6 Cara Mengobati Jamur Pada Anjing Terampuh

Cara Mengobati Jamur Pada Anjing

Penyakit jamur pada anjing kerap dianggap remeh oleh para pemilih hewan peliharaan. Padahal jamur dapat berkembang hingga membuat kulit anjing menjadi rusak. Sebelum hal tersebut terjadi, kamu perlu mengetahui cara mengobati jamur pada anjing.

Penyebab jamur yang sering menimpa anjing

Jamur termasuk dalam penyakit yang menular di kalangan hewan peliharaan. Selain hewan, jamur pada anjing juga berpotensi menular ke manusia meskipun kemungkinannya kecil. Kamu perlu mencari tahu penyebab jamur pada anjing untuk mencegah terjangkitnya penyakit ini pada hewan peliharaan kesayangan Anda.

Bacaan Lainnya

Penyebab jamur pada anjing umumnya adalah lingkungan yang lembab dan tidak bersih, makanan tertentu juga dapat menjadi pemicu munculnya jamur pada anjing. Anjing juga dapat tertular jamur dari anjing lain yang berada di sekitarnya.

Tips mengatasi jamur pada anjing

Jamur adalah salah satu penyakit yang umum menyerang hewan peliharaan, diperlukan kesabaran dan konsisten hingga anjing terbebas dari jamur. Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan jamur pada anjing.

  1. Rutin Memandikan Anjing

    Cara mengobati jamur pada anjing yang pertama yaitu dengan rutin membersihkan tubuh anjing. Mandikan anjing yang memiliki penyakit jamuran pada kulitnya secara rutin, karena jamur dapat kembali menyerang sewaktu-waktu. Jika anjing kamu sudah mulai kotor maka segeralah untuk memandikannya agar selalu bersih sepanjang waktu.
    Kebersihan menjadi kunci utama untuk mengobati penyakit jamuran pada hewan peliharaan. Jangan membiarkan anjing dalam keadaan kotor untuk waktu yang lama karena dapat memicu jamuran dan membuat penyakit jamur semakin parah.

  1. Shampo Khusus Jamuran pada Anjing

    Gunakanlah sampo khusus ketika memandikan anjing kamu, kamu dapat meminta saran dari pegawai petshop saat membeli sampo. Sampo khusus anjing yang jamuran biasanya memiliki kandungan sulfur yang dapat berfungsi sebagai antibakteri dan anti infeksi sehingga penyakit jamuran dapat terobati dengan baik.

  1. Gunakan Bedak Anti Jamur

    Selain sampo khusus anti jamur, terdapat produk bedak yang dibuat khusus untuk anjing dengan sifatnya yang anti jamur. Bedak ini dapat digunakan untuk mengusir jamur pada kulit anjing secara optimal, karena berfokus untuk mematikan sel-sel jamur.
    Bedak anti jamur dapat diberikan kepada anjing Anda setelah mandi dengan cara mengoleskan dan menepuk-nepuk pelan pada area yang terkena jamur. Setelah itu Anda dapat membersihkan sisa-sisa bedak yang berlebihan menggunakan hairdryer.

  1. Makanan Daging Domba

    Daging domba kaya akan nutrisi dan manfaat bagi anjing, salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Saat anjing Anda mengidap penyakit jamur, sistem kekebalan tubuhnya akan menurun, kamu dapat memberikan anjing makanan yang mengandung daging domba.

  1. Gunakan Pet Protector

    Cegah anjing kamu untuk menjilat area jamur karena dapat membuat kondisi semakin buruk dengan pet protector. Selain itu, pet protector juga dapat mencegah anjing untuk menggaruk area yang berjamur karena dapat menyebabkan luka dan jamur akan semakin sulit disembuhkan.

  1. Salep Kulit Khusus Jamur

    Jika penyakit jamur semakin parah sebaiknya segeralah bawa anjing ke dokter hewan. Dokter hewan akan meresepkan salep kulit khusus untuk anjing kamu sesuai dengan tingkat keparahan dari penyakit jamur tersebut.

Cara mengobati jamur pada anjing yang paling efektif memang harus dari dokter hewan. Pastikan kamu mengoleskan salep kulit untuk jamur secara rutin dan membersihkan area berjamur dengan baik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan membantu Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *