkan dahak, meningkatkan imunitas bayi dan melawan infeksi yang sedang terjadi di tubuh bayi.
    Berikan dengan posisi kepala bayi lebih tinggi agar supaya jika bayi batuk, asi tak mudah keluar karena muntah.

  1. Gunakan cairan saline

    Cairan saline adalah cairan yang terbuat dari larutan air garam steril yang bisa diteteskan pada hidung bayi untuk mengeluarkan lendir atau dahak. Perhatikan aturan pemberian cairan yang banyak dijual di apotek ini.

  1. Berikan uap hangat yang sudah ditetesi minyak telon

    Uap hangat menjadi cara mengobati batuk pada bayi agar supaya bisa bernafas dengan lega. Anda juga bisa memandikan bayi dengan air hangat.

  1. Oleskan pasta kunyit

    Panas dari kunyit akan membantu pengeluaran lendir yang terjebak di hidung atau tenggorokan. Oleskan di bagian telapak kaki, dada dan dahi bayi untuk membuatnya lebih nyaman.

Kenali Jenis Batuk pada Bayi untuk Penanganan yang Tepat

Batuk yang dialami oleh bayi harus diketahui jenisnya agar supaya bisa ditangani dengan tepat. Jenis batuk yang pertama adalah batuk berdahak.

Batuk jenis ini terjadi di area dada karena menjadi usaha alami untuk mengeluarkan lendir atau dahak yang ada di paru-paru. Penyebabnya adalah karena infeksi bakteri. Perhatikan jika disertai dengan sesak nafas yang menandakan gejala penyakit pernafasan atau ISPA, pneumonia dan asma.

Jenis batuk yang kedua adalah batuk kering. Biasanya merupakan reaksi alami yang terjadi untuk menghilangkan rasa gatal atau iritasi yang terjadi di tenggorokan. Jika disertai pilek maka akan menjadi gejala flu yang harus ditangani dengan segera.

Penyebabnya adalah karena infeksi virus atau alergi. Jika batuk kering terjadi tanpa dahak maka bisa menjadi pertanda adanya penyakit batuk rejan, ISPA, flu atau croup. Itulah beberapa cara mengobati batuk pada bayi dengan aman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *