Panduan Cara Upgrade Ram Laptop Yang Benar

Cara Upgrade Ram Laptop

RAM merupakan komponen PC dan laptop yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data ketika perangkat tersebut sedang digunakan. Tetapi jika RAM memiliki kapasitas kecil, Anda tidak akan leluasa untuk memakai beberapa aplikasi.

Kalau Anda memaksakan menggunakan banyak aplikasi, kinerja komputer bisa menjadi lambat bahkan sampai terjadi hang. Komputer yang memiliki RAM kecil juga tidak bisa kita pakai untuk install game atau aplikasi tertentu, sehingga kita harus tahu cara upgrade ram laptop.

Apakah Bisa Menambah Ram Di Laptop?

Banyak orang mungkin yang tahu kalau kapasitas RAM PC bisa ditambah. Karena cukup dengan membuka casing CPU, lalu kita bisa menambah dan menggantinya saja. Kita tetap bisa mengganti RAM di laptop jadi bukan hanya di PC saja.

Tetapi mungkin caranya cukup berbeda karena harus membongkarnya jika ingin menambahkan RAM. Kalau memang tidak ingin memakai cara tersebut, Anda juga bisa mengakalinya dengan cara menambah memori virtual.

Beberapa Persiapan Penting Sebelum Upgrade Ram Laptop

Supaya kita bisa menikmati performa laptop yang maksimal, maka lebih baik coba untuk menambah RAM pada perangkat laptop kita. Kita lebih baik tidak sembarangan menambah RAM laptop tersebut, ada beberapa persiapan dan persyaratan penting yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.

Terdapat Slot RAM Yang Kosong

Biasanya memang kebanyakan laptop sekarang ini dibekali slot RAM lebih dari satu. Salah satunya masih kosong, Anda bisa mengisi slot RAM yang kosong dengan memakai RAM tambahan. Tetapi jika laptop hanya terdapat satu slot RAM saja atau dua slot RAM sudah terisi, Anda bisa coba mengganti RAM yang sudah ada dengan RAM yang baru. Tentunya RAM baru tersebut dengan kapasitas yang lebih besar.

Slot RAM Tidak Permanen Terpasang

Hal satu ini merupakan syarat mutlak, beberapa produsen laptop mensolder RAM pada produk mereka sehingga permanen terpasang dan tidak bisa kita ganti. Hal tersebut biasanya berkaitan dengan marketing agar banyak orang membeli laptop dengan harga lebih mahal kalau ingin RAM lebih besar.

Kalau slot RAM laptop Anda memang disolder permanen, secara otomatis cara upgrade ram laptop tidak akan bisa dilakukan. Tetapi jika ada dua slot, lalu satu slot RAM yang disolder, Anda bisa menambah RAM pada slot RAM yang bisa dicopot atau tidak disolder permanen.

Jangan Lupa Cek Kompatibilitas

Dari setiap produk laptop umumnya akan menyediakan informasi seputar berapa kapasitas maksimal RAM yang dapat dipasang di dalam laptop tersebut. Hal ini penting supaya jangan sampai nanti kita memasang ukuran RAM hingga 16 GB, lalu laptop tersebut padahal hanya bisa menampung 8 GB saja.

Menentukan Ukuran RAM Dengan Tepat

Ada langkah penting selanjutnya yaitu menentukan ukurannya. Kalau sekarang ini ada satu slot yang telah diisi memakai RAM sebesar 4 GB, sangat disarankan mengisi slot satunya dengan ukuran sama yaitu 4 GB. Anda sebenarnya bisa mengisinya dengan memakai RAM 2 GB, namun hal ini tidak bisa memberikan performa maksimal kepada laptop Anda.

Tentukan Jenis RAM

Ada beberapa tipe RAM yang bisa digunakan pada laptop atau pun komputer, seperti tipe DDR 2, DDR 3, dan DDR 4. Ketahui lebih dahulu tipe RAM yang dipakai laptop Anda supaya bisa disesuaikan. Tiap jenis RAM mempunyai pin berbeda-beda sehingga bisa digunakan hanya pada slot RAM yang sesuai. Demikian bahasan seputar cara upgrade ram laptop, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *