Inilah Penyebab dan Cara Mengobati Mata Merah Dan Berair

Cara Mengobati Mata Merah Dan Berair

Mata merah dan berair yang terasa gatal dan sedikit perih mengganggu aktivitas kamu? Tidak perlu panik, cara mengatasi mata merah dan berair bisa kamu lakukan dirumah tanpa perlu ke dokter. Simak ulasan lebih lengkap disini.

Faktor Penyebab Mata Merah

Sebelum kita mengobati mata merah yang berair, kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Akan lebih mudah mengobati penyakit jika diketahui penyebab terjadinya bukan? Nah berikut ini beberapa penyebab yang dapat membuat mata merah dan berair:

Bacaan Lainnya
  1. Terlalu lama menatap layar gadget

    Bermain gadget memang memberikan hiburan tersendiri hingga membuat kita lupa waktu. Namun bermain gadget terlalu lama dapat membuat mata iritasi, sehingga mata menjadi merah dan berair. Iritasi pada mata disebabkan oleh paparan sinar radiasi dari layar gadget kamu.

  1. Penggunaan Lensa Kontak

    Lensa kontak umumnya digunakan sebagai pengganti kacamata bagi orang-orang yang mengalami rabun jauh. Namun tidak sedikit pula yang menggunakan lensa kontak untuk membuat tampilan mata menjadi lebih indah karena lensa kontak tersedia dalam beragam warna.
    Namun ternyata penggunaan lensa kontak yang kurang berhati-hati dapat membuat mata iritasi hingga menjadi merah. Lensa kontak yang jarang dibersihkan, tidak mencuci tangan sebelum menggunakan lensa kontak, maupun tidak mengganti cairan menjadi penyebab iritasi ketika menggunakan lensa kontak.

  1. Conjunctivitis

    Conjunctivitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh radang yang terjadi pada lapisan terluar kornea mata. Penyakit ini membuat mata terasa berair dan terlihat merah. Conjunctivitis lebih sering menyerang anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa.

Cara Mudah Atasi Mata Merah Tanpa Dokter

Jika kamu mengalami mata merah, tidak perlu buru-buru panik dan menghubungi dokter. Karena pada umumnya mata merah yang disebabkan oleh iritasi dapat cepat sembuh bila ditangani dengan benar. Berikut ini cara mengatasi mata merah dan berair yang perlu kamu ketahui:

  1. Kompres Air Hangat

    Kamu perlu menyiapkan handuk bersih dan air hangat untuk mengompres mata yang merah. Lalu letakkan handuk yang telah direndam dalam hangat dan diperas ke bagian mata kamu selama 10 menit. Panas yang dihasilkan dari kompres hangat di mata diyakini dapat membantu memperlancar aliran darah.

  1. Kompres Dingin

    Selain menggunakan air hangat, kamu juga bisa menggunakan air dingin untuk mengompres mata. Sama seperti mengompres dengan air hangat, bedanya kamu mengganti air kompres dengan air dingin, bila perlu tambahkan sedikit es batu ke dalam air untuk mengompres.
    Rendam handuk dan peras terlebih dahulu, kemudian kompres mata dengan memberikan tekanan secara lembut selama 10 menit. Cara ini dapat mengurangi pembengkakan di area mata akibat mata merah yang teriritasi.

  1. Gunakan Obat Tetes Mata

    Obat tetes mata dapat digunakan untuk mengobati iritasi pada mata karena bekerja sebagai antibakteri dan anti iritasi. Kamu dapat menggunakan obat tetes mata sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan produk. Obat tetes mata dapat dibeli di apotek tanpa perlu resep dokter.
    Namun jika mata merah disebabkan oleh alergi musiman, kamu dapat menggunakan obat tetes mata yang mengandung antihistamin.

Demikianlah cara mengatasi mata merah dan berair tanpa perlu ke dokter yang bisa Anda lakukan di rumah. Kurangi aktivitas yang dapat memicu dan menjadi faktor mata merah dan berair. Rutin konsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *