Cara Menyambungkan HP Ke TV

  • Whatsapp
Cara Menyambungkan HP

Salah satu kendala dari penggunaan HP terutama untuk menonton itu adalah tampilan HP itu jelas lebih kecil. Tapi sekarang ada cara menyambungkan HP ke TV agar supaya kita itu bisa menonton dengan layar yang jauh lebih besar. Dan sebenarnya ada beberapa pilihan cara yang bisa dipakai untuk kita bisa menyambungkan HP tersebut ke TV.

Sebenarnya sih masalah cara untuk menyambungkan ke TV itu tergantung dengan jenis TV yang kita punya itu seperti apa. Apakah TV kita memiliki miracast dengan wireless atau tidak, smart TV pun memiliki cara yang berbeda untuk kita menyambungkan HP kita. Berikut ini pilihan cara yang bisa kita gunakan untuk kita sambungkan HP ke TV.

Bacaan Lainnya

Dengan Menggunakan Kabel

Salah satu cara yang bisa kita pakai untuk menyambungkan HP ke TV kita itu adalah dengan menggunakan kabel data. Akan tetapi penggunaan kabel ini pun tidak bisa sembarang TV bisa digunakan ya, karena harus memiliki port HDMI. TV harus ada port HDMI barulah HP akan bisa tersambung dengan menggunakan Kabel tersebut. Berikut ini langkah menghubungkannya.

  1. Menyediakan kabel HDMI, akan tetapi harus kabel HDMI yang terhubung dengan kabel Usb untuk ke smartphone kita.
  2. Setelah sudah ada kabelnya, TV kita matikan lebih dahulu setelah itu baru pasang kabel ke port HDMI yang ada di TV.
  3. Nanti di smartphone kita ada notifikasi untuk menampilkan HDMI koneksi, dan kita centang saja HDMI koneksi itu.
  4. Setelah semua sudah terpasang tinggal kalian periksa apakah layar TV sudah sama dengan layar smartphone. Jika sudah maka kalian sudah benar dalam menjalankan cara menyambungkan HP ke TV.

Menggunakan Fitur Miracast

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan fitur Miracast, namun untuk menggunakannya perlu ada koneksi wireless di smartphone dan TV. Bila TV tidak ada fitur tersebut, kita bisa menggunakan dongle khusus yang menyambungkan wireless Miracast tersebut menggunakan port HDMI. Setiap TV dan smartphone memiliki langkah yang berbeda, dan berikut ini kami akan jelaskan langkahnya.

  1. Pertama tentunya harus setting TV kita terlebih dahulu untuk menampilkan Miracast tersebut, caranya masuk ke Networks.
  2. Nanti di sana ada pilihan aktifkan Miracast, dan kalian hanya tinggal klik aktifkan saja. Pada saat miracast ini sudah aktif, maka TV akan memulai proses pemindaian Miracast yang tersedia.
  3. Nah pada saat proses pemindaian sudah dimulai, maka saatnya kita untuk melakukan setting kembali pada smartphone kita. Kita masuk ke wireless and network. Untuk namanya sendiri bisa berbeda antara smartphone yang satu dengan yang lain.
  4. Setelah sudah masuk ke menu wireless and network, di sana ada pilihan more, dan kalian klik saja more. Nanti akan ada pilihan wireless display, di smartphone lain bisa saja kita hanya tinggal memilih device yang terdeteksi. Nah bisa juga kita harus aktifkan dulu wireless display di smartphone kita itu.
  5. Setelah sudah dalam posisi on, maka akan ada pindaian device yang aktif yakni adalah TV yang sudah kita aktifkan sebelumnya.
  6. Kalian tinggal pilih saja nama smart tv atau nama dongle wireless Miracast dari tv kita dan hp kita sudah langsung terhubung.

Itulah beberapa cara menyambungkan HP ke TV yang biasanya dipakai untuk keperluan menonton video supaya lebih besar tampilannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *