Cara Mengobati Varises yang Mudah Dilakukan

Cara Mengobati Varises

Varises adalah sebuah kondisi kesehatan dimana pembuluh darah vena mengalami pembesaran dan pembengkakan. Varises sendiri bisa terjadi ketika katup kecil yang ada di pembuluh Vena mengalami kondisi lemah atau rusak.

Hal ini menyebabkan aliran darah menjadi terbalik yang kemudian terkumpul di bagian pembuluh vena. Lalu apa yang harus dilakukan sebagai cara mengobati varises?

Cara Untuk Mengobati Varises dengan Benar

Setidaknya menurut survey, dari 10 orang dewasa ada 3 diantaranya memiliki varises. Dan kondisi varises memang lebih sering dialami oleh kalangan wanita. Meski begitu, tak menutup kemungkinan para pria juga bisa mengalami kondisi varises.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi varises yang terjadi.

  1. Menggunakan stoking kompresi

    Salah satu produk kesehatan yang bisa digunakan untuk mengatasi varises tanpa obat adalah dengan menggunakan stoking kompresi. Bentuknya seperti kaus kaki namun dengan bahan yang ketat yang bisa menekan pertumbuhan otot sehingga keluhan varises bisa lebih teratasi.
    Stoking kompresi bisa Anda beli di apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. Gunakan stoking kompresi dengan teratur untuk hasil yang maksimal.

  1. Melakukan olahraga secara teratur

    Pada penderita varises, olahraga yang bisa dilakukan adalah jenis olahraga yang ringan. Seperti misalnya olahraga jalan kaki, jogging, bersepeda atau berenang. Lakukan secara rutin setiap pagi untuk membuat otot kaki lebih rileks.

  1. Menghindari posisi berdiri atau duduk yang terlalu lama

    Agar supaya varises bisa diobati, sebaiknya hindari untuk tak terlalu lama berdiri atau duduk.
    Jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk duduk atau berdiri dalam jangka waktu lama maka sebaiknya secara berkala lakukan perubahan posisi sehingga tak berpengaruh pada kesehatan kaki Anda.

  1. Berusaha untuk menjaga berat badan tetap ideal

    Kondisi varises juga bisa terjadi ketika berat badan Kita terlalu berlebih. Maka Kita bisa mengatasinya dengan cara tetap berusaha menjaga berat badan agar supaya lebih ideal. Selain itu hindari juga penggunaan sepatu dengan hak tinggi untuk cara mengobati varises yang lebih baik.

  1. Saat berbaring atau tidur, usahakan untuk mengangkat bagian kaki lebih tinggi dari posisi kepala dan dada

    Jika Anda mengangkat posisi kaki lebih tinggi dari posisi kepala dan dada maka hal itu akan membuat peredaran darah pada kaki menjadi lebih lancar. Hal itu secara efektif bisa mengatasi keluhan varises yang dialami.

Upaya Menghilangkan Varises dengan Tindakan Medis

Tindakan medis akan dilakukan jika kondisi varises yang Anda alami sudah berada di tingkat kronis yang harus segera ditangani. Ada beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan varises dengan baik.

Tindakan medis yang pertama adalah operasi laser. Operasi ini bukanlah jenis operasi yang bisa menyebabkan tubuh Anda memiliki luka sayatan. Namun yang dibutuhkan adalah cahaya atau sinar laser dengan kekuatan tertentu yang berfungsi untuk membuat ukuran varises mengecil.

Tindakan medis yang kedua adalah Mikro skleroterapi. Yaitu sebuah tindakan medis yang dilakukan dengan memasukkan cairan kimia dengan dosis kecil menggunakan jarum berukuran kecil ke pembuluh vena.

Kinerja cairan ini adalah dengan membuat jaringan parut dalam pembuluh darah yang kemudian akan menutup varises dengan maksimal. Tindakan ini bisa dilakukan beberapa kali hingga memberikan hasil yang memuaskan. Itulah beberapa cara mengobati varises dengan baik dan benar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *