Ciri Ciri Penyakit Kulit Herpes yang Kerap Meresahkan

Ciri Ciri Penyakit Kulit Herpes

Penyakit herpes merupakan kelompok virus yang menjadi penyebab infeksi pada penderita. Penyakit ini mungkin bukan tergolong ringan namun bila dibiarkan maka akan sangat meresahkan. Ciri-ciri penyakit kulit herpes pada umumnya ialah muncul ruam atau luka pada kulit yang mana makin lama akan semakin gatal. Adanya ruam atau luka tersebut juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri bagi Anda yang menderita penyakit ini.

Berikut Adalah 5 Ciri Ciri Penyakit Kulit Herpes yang Patut di Waspadai

Penyakit kulit herpes tidak bisa dianggap enteng begitu saja. Sebab rasa perih yang timbul akan terus meresahkan. Apalagi ada banyak sekali jenis dari herpes yang mana memiliki gejala tersendiri. Berikut ini akan di tampilkan ciri ciri penyakit kulit herpes dari berbagai jenisnya.

Bacaan Lainnya
  1. Ciri herpes cacar air

    Cacar air bukanlah penyakit asing bagi banyak orang. Penyakit ini dikenal sangat meresahkan sebab menimbulkan banyak ruam pada kulit. Penyebab dari cacar air ialah adanya virus varicella zoster yang mana masih berhubungan dengan herpes. Umumnya penderita penyakit ini akan mengalami keadaan di mana mudah lelah, demam, ruam menyebar di sekujur tubuh, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan.

  2. Ciri herpes oral/ mulut

    Ciri dari penyakit herpes yang lain datang dari jenis herpes oral. Anda mungkin tidak asing dengan keadaan yang mana timbul ruam di area bibir atau mulut. Keadaan inilah yang di alami herpes oral. Munculnya ruam di area mulut menimbulkan rasa gatal, perih dan tidak nyaman. Selain itu, penderita juga akan merasa kurang percaya diri dalam penampilan. Apabila dibiarkan maka kemungkinan yang lebih buruk bisa terjadi seperti menyebar ke area wajah.

  3. Ciri herpes genital

    Apabila ciri-ciri penyakit kulit herpes oral menyerang pada area mulut. Lain halnya dengan herpes genital. Jenis ini memiliki ciri utama yakni menyerang kulit kelamin. Penyebab penyakit ini muncul biasanya akibat dari kontak seksual dengan penderita. Selain itu, dapat pula terjadi dari ibu yang menyusui anaknya. Rasa gatal di area kelamin akan begitu terasa perih dan meresahkan. Bila terus dibiarkan tanpa ada upaya pengobatan maka dapat menjalar ke area yang lain.

  4. Ciri herpes zoster/ cacar api

    Cacar api bisa di bilang merupakan penyakit yang menyebalkan. Bagaimana tidak, virus yang muncul biasanya merupakan pertumbuhan kembali dari cacar air yang sudah pernah di derita. Jadi penderita herpes zoster ialah Anda yang pernah terkena cacar air yang telah sembuh. Virus yang telah sembuh dapat bangun kembali membentuk cacar api. Bahkan gejala penderita dapat lebih parah meliputi demam, sakit kepala, nyeri berlebih, gatal dan tidak enak badan.

  5. Mononukleosis

    Mononukleosis adalah keadaan di mana fungsi kelenjar getah bening terganggu. Penyebab utamanya ialah Epstein-Barr virus yang mana masih tergolong dalam herpes. Penularan penyakit ini dapat berlangsung melalui air liur. Penderita biasanya akan merasakan ruam kulit, pembengkakan pada leher atau ketiak, sakit kepala dan otot serta demam.

Itu dia beberapa dari ciri ciri penyakit kulit herpes. Meski bukan termasuk penyakit berbahaya tentu Anda harus tetap waspada. Sebab bila dibiarkan tentu akan meresahkan dan dapat menjalar ke seluruh tubuh. Maka dari itu pastikan untuk rutin konsultasi ke dokter agar segera di tangani dengan baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *