Cara Mengobati Cantengan Dengan Minyak Kayu Putih

Cara Mengobati Cantengan Dengan Minyak Kayu Putih

Banyak orang yang masih belum paham tentang cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih. Benarkah penyakit yang dialami pada kuku tersebut bisa diatasi hanya dengan menggunakan minyak kayu putih?

Istilah medis dari canthengan adalah paronychia. Yaitu sebuah kondisi yang menunjukkan pertumbuhan kuku yang tumbuh ke arah bagian dalam. Kondisi ini kemudian akan menyebabkan terjadinya infeksi yang berakibat pada peradangan, kemerahan dan pembengkakan pada bagian kuku.

Jika hal ini dibiarkan dan tak segera ditangani maka bisa berakibat pada munculnya nanah yang menjadikan bagian kuku Anda terasa sangat nyeri. Dan hanya dengan minyak kayu putih yang sangat mudah didapatkan, Anda bisa mengatasi cantengan yang dialami.

Cara Mengatasi Canthengan dengan Minyak Kayu Putih

Banyak yang mengambil jenis obat antibiotik untuk mengatasi canthengan yang terjadi. Padahal ternyata ada cara yang lebih alami dan aman untuk dilakukan untuk mengobati canthengan yaitu dengan menggunakan minyak kayu putih. Bagaimana caranya? Berikut ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar penggunaan minyak kayu putih sebagai obat cantengan.

  1. Khasiat minyak kayu putih

    Minyak kayu putih memiliki tekstur yang cair dan bersifat menghangatkan. Umumnya dipakai untuk minyak yang dibalurkan pada tubuh untuk menghangatkan atau meredakan gejala masuk angin. Namun minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai pengobatan alami yang bersifat anti jamur pada penyakit canthengan.

  1. Bahan yang diperlukan

    Untuk mengobati canthengan dengan menggunakan minyak kayu putih, Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan pendukung untuk melakukannya secara maksimal.
    Bahan yang diperlukan adalah minyak kayu putih, kapas, air hangat dan handuk kecil yang bersih. Usahakan untuk memilih minyak kayu putih yang murni tanpa ada campuran bahan lainnya untuk hasil yang lebih optimal.

  1. Cara mengobati dengan minyak kayu putih

    Adapun langkah yang bisa Anda lakukan untuk cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih adalah yang pertama dengan meneteskan minyak kayu putih pada kapas kemudian usapkan pada bagian kuku kaki yang alami canthengan.
    Lalu rendam bagian kaki yang tadi sudah diberi minyak kayu putih ke dalam air hangat yang sudah disiapkan. Rendam hingga air menjadi dingin. Kemudian lap kaki dengan handuk hingga bersih dan kering.

Kenali Penyebab Umum Terjadinya Canthengan

Setelah menyimak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cantengan dengan minyak kayu putih selanjutnya adalah untuk mengetahui apa saja penyebab cantengan bisa terjadi.

Penyebab yang pertama adalah karena memiliki kebiasaan memotong kuku terlalu dalam. Sebaiknya potong kuku sewajarnya saja sehingga tetap nyaman di kuku Anda.

Hindari untuk menyobek atau mencabut sisa kuku atau kulit pada bagian kuku yang mencuat keluar. Jika terpaksa harus dihilangkan, gunakan alat pemotong kuku atau gunting agar supaya tak berakibat pada luka di bagian kuku.

Cantengan juga bisa terjadi karena ada kebiasaan menggigit kuku. Biasanya ini dilakukan oleh beberapa orang saat grogi. Selain itu, menggunakan sepatu yang terlalu kecil, memakai kaus kaki atau sepatu yang kotor juga bisa menjadi penyebab cantengan.

Cantengan juga bisa dialami jika Anda terlalu sering merendam tangan atau kaki di dalam air, mengalami iritasi kimiawi yang didapat dari cairan lem yang digunakan untuk manikur dan memiliki riwayat kesehatan berupa penyakit diabetes. Sekian informasi singkat untuk cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *