Cara Merawat Kucing Anggora Agar Tetap Terawat dengan Baik

Cara Merawat Kucing Anggora

Kucing anggora ialah salah satu jenis kucing yang populer dijadikan peliharaan. Bukan hanya memiliki bulu tebal yang enak diraba, merawat jenis kucing anggora juga tidak terlalu ribet untuk dilakukan. Tetapi masih banyak orang bingung bagaimana caranya merawat ras kucing anggora dengan benar.

Memberi kucing anggora makanan mahal tidak cukup untuk menjamin ia tumbuh sehat. Maka dari itu, tahu cara merawat kucing anggora dengan benar bisa sangat membantu pemilik kucing anggora untuk maksimal menjaga kesehatannya si kucing. Kalau penanganannya salah, maka kucing anggora bisa saja sering sakit atau ada gangguan pada kulit atau bulunya.

Bacaan Lainnya

Akibat Tidak Rajin Merawat Kucing Anggora

Bukan hanya mudah terserang berbagai penyakit kucing, penampilannya kucing anggora juga tidak terurus. Kucing anggora jika tidak dirawat, penampilan yang seharusnya menawan tidak lagi enak dipandang. Bulu kucing anggora selembut sutra bisa saja tidak menarik lagi jika tidak dirawat.

Beberapa Cara Penting Memelihara Kucing Anggora Agar Terawat

Supaya kucing anggora bisa terawat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti di bawah ini.

  1. Memilih kandang kucing dengan tepat

    Meski mayoritas waktu kucing anggora dihabiskan bermain di dalam rumah, tetapi kamu juga harus menyiapkan kandang. Terutama bila kalian sering meninggalkan kucing sendirian. Kandang mencegah kucing anggora bermain di area yang tinggi ketika kamu sedang tak ada.
    Kandang mewah memang disarankan, tetapi yang penting yaitu penuh dengan mainan atau peralatan. Dengan kandang luas dan banyak mainan, maka sudah cukup untuk kucing anggora karena dia memang suka bermain. Jangan sampai lupa, sediakan pasir zeolit juga.
    Pasir tersebut mempunyai fungsi ganda, sebagai alas serta sebagai tempat untuk buang air. Kamu sebaiknya mengganti pasirnya secara berkala. Biasanya pasir bisa diganti sekali untuk tiga hari. Sedangkan membersihkan kandang dapat kamu lakukan seminggu sekali sebagai cara merawat kucing anggora yang tepat. Jika kamu dapat mendidik kucing buang air di WC, maka tentu akan lebih mudah.

  1. Memperhatikan gaya hidup sendiri

    Jenis kucing anggora merupakan hewan aktif, tetapi sangat haus juga terhadap kasih sayang si pemilik. Jika dibiarkan kesepian lama, maka kucing anggora bisa berubah sikapnya sehingga tidak lagi menyenangkan. Maka dari itu, sebagai pemilik, maka kamu perlu mempertimbangkan gaya hidupmu cocok dengan kucing atau tidak.
    Jika kegiatan kamu tidak padat dan bisa menghabiskan waktu di dalam rumah, maka kucing anggora cocok menjadi peliharaanmu. Tetapi kalau sangat sibuk dan tidak punya waktu banyak di rumah, dan tidak ada orang terdekat di rumah, lebih baik tunda memelihara kucing anggora. Merawat kucing bukan hanya dari fisik saja. Soal mental juga penting, mengingat kucing anggora ini butuh kasih sayang besar.

  1. Memperhatikan jenis makanan kucing anggora

    Masalah yang kerap dihadapi kucing anggora yaitu obesitas. Obesitas merupakan sumber berbagai macam penyakit dan bahkan berujung kepada kematian. Maka dari itu, cara merawat kucing anggora yaitu harus diperhatikan makanannya. Bukan hanya jenis makanannya, tetapi jumlah asupannya. Tidak mesti mahal, hal yang perlu diperhatikan ialah nutrisi apa saja yang masuk.
    Asupan yang tidak boleh sering kucing anggora makan yaitu karbohidrat. Karena sistem pencernaannya tidak cocok mencerna karbohidrat apa lagi dalam jumlah besar. Dari kebanyakan karbohidrat bisa memperbesar risiko terjadinya diabetes bahkan penyakit jantung. Maka dari itu, tidak disarankan membagi makananmu yang banyak karbohidrat ke kucing anggora.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *