Tips Dan Trik Cara Merawat Anak Anjing

Cara Merawat Anak Anjing

Anak anjing merupakan hewan peliharaan yang sangat menggemaskan dan lucu. Banyak sekali orang yang mengadopsi anjing ketika masih berusia beberapa minggu bahkan saat baru lahir, sebab akan lebih mudah melatih anjing sejak mereka masih kecil. Namun tidak banyak orang yang mengetahui cara merawat anak anjing yang baik dan benar.

4 Tips Merawat Anak Anjing

Resiko kematian pada anak anjing yang baru berusia beberapa minggu sangatlah tinggi. Perawatan yang tepat dapat mengurangi resiko kematian pada anak anjing, berikut ini beberapa tips dalam merawat anak anjing yang perlu diketahui:

Bacaan Lainnya
  1. Cek Kondisi Kesehatan

    Tips pertama dalam merawat anak anjing adalah melakukan pengecekan kondisi kesehatan dari anak anjing. Kamu perlu mengecek kesehatan anak anjing di dokter hewan untuk mengetahui apakah anak anjing dalam kondisi sehat atau tidak.
    Jika kamu hendak mengadopsi anak anjing, sebaiknya kamu mengetahui secara menyeluruh tentang kondisi kesehatannya, apakah anak anjing tersebut memiliki penyakit bawaan ketika lahir atau tidak. Kamu akan lebih mudah merawat anak anjing yang sehat dan prima.

  1. Pastikan Suhu Tubuh Tetap Hangat

    Anak anjing sangat rentan mengalami hipotermia akibat suhu tubuh yang rendah. Oleh karena itu, sebagai pemilik, kamu perlu menjaga agar suhu tubuh anak anjing tetap hangat. Kamu bisa gunakan lampu di dalam kandang anak anjing, dan berikan selimut sebagai alas untuk mereka tidur.
    Jika anak anjing masih memiliki induk, maka kamu cukup dekatkan anak anjing kepada induk mereka agar suhu tubuhnya tetap hangat. Anak anjing yang baru lahir membutuhkan suhu kehangatan sekitar 32 derajat celcius. Suhu dapat disesuaikan kembali saat anak anjing memasuki usia 6 minggu ke atas.

  1. Bersihkan Kotoran Anak Anjing Secara Rutin

    Anak anjing khususnya yang baru lahir perlu mendapatkan rangsangan terlebih dahulu agar bisa buang air kecil atau buang air besar setelah mereka menyusui. Umumnya sang induk akan memberikan rangsangan melalui jilatan di sekitar perut mereka.
    Namun jika induknya tidak ada, maka kamu bisa memberikan rangsangan dengan mengelus perut anak anjing secara lembut. Bersihkan kotoran mereka menggunakan kapas yang diberi air hangat pada sekitar anus mereka. Anak anjing sudah mampu membuang kotoran sendiri ketika memasuki usia 3-4 minggu.

  1. Berikan Susu Secara Rutin

    Cara merawat anak anjing selanjutnya adalah dengan memberikan mereka susu secara rutin. Sama seperti manusia yang baru lahir, anak anjing membutuhkan susu setiap dua hingga tiga jam sekali. Namun intensitas menyusu akan menurun hingga hanya empat kali dalam sehari ketika anak anjing memasuki usia 2 minggu.

Apa saja yang Tidak Boleh Dilakukan?

Kamu tentu perlu mengetahui beberapa hal tentang apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika merawat anak anjing. Berikut ini hal yang tidak boleh dilakukan oleh pemilik terhadap anak anjing:

  • Memberikan makanan terlalu banyak
  • Tidak menyediakan tempat yang bersih
  • Memberikan sisa makanan yang dimakan manusia
  • Memberikan anjing makanan yang bersifat racun bagi pencernaannya seperti coklat, kismis, alkohol, bawang putih, teh, ataupun garam.
  • Tidak menyediakan air minum yang cukup
  • Terlalu sering memandikan anak anjing

Demikianlah cara merawat anak anjing yang baik dan benar. Jika Anda tertarik untuk mengadopsi anak anjing, pastikan anak anjing tidak lagi menyusui pada induknya agar kondisi tubuh lebih kuat untuk dirawat oleh manusia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *