Penyebab Dan Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah

Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah

Kaki pecah-pecah adalah kondisi yang di tandai dengan kulit mengelupas, bersisik, dan kering. Kondisi ini terkadang membuat kita tidak nyaman dan terkadang juga menyebabkan rasa percaya diri menurun. Oleh sebab itu banyak orang mencari cara mengobati kaki pecah-pecah.

Namun sebelum mengobati kaki yang pecah-pecah, alangkah baiknya jika terlebih dahulu mengetahui penyebab dari kaki pecah-pecah. Untuk Anda yang belum mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini:

Penyebab Kaki Pecah-Pecah

Penyebab dari kaki pecah-pecah ternyata banyak. Apa saja penyebabnya? Berikut penjelasannya:

  1. Kebiasaan berjalan kaki tidak menggunakan alas kaki.
  2. Berdiri dalam waktu yang sangat lama.
  3. Sering mengenakan sepatu yang tidak pas untuk melindungi tumit Anda.
  4. Mengenakan sepatu yang lembab dan panas.
  5. Sering mengenakan sandal yang terbuka pada bagian tumit.
  6. Mengenakan sabun dengan bahan keras untuk kulit sehingga menyebabkan iritasi.
  7. Merendam kaki dengan air panas terlalu sering.
  8. Kulit mengalami kekeringan karena suhu yang terlalu dingin atau suhu yang terlalu kering.

Selain 8 penyebab kaki pecah-pecah tersebut terdapat penyebab lainnya yang mengakibatkan kaki pecah-pecah. Seperti adanya penyakit diabetes, kurang gizi, eksim, dan penyakit lainnya yang mengakibatkan kaki pecah-pecah.

Bukan hanya itu, tanda penuaan juga dapat menyebabkan kaki pecah-pecah. Perubahan hormon dan proses metabolisme pada saat usia lanjut, menyebabkan kulit luar menebal. Pada lapisan yang melindungi tumit juga semakin menipis sehingga membuat kulit stres, menebal, kemudian menjadi pecah-pecah.

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Setelah mengetahui penyebab dari kaki yang pecah-pecah, kini kamu dapat mencari cari cara mengobati kaki pecah-pecah. Berikut beberapa caranya:

  1. Menggunakan pelembab

    Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kaki pecah-pecah adalah dengan menggunakan pelembab. Salah satu jenis pelembab yang bisa digunakan yaitu dari jenis emolien humektan.
    Bahan aktif dalam emolien mampu meresap ke dalam kulit dan mengurangi terjadinya penguapan cairan. Sementara itu humektan memiliki kandungan bahan aktif yang mampu meningkatkan kapasitas air di dalam lapisan kulit sehingga kelembaban kulit tetap terjaga.

  2. Menggunakan sabun dengan bahan lembut

    Salah satu penyebab terjadinya pecah-pecah pada kaki adalah penggunaan sabun yang menyebabkan iritasi. Maka dari itu solusi untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah dapat dengan menggunakan sabun yang memiliki kemampuan untuk melembutkan kulit. Bahan lembut dalam sabun juga dapat meredakan iritasi sehingga kulit pecah-pecah lebih cepat sembuh.

  3. Kenakan alas kaki yang nyaman

    Penggunaan alas kaki baik sandal atau sepatu yang kurang nyaman dapat menyebabkan kaki menjadi pecah-pecah. Maka dari itu, untuk menghindari kaki pecah-pecah Anda harus gunakan alas kaku yang nyaman,
    Pilih alas kaki yang ukurannya pas dan dari bahan yang nyaman. Kenakan juga alas kaki yang menutupi tumit Anda. Dengan demikian kaki menjadi tidak mudah pecah-pecah.

  4. Menggunakan kaus kaki katun

    Mengenakan kaus kaki yang berbahan katun juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah. Bahan katun dapat melindungi tumit dan menjaga agar kaki tidak mudah lembab. Maka dari itu, mulailah untuk mengganti kaus kaki Anda dengan kaus kaki berbahan katun.

Demikian penjelasan mengenai penyebab dari kaki pecah-pecah dan cara mengobati kaki pecah-pecah. Yang terpenting adalah kenakan bahan yang mampu melindungi dan menjaga kulit kaki agar tidak terlalu kering, sehingga kaki tidak akan pecah-pecah. Jaga pula kebersihan kaki agar tidak mudah mengalami iritasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *