Cara Merawat Kucing Persia Paling Mudah dan Sederhana

Cara Merawat Kucing Persia

Kucing merupakan salah satu mamalia yang saat ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Banyak orang merasa penasaran dengan cara merawat kucing Persia. Sebab diantara berbagai jenis kucing lainnya ternyata Persia paling banyak diminati.

Hal tersebut mungkin dikarenakan ciri-ciri fisik dari kucing persia memang terlihat lebih menggemaskan. Sehingga dibutuhkan perawatan ekstra untuk bisa membuat kesehatan dari kucing tersebut tetap prima. Namun sayangnya untuk saat ini banyak orang tidak mengetahui bagaimana melakukan perawatannya.

Bacaan Lainnya

Maka dari itulah kami informasikan kepada Anda mengenai beberapa cara mudah melakukan perawatan kucing persia. Informasi tersebut sudah kami rangkum di ulasan berikut ini.

Melakukan Persiapkan dalam Sektor Kandang

Kucing dengan jenis Persia memang membutuhkan perawatan yang berbeda dengan kucing kampung. Sehingga mereka perlu diberikan dan agar tidak berkeliaran secara bebas. Banyak kasus kucing terkena racun karena makan sembarangan diluar rumah. Karena itulah Anda wajib mempersiapkan vektor kandangnya terlebih dahulu.

Pastikan Menyediakan Kandang yang Layak

Pertama-tama pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mempersiapkan kandang yang layak. Kriteria dari kandang yang layak ialah memiliki luas yang cukup serta sirkulasi udara yang memadai. Usahakan kandang tersebut cukup terbuka sehingga tidak pengap.

Perhatikan juga tingkat kebersihan pada kandang tersebut. Apabila kandang terbuat dari besi maka perhatikan secara teliti bahwa setiap besinya tidak mengalami korosi. Sedangkan untuk keadaan kandang dalamnya pastikan tetap terjaga kebersihannya.

Memperhatikan Wadah untuk Pakan dan Minum

Beberapa komponen yang wajib ada pada suatu kandang ialah tempat makan dan minum. Pastikan untuk menyediakan tempat tersebut secara terpisah. Hal ini berguna untuk menjaga kebersihan dari kandang.

Pastikan juga bahwa jika ingin menerapkan cara merawat kucing Persia, pilihlah wadah minum tidak memiliki cekungan cukup dalam. Hal ini dikarenakan lidah pada kucing persia itu ternyata tidaklah panjang relatif pendek sehingga akan kesulitan jika menggunakan wadah yang dalam.

Menyiapkan Tempat Kotoran

Pastikan juga untuk menyediakan tempat kotoran pada kucing untuk membuang air besar. Media terbaik untuk wadah kotoran ialah pasir yang diletakkan pada suatu wadah.

Perawatan Rutin pada Kucing Persia

Apabila sudah melakukan persiapan pada segi kandang untuk tempat tinggal dari kucing persia tersebut. Maka selanjutnya bisa memahami tentang perawatan rutin seperti apa saja yang harus dilakukan pada kucing tersebut.

  • Memandikan Kucing Sekali dalam Seminggu

    Salah satu perawatan rutin yang wajib dilakukan oleh Anda ialah melakukan pemandian kucing peliharaan setiap seminggu sekali. Hal ini dilakukan untuk membuat kucing terbiasa dan tidak takut terkena air serta menjaga kebersihan dari kucing itu sendiri.
    Dalam memandikannya juga tidak boleh asal-asalan. Sebab kucing segini memiliki bulu yang indah. Karena itulah usap secara perlahan ketika memandikannya lalu menggunakan hair dryer untuk mengeringkan bulu serta menyisirnya.

  • Memberikan Makanan Bergizi

    Perawatan rutin selanjutnya berdasarkan cara merawat kucing persia yang wajib diaplikasikan pada kucing persia Anda ialah memberikan makanan yang bergizi. Ada banyak sekali makanan yang sangat direkomendasikan untuk kucing Persia. Beberapa diantaranya seperti daging dan juga makanan pabrik.

  • Rajin Memberikan Vaksin

    Untuk perawatan selanjutnya ialah rajin-rajin memberikan vaksin pada kucing Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan kucing Anda dari segala virus dan juga penyakit. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kita tidak hanya bisa mengandalkan kebersihan dari kandang dan juga dari segi makanannya saja.

Tidak perlu diragukan lagi bahwa harga dari konveksi yaitu memang tergolong cukup mahal. Sehingga wajar apabila biaya untuk menerapkan cara merawat kucing Persia itu sangat berbeda dengan kucing kampung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *