Cara Mengobati Jantung Bengkak dengan Tepat

Cara Mengobati Jantung Bengkak

Kondisi jantung bengkak atau yang disebut dengan kardiomegali harus segera ditangani dengan tepat. Ada banyak cara mengobati jantung bengkak yang diulas pada beberapa artikel kesehatan di internet.

Jantung yang bengkak adalah sebuah kondisi dimana jantung mengalami pembengkakan yang menjadi indikasi atau gejala sebuah penyakit.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan informasi medis, jantung yang bengkak bisa disebabkan karena beberapa hal seperti masalah kehamilan, masalah pada katup jantung, penyakit jantung koroner, otot jantung yang melemah dan terdapat gangguan pada irama jantung.

Cara Mengobati Jantung Bengkak yang Tepat

Umumnya penderita sendiri tak merasakan gejala apapun, namun beberapa penderita mengalami detak jantung yang tak beraturan hingga alami sesak nafas.

Beberapa penderita lainnya mengalami gejala setelah muncul serangan jantung yang dibarengi dengan sesak nafas akut, bagian tubuh atas seperti leher, lengan, punggung, perut dan lainnya terasa tak nyaman dan pingsan.

Kondisi jantung yang bengkak bisa bersifat permanen atau sementara. Hal itu tergantung dari penyebab dan kondisi dari pasien yang mengalami jantung bengkak itu sendiri. Namun secara umum kondisi jantung bengkak adalah salah satu jenis penyakit jantung kronis yang menunjukkan adanya gangguan salah satu fungsi jantung.

Ada beberapa jenis cara yang bisa dilakukan untuk atasi jantung yang bengkak.

  1. Hindari penyebab jantung bengkak

    Caranya adalah dengan menjaga agar supaya kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik. Saat ini sudah ada banyak gerakan untuk menjaga jantung sehat dengan cara berolahraga dengan berjalan kaki setiap hari, konsumsi makanan kaya akan serat serta hindari konsumsi makanan siap saji.

  1. Pengobatan

    Cara yang pertama adalah dengan melakukan pemberian obat medis. Ada beberapa jenis obat yang diberikan pada penderita jantung bengkak. Diantaranya adalah jenis obat berikut.

    • Antikoagulan

      Yaitu obat yang memiliki fungsi untuk menurunkan resiko terjadinya penggumpalan darah di pembuluh darah. Obat ini akan mencegah serangan jantung dan stroke.

    • Antiaritmia

      Obat yang kedua adalah antiaritmia, yang berfungsi untuk menjaga kestabilan detak jantung.

    • Beta bloker

      Obat ini membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

    • Dieuretik

      Adalah jenis obat yang membantu tubuh agar bisa mengeluarkan air dan natrium yang terjebak di dalam tubuh. Air dan natrium yang berlebih dalam tubuh sering kali menjadi penyebab jantung bengkak.

  1. Tindakan medis

    Cara mengobati jantung bengkak yang berikutnya adalah dengan melakukan tindakan medis. Umumnya hal ini dilakukan jika penanganan dengan pemberian obat sudah tak bisa dilakukan lagi. Berikut tindakan medis yang dilakukan pada penderita jantung bengkak.

    • Operasi katup jantung

      Dilakukan jika pembengkakan terjadi karena katup jantung tak berfungsi dengan normal.

    • Operasi cangkok jantung

      Operasi yang dilakukan jika kondisi jantung yang bengkak sudah tak bisa berfungsi normal lagi.

    • Operasi bypass

      Yaitu jenis operasi jantung yang dilakukan untuk mengatasi penyakit jantung koroner.

Cara Mudah Mencegah Pembengkakan Jantung

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jantung membengkak dan membuat kondisi jantung tetap sehat.

Yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang tinggi serat. Seperti konsumsi makanan buatan rumah, memperbanyak makan buah dan sayuran.

Penderita jantung bengkak juga biasanya akan dibatasi konsumsi cairan yang masuk ke dalam tubuhnya. Dokter biasanya akan memberitahukan berapa jumlah asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh penderita jantung bengkak.

Anda juga harus bisa menjaga berat badan agar tetap ideal dengan cara rutin berolahraga ringan seperti jogging, bersepeda hingga berenang. Demikian ulasan mengenai cara mengobati jantung bengkak dengan tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *