Cara Merawat Anak Kucing yang Ditinggal Induknya

Cara Merawat Anak Kucing

Kucing, hewan lucu berkali empat ini memang selalu menarik perhatian banyak orang. Tingkah lakunya yang menggemaskan membuat siapa saja ingin membawanya pulang. Jika kamu pecinta kucing dan ingin memelihara anak kucing, simak dan pelajari cara merawat anak kucing seperti penjelasan berikut ini.

Apabila Anda ingin memelihara anak kucing, terlebih anak kucing yang ditinggalkan oleh induknya, setidaknya ada tiga hal utama yang harus Anda perhatikan. Mulai dari menciptakan lingkungan yang nyaman, memberi makan, dan merawat kucing secara berkala.

Menciptakan Lingkungan Nyaman Untuk Anak Kucing

Anak kucing adalah makhluk yang rentan. Ia mudah sakit jika kondisi lingkungan tempatnya tinggal tidak nyaman atau kurang sesuai. Maka dari itu, Anda sebagai pemiliknya harus tahu betul hal apa saja yang harus dilakukan untuk membuat anak kucing tersebut merasa nyaman.

  1. Perhatikan Cara Menangani Anak Kucing

    Hal pertama yang harus sangat diperhatikan ketika ingin merawat anak kucing adalah memperhatikan cara menangani anak kucing tersebut. Pastikan Anda telah mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang anak kucing tersebut.
    Hal ini bertujuan agar anak kucing tidak tertular penyakit. Cara untuk mengangkat anak kucing juga harus sangat hati-hati. Karena tubuhnya yang masih lemah, mudah saja mengalami cidera.

  1. Menjaga Suhu Ruangan

    Anak kucing tubuhnya masih rentan. Ia biasa mudah mengalami kedinginan. Maka dari itu, pastikan Anda menjaga suhu ruangan tempat anak kucing tersebut beristirahat.
    Anda bisa meletakan anak kucing diatas bantal pemanas khusus yang sudah dilapisi kain. Sehingga anak kucing akan merasa hangat dan nyaman sepanjang hari.

  1. Menyiapkan Tempat Tidur Nyaman

    Menjaga agar kucing tetap bisa beristirahat dengan nyaman adalah hal yang penting. Buatlah tempat tidur yang nyaman, hangat, dan lembut agar kucing peliharaan Anda bisa memiliki kualitas tidur yang baik.

Memberi Makanan Berkualitas dan Sehat

Cara merawat anak kucing berikutnya adalah dengan memperhatikan asupan makanan untuk anak kucing tersebut. Makanan yang sehat dan berkualitas akan membuat anak kucing tumbuh dengan baik.

Jika anak kucing yang Anda rawat tidak memiliki induk, maka sangat disarankan untuk membeli susu bubuk khusus untuk anak kucing. Dalam memberikan susu pada anak kucing, pastikan botol yang digunakan sudah dibersihkan disterilisasi terlebih dahulu.

Susu yang akan diberikan juga pastikan sudah dihangatkan dengan suhu kisaran 35-38 derajat celcius. Anak kucing yang masih sangat kecil memang lebih diutamakan untuk mengonsumsi susu, dan jika sudah mulai beranjak besar, Anda dapat mulai mencoba memberikannya makanan kucing.

Merawat Anak Kucing Setiap Hari

Tidak hanya tempat tinggal dan makanan saja yang harus diperhatikan. Dalam merawat anak kucing, beberapa hal lain seperti membantu anak kucing membuang kotorannya juga menjadi hal yang penting.

Jika alaminya, induk kucing akan membantu anaknya untuk membuang kotoran dengan cara menjilat alat kelaminnya, maka jika anak kucing tersebut sudah tidak memiliki induk. Anda bisa melakukan cara menggosok alat kelamin kucing tersebut agar bisa membuang kotoran.

Pastikan Anda menggosok tidak menggunakan tangan kosong, melainkan menggunakan kapas yang telah direndam dalam air hangat. Usap dengan lembut sampai anak kucing bisa mengeluarkan kotorannya. Bersihkan kembali alat kelamin dan anus si kucing jika sudah, lalu keringkan.

Demikian tiga hal yang paling mendasar yang harus Anda pahami ketika merawat anak kucing. Pastikan cara merawat anak kucing tersebut dilakukan dengan baik dan benar agar anak kucing Anda tumbuh dengan sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *