Kesehatan


Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sebelum Penyakit Menyerang

cara-menjaga-kesehatan-jantung cara-menjaga-kesehatan-jantung

Jantung hanya berukuran kepalan tangan manusia, walaupun ukurannya yang kecil jantung memiliki tugas yang sangat penting. Jantung bertugas memompa darah ke seluruh bagian tubuh, tanpa adanya jantung sebuah makhluk hidup tidak akan bisa hidup. Menjaga kesehatan jantung juga merupakan hal penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjangkitnya penyakit mematikan seperti halnya jantung koroner. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA

Cara Mencegah Penyakit Jantung

 

7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

  1. Aktif beraktivitas
    Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa orang yang duduk terlalu lama memiliki 147% resiko terjangkit kardiovaskular serta 90% peningkatan kematian dari 8000 orang akibat penyakit tersebut. Hal ini terjadi karena duduk terlalu lama membuat otot membakar lemak dalam jumlah yang sedikit sehingga asam lemak dapat menyumbat peredaran darah menuju ke jantung. Aktivitas fisik seperti halnya olahraga bisa menangkal resiko terjadinya penyakit jantung. 
  2. Mengonsumsi lemak sehat
    Walaupun lemak selalu dianggap sebagai penyebab utama munculnya penyakit jantung, namun ternyata tubuh tetap membutuhkan pasokan lemak. Pasokan lemak yang dibutuhkan tubuh itu berupa lemak sehat, sedangkan lemak tak sehat seperti halnya lemak trans dapat menumpuk plak dalam arteri sehingga aliran darah akan tersumbat. Lemak trans berbahaya bagi jantung, sering ditemukan pada makanan junk food. Jadi, hindari mengonsumsi junkfood demi kesehatan jantung.
  3. Menghentikan kebiasaan merokok
    Merokok dapat mengakibatkan resiko terjadinya penyakit jantung sebanyak empat kali lipat. Karena kebiasaan merokok bisa mengganggu kinerja pembuluh darah menuju jantung, tak hanya itu merokok juga berbahaya bagi otak dan bagian tubuh lainnya. Jadi itulah mengapa dokter sangat menyarankan untuk tidak merokok sebagai upaya cara menjaga kesehatan jantung. 
  4. Tidur dalam jumlah yang cukup
    Pengerasan pembuluh darah dapat terjadi jika seseorang memiliki waktu tidur kurang dari enam jam. Bahkan seseorang yang tidur kurang dari enam jam dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung sebanyak dua kali lipat. Ternyata walaupun sepele, tidur yang cukup merupakan cara menjaga kesehatan jantung yang harus diperhatikan.
  5. Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut
    Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit gusi sangat beresiko membentuk penyakit jantung. Penelitian mengatakan bahwa bakteri yang menjadi penyebab penyakit gusi dapat tertelan dan masuk menuju aliran darah lalu mengalami peningkatan protein C-reaktif yang dimana menjadi tanda adanya peradangan pada pembuluh darah. Peradangan pada pembuluh darah dapat mengakibatkan penyakit jantung. Kesehatan dan kebersihan mulut adalah hal yang penting.
  6. Mengurangi konsumsi alkohol
    Minuman keras yang mengandung alkohol merupakan salah satu sumber lemak trans. Jika minuman keras ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan jangka waktu yang panjang dapat mengakibatkan terbentuknya kolesterol. Kolesterol inilah yang menjadi penyebab beragam penyakit jantung, dengan mengurangi konsumsi alkohol, secara tidak langsung kita menjaga kesehatan jantung.
  7. Memeriksa diri ke dokter
    Dengan memeriksa kesehatan ke dokter secara rutin, bukan tidak mungkin dapat menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk terkait kesehatan organ vital kita terutama jantung. Mengingat jantung adalah organ yang penting, kita bisa menjaga kesehatan jantung dengan memeriksa diri ke dokter secara rutin.

Demikianlah beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang bisa kita lakukan sebelum terjadinya penyakit jantung yang mematikan datang menghampiri. Penyakit jantung seperti halnya jantung koroner, gagal jantung dan sejenisnya merupakan penyakit yang harus kita hindari dengan cara menjaga kesehatan jantung. Tidak perlu diragukan lagi bahwa menjaga kesehatan jantung adalah cara terbaik untuk keberlangsungan hidup.



Aware terhadap Gejala Penyakit Jantung

Kenali gejala penyakit jantung demi kebaikan pribadi. Deteksi dini bisa jadi langkah awal penanganan optimal.

Cara Mengatasi BAB Berdarah di Rumah Saja

Ingin mengetahui cara mengatasi bab berdarah lainnya? Dapatkan info kesehatan khusus pencernaan hanya Disini.

Tips Cara Mengatasi Perut Kembung yang Mengganggu

Perut kembung membuat tidak nyaman? Aktivitas terganggu karena perut terasa kencang dan berangin? Cari tahu cara mengatasi perut kembung tanpa obat dengan mudah disini.

Wanita, Inilah Cara Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi musuh bagi wanita. Sel kanker ganas yang tumbuh dapat mengancam keselamatan penderita. Untuk itu Anda harus tahu cara mencegah kanker payudara dengan tepat.



Verify that you are not a robot.