Pahami Ciri-Ciri Penyakit Jantung

Ciri-Ciri Penyakit Jantung

Meski penyakit jantung tergolong berbahaya dan salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia, tetapi masih ada masyarakat yang belum aware mengenai hal ini. Ketika tubuh terindikasi mengalami ciri-ciri penyakit jantung, tidak jarang diabaikan begitu saja. Entah karena belum tahu atau sekadar menganggap remeh. Padahal, memahami kondisi tubuh sendiri sangatlah penting.

Patut Waspada, 5 Ciri-Ciri Penyakit Jantung

  1. Rahang atau tenggorokan terasa sakit

    Rasa sakit yang timbul pada rahang atau tenggorokan sebenarnya cukup lumrah dialami oleh siapa saja, khususnya ketika kondisi tubuh sedang tidak fit. Tidak heran jika masyarakat sering mengabaikan gejala yang satu ini. Siapa mengira, situasi lazim serupa ternyata bisa jadi salah satu indikasi menderita penyakit jantung.
    Apabila Anda merasakan sakit di rahang atau tenggorokan yang teramat sangat, di mana sumbernya berasal dari nyeri dada, maka sebaiknya waspada. Kunjungi rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Tindakan demikian sudah cukup bijak dibanding Anda hanya berdiam di rumah dan menunggu rasa sakitnya sembuh sendiri.

  1. Muncul keringat dingin

    Jika keluarnya keringat dingin di pori-pori tubuh Anda diikuti oleh gejala lain seperti rasa sakit, itu artinya ada potensi terindikasi ciri-ciri penyakit jantung. Namun, diagnosisnya tidak dapat diputuskan begitu saja sebab perlu dilakukan serangkaian tes dari tenaga medis dengan peralatan memadai. Untuk itu, jangan abaikan keringat dingin yang muncul tanpa alasan jelas.

  1. Mudah merasa lelah

    Mudah merasa lelah dalam artian Anda tidak sedang melakukan aktivitas fisik yang berat atau olahraga. Kelelahan tersebut diikuti oleh susah bernapas seolah pasokan oksigen menipis, padahal sebelumnya kondisi tubuh baik-baik saja. Misalnya, Anda langsung merasa capek berlebihan sehabis menaiki tangga pada situasi normal. Jika benar begini, segeralah datangi dokter terdekat.

  1. Nyeri dada hingga ke lengan

    Sumbatan plak pada dinding arteri mengakibatkan munculnya rasa tidak nyaman di dada. Jantung gagal menjalankan fungsinya secara optimal tidak mengherankan bila timbul rasa nyeri. Sering kali terjadi saat tubuh menjalankan aktivitas fisik tertentu dan berlangsung selama beberapa menit, yang tidak bisa dibilang singkat.
    Lebih jauh, rasa nyeri tersebut dapat menyebar sampai ke tubuh bagian kiri, menjalar ke lengan sehingga semakin bertambah parah. Usahakan tidak berlama-lama membiarkan situasi demikian jika benar Anda mengalaminya. Sebab, indikasi ini merupakan salah satu ciri-ciri penyakit jantung. Menyambangi dokter adalah keputusan terbaik agar segera menerima penanganan.

  1. Bengkak pada tungkai bawah dan kaki

    Ada cairan yang menumpuk di kaki dan tungkai bawah pada penderita penyakit jantung. Cairan tersebut juga bisa menjalar hingga kebagian atas tubuh, menumpuk bahkan di selangkangan. Selain menyakitkan, situasi demikian tentu membuat Anda tidak nyaman serta merasa was-was. Penyebabnya tidak lain karena jantung gagal memompa darah sebagaimana mestinya.
    Akibatnya, darah yang seharusnya tersebar ke seluruh tubuh justru kembali lagi ke pembuluh darah. Ujung dari situasi ini, organ yang jauh dari jantung seperti kaki dan tungkai bawah mengalami pembengkakan. Di samping itu, ginjal juga jadi sulit mengeluarkan natrium dan air berlebih pada tubuh.

Jangan terlalu cemas saat Anda merasakan ciri-ciri penyakit jantung, tetaplah tenang dan segera datangi rumah sakit paling dekat. Kecemasan berlebih justru bisa memicu situasi yang lebih buruk lagi. Namun demikian, bukan berarti Anda lantas bersikap acuh tak acuh. Intinya, memahami indikasi penyakit jantung mempermudah kinerja dokter saat proses penanganan lanjutan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *