5 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Fungsional

Cara Merawat Laptop

Laptop menjadi benda elektronik yang saat ini banyak digunakan. Di tengah pandemi seperti saat ini dimana segala hal dilakukan dengan menggunakan teknologi, laptop mengambil peran besar. Banyak orang menggunakan laptop untuk bekerja atau belajar.

Namun ada juga yang menggunakan laptop untuk keperluan lain seperti nonton film atau bermain games. Berbeda fungsi serta kebermanfaatan laptop di setiap orang, namun cara merawat laptop tetap sama. Berikut ini beberapa cara untuk merawat laptop agar tetap awet dan berfungsi dengan normal.

Bacaan Lainnya

Cara Memelihara Laptop Agar Awet dan Tetap Fungsional

Memiliki laptop yang awet dan tetap fungsional walaupun sudah digunakan bertahun-tahun lamanya mungkin idaman semua orang. Tentu saja hal tersebut bukan mimpi belaka.

Karena kini ada cara yang dapat dilakukan untuk memelihara agar laptop tetap awet dan fungsional. Simak penjelasan berikut:

  1. Membersihkan Keyboard

    Salah satu bagian laptop yang jarang diperhatikan adalah keyboard. Padahal jika bagian ini sudah mengalami gangguan maka laptop tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.
    Oleh sebab itu, keyboard perlu untuk sering-sering dibersihkan. Bukan hanya membersihkan pada permukaannya saja, namun juga pada setiap celah-celah yang ada.
    Anda bisa menggunakan vacuum cleaner kecil untuk membersihkan keyboard laptop. Akan tetapi jika tidak ada, Anda juga bisa membersihkan menggunakan tisu atau kain lap halus.

  2. Bersihkan layar secara rutin

    Bagian yang tak kalah penting untuk dibersihkan adalah layar. Layar yang kotor tentu saja akan mengganggu aktivitas Anda saat menggunakan laptop tersebut. maka dari itu, Anda harus sering-sering membersihkan layar laptop Anda.
    Anda bisa menggunakan tisu atau lap harus untuk membersihkan layar dari debu dan kotoran lainnya. Atau akan lebih baik jika Anda menggunakan lap microfiber atau lap yang biasanya digunakan untuk membersihkan kacamata.

  3. Memilih tas laptop yang tepat

    Laptop adalah perangkat elektronik yang sering dibawa. Terutama jika Anda membutuhkan laptop dimana saja dan kapan saja, laptop pasti selalu menjadi barang yang tak boleh ketinggalan.
    Jika memang begitu, maka cara merawat laptop ini harus Anda lakukan. Cara untuk memelihara laptop selanjutnya yaitu memilih tas yang tepat untuk digunakan saat membawa laptop bepergian.
    Pastikan tas Anda pas untuk ukuran laptop Anda. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Tas yang terlalu kecil membuat laptop tidak terlindungi dengan sempurna, sedangkan tas yang terlalu besar akan membuat laptop mudah terbentur dengan bagian tas lainnya.
    Pilihlah tas yang juga terdapat pelindung seperti busa atau kain tebal yang biasanya diperuntukkan untuk melindungi tas. Dengan demikian, tas Anda tidak mudah tergores dan tetap terlindungi saat dibawa kemana saja.

  4. Menjauhkan laptop dari makanan dan minuman.

    Makanan dan minum yang diletakkan di dekat laptop berisiko untuk tumpah. Jika sudah demikian, maka laptop Anda terancam.
    Terlebih lagi jika makanan dan minuman tersebut manis rasanya, maka bukan hanya risiko tumpah saja, risiko laptop Anda dimasuki semut juga menjadi sangat besar. Padahal kehadiran semut ini sering kali mengganggu atau bahkan merusak sistem dan mesin yang ada di dalam laptop.

  5. Merawat baterai laptop

    Cara merawat laptop yang terakhir yakni dengan menjaga kondisi baterai agar tetap berfungsi dengan baik. Jika baterai laptop sudah terganggu, maka fungsinya menjadi kurang praktis lagi.
    Cara untuk menjaga performa baterai laptop salah satunya yakni jangan menggunakan baterai laptop sampai habis. Pastikan untuk segera isi ulang baterai sebelum maksimal saat baterai sudah tersisa 20%.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *