Kenali Cara Merubah File JPG ke PDF di Android

  • Whatsapp
Cara Merubah File JPG ke PDF di Android

Ada beberapa keperluan yang membuat kita perlu mengubah foto JPG ke format pdf. Misalnya saja hasil scan, ktp, ijazah, dan lainnya. Sebenarnya, cara merubah file jpg ke pdf di android bukanlah perkara yang sulit.

Ada cukup banyak pilihan yang ada dari yang sederhana sampai yang kompleks agak bisa sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pada informasi kali ini, akan dibagikan berbagai metode untuk convert jpg ke format PDF.

Bacaan Lainnya

Memakai Ms Office Android

Metode satu ini merupakan cara yang mudah untuk convert atau mengubah banyak file JPG secara sekaligus untuk menjadi satu PDF. Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa kalian terapkan.

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Office Android, kalau belum maka bisa silahkan download saja dari Play Store.
  2. Pilihlah menu Tindakan dan pilih opsi Gambar JPG ke PDF.
  3. Kalian bisa mencari file foto, baik itu png, jpg hasil scan galeri HP atau sebagainya. Kalian bisa memilih 1 file maupun beberapa file secara sekaligus.
  4. Tap tombol icon panah merah di bagian pojok bawah kanan.
  5. Kalau sudah terpilih, maka bisa tap Selesai.
  6. Jika secara default, maka nama file dibuat menjadi nama document.pdf dan seterusnya. Kalau ingin mengubah nama file sesuai keinginan, maka caranya tap saja ikon titik tiga dan pilih opsi Ganti Nama.

Selain sangat mudah, cara satu ini gratis juga karena MS Office merupakan aplikasi yang bisa didownload gratis. Bisa juga aplikasi ini digunakan tanpa perlu registrasi atau upgrade ke versi premium. Jadi, kalian tidak harus membeli lisensi berbayar untuk memakai aplikasi ini.

Memakai Situs Web

Kalau kamu tidak ingin menginstal aplikasi tambahan, cara merubah file jpg ke pdf di android bisa dengan menggunakan web online. Web tersebut yang menyediakan fitur convert JPG ke PDF dengan jumlah yang banyak. Salah satu pilihan yang terbaik yaitu ilovepdf. Tampilan situs ini sederhana sehingga bisa dengan mudah kita gunakan.

Situs ini bisa mengubah juga banyak file JPG sekaligus. Sementara hasil konversi dapat langsung diunduh ke HP atau bisa juga disimpan ke DropBox atau Google Drive. Dengan begitu, maka dapat langsung dikirim melalui lampiran email dalam berupa link. Berikut ini tahap-tahap mengubah file JPG ke file PDF secara online atau memakai situs web.

  1. Bukalah halaman situs web ilovepdf.
  2. Tap Select images dan cari file-file dari galeri yang ingin kamu konversi. Kamu bisa memilih satu saja file maupun sekaligus banyak file.
  3. Kalau proses upload sudah selesai, maka bisa tap opsi Download PDF.
  4. Jika kamu ingin menyimpan file ke fitur Google Drive, bisa langsung saja pilih icon Google Drive.

Ada kelebihan ilovepdf yaitu kita dapat menentukan ukuran kertasnya sebelum convert. Jika ingin mengubah size atau ukuran kertas, maka caranya cukup dengan pilih icon gerigi setelah mengupload file gambar. Lalu setelah itu bisa tap convert. Memakai metode satu ini sangat sesuai jika kamu mempunyai file gambar dengan dimensi kecil.

Misalnya seperti ktp, sim, kartu pelajar, NPWP dan lalu ingin kamu ubah menjadi PDF dengan ukuran kertas yang sama dengan dimensi atau ukuran foto aslinya. Demikian saja informasi di atas mengenai dua cara merubah file jpg ke pdf di android yang bisa dilakukan dengan mudah. Hasil pun bisa didapat dengan cepat, semoga info kali ini bisa bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *