Mengenal Lebih Dalam Soal Etika Bisnis

Etika Bisnis

Dalam dunia bisnis itu yang namanya etika bisnis itu adalah salah satu hal yang sangat penting dan juga harus diterapkan. Dalam etika pada saat berbisnis itu memang ada pedoman-pedoman dan juga prinsip moral yang baik dalam berbisnis. Jadi sebelum kita memulai bisnis itu kita harus mengerti dan memahami dulu beberapa etika dalam berbisnis itu seperti apa.

Pengertian Etika Dalam Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis sangat penting untuk tahu dan menerapkan etika dalam berbisnis tersebut dengan baik dan tepat. Karena dengan etika ini maka perkembangan dalam bisnis itu akan bisa jauh lebih cepat dan bisa berkembang lebih besar. Jadi mari kita jelaskan terlebih dahulu apa sebenarnya etika berbisnis itu mulai dari pengertiannya dan juga beberapa pendapat dari ahli.

Secara definisi, etika dalam berbisnis itu adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis dari segala aspek secara menyeluruh yang berhubungan dengan individu, perusahaan dan masyarakat. Ini akan membentuk norma dan perilaku karyawan dan juga pimpinan untuk membangun hubungan yang adil dan juga sehat. Jadi etika ini jadi seperti aturan tidak tertulis yang mengatur cara menjalankan bisnis dengan adil dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Etika dalam bisnis sendiri tidak tergantung pada kedudukan individu atau perusahaan dalam masyarakat, semua memiliki kedudukan sama. Secara definisi berarti etika ini pun akan menjadi pedoman dan juga manajemen untuk menjalankan pekerjaan sehari-hari. Landasan dari etika itu adalah moral, kejujuran, transparansi dan juga sikap profesionalisme dan ini berlaku untuk karyawan maupun semua elemen dalam bisnis.

Definisi Menurut Para Ahli

Secara definisi, etika sendiri memiliki beberapa pandangan dari para ahli yang mungkin bisa membantu kita untuk mengetahui arti sebenarnya. Ada beberapa ahli yang memiliki pandangan tersendiri mengenai pengertian dari etika itu sendiri, dan kita perlu tahu beberapa definisi dari beberapa ahli tersebut. Berikut pengertian dan definisi etika bisnis menurut beberapa ahli.

  1. Hill And Jones

    Etika dalam bisnis adalah suatu pemikiran dan juga ajaran yang bisa membedakan mana yang salah dan mana yang benar dalam bisnis. Ini bisa menjadi salah satu pertimbangan pimpinan perusahaan dalam mengambil langkah strategis terkait masalah moral yang kompleks.

  1. Velasques

    Menurut Velasques Etika berbisnis itu adalah sebuah studi mengenai moral benar dan salah dalam sebuah bisnis. Studi ini berfokus pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam institusi, kebijakan dan perilaku bisnis.

  1. Yosephus

    Menurut Yosephus etika itu merupakan penerapan prinsip moral umum dalam tindakan manusia dalam bidang ekonomi terutama bisnis. Jadi secara hakiki sasaran dari etika berbisnis itu perilaku moral orang berbisnis dalam kegiatan ekonomi.

  1. Steade Et Al

    Etika berbisnis itu adalah sebuah standar etika yang berhubungan dengan cara dan juga tujuan membuat keputusan bisnis.

  1. Bertens

    Pendapat Bertens, etika dalam berbisnis itu lebih luas dari yang diatur oleh hukum, bahkan memiliki standar lebih tinggi dari ketentuan hukum. Ini adalah aturan di dalam wilayah abu-abu yang sudah pasti ada dalam dunia bisnis.

  1. Sumarni

    Etika berbisnis itu sangat berhubungan dengan masalah penilaian terhadap kegiatan dan juga perilaku bisnis. Dasarnya adalah kejujuran dan juga kebenaran dalam berusaha.

  1. Muslich

    Menurut Muslich, etika berbisnis adalah sebuah pengetahuan mengenai cara yang ideal dan pengaturan dan pengelolaan bisnis. Cara ini didasarkan pada norma dan juga moralitas yang berlaku secara umum.

Sudut Pandang Etika Berbisnis

Dalam etika bisnis sendiri ada beberapa sudut pandang yang memang harus kita pahami untuk bisa mengenali lebih dalam mengenai etika tersebut. Bertens mengemukakan bahwa ada 3 sudut pandang untuk menentukan sebuah bisnis yang beretika, dan berikut ini beberapa sudut pandang tersebut.

  1. Sudut Pandang Hukum

    Sebuah bisnis bisa dikatakan baik apabila tidak melanggar ketentuan dan juga aturan-aturan hukum yang berlaku

  1. Sudut Pandang Ekonomi

    Sebuah bisnis bisa dibilang baik dan juga beretika apabila bisa menghasilkan keuntungan yang besar tanpa merugikan orang lain

  1. Sudut Pandang Moral

    Bisnis yang baik itu sesuai dengan ukuran-ukuran moralitas yang berlaku pada daerah tempat bisnis berada

Prinsip Etika Dalam Bisnis

Menurut Sonny Keraf ada beberapa prinsip yang menjadi pedoman dalam perilaku untuk menjalankan etika dalam sebuah bisnis. Dan berikut ini beberapa prinsipnya itu.

  1. Prinsip Kejujuran

    Dalam etika, kejujuran itu adalah hal yang utama di mana apa yang dikatakan sesuai dengan yang dipikirkan dan juga sesuai dengan yang dikerjakan. Prinsip ini menekankan kepatuhan dan komitmen dengan perjanjian yang sudah dibuat.

  1. Prinsip Keadilan

    Prinsip keadilan juga menjadi satu kunci dalam sebuah etika berbisnis, memperlakukan semua pihak secara adil tanpa melihat aspek tertentu.

  1. Prinsip Saling Menguntungkan

    Dalam etika juga ada prinsip ini, di mana semua pihak itu harus mendapatkan keuntungan bersama. Setiap langkah dan keputusan bisnis harus bisa membuat semua pihak merasa diuntungkan.

  1. Prinsip Integritas Moral

    Prinsip yang berikutnya adalah integritas moral di mana memastikan setiap langkah dalam bisnis itu tidak merugikan orang lain. Dasar berpikir prinsip dalam etika bisnis ini adalah kesadaran bahwa setiap orang itu harus dihormati harkat dan juga martabatnya.

  1. Prinsip Otonomi

    Ada prinsip otonomi juga yang berarti memiliki kemandirian, tanggung jawab, dan juga bebas. Dalam hal ini setiap langkah dan keputusan bisnis diputuskan dengan kemampuan sendiri dan kehendak sendiri tanpa ada paksaan atau tekanan.

Itu adalah 5 prinsip yang secara teori dikemukakan oleh Sonny Keraf, akan tetap secara realita itu tidak persis seperti itu. Berikut prinsip dalam sebuah etika berbisnis yang juga akan mempermudah Anda dalam mengimplementasikan.

  1. Tanggung Jawab

    Ini prinsip umum yang paling penting yakni rasa tanggung jawab dan juga komitmen untuk menciptakan kemakmuran. Di sini kemakmuran tersebut tidak terbatas hanya pada pemegang saham saja, tapi juga pembuat kebijakan dan juga lingkungan operasional perusahaan.

  1. Saling Percaya Satu Sama Lain

    Prinsip yang kedua itu adalah saling percaya dan melalui sikap saling mematuhi perjanjian dan aturan yang sudah disepakati.

  1. Menghargai Lingkungan

    Prinsip yang terakhir adalah menghargai lingkungan di sekitar perusahaan. Jadi harus bisa menjaga, mengelola dan juga memanfaatkan sumber daya secara efisien dan mempertahankan kelestarian alam lingkungan.

Manfaat Menerapkan Etika Berbisnis

Etika dalam berbisnis itu sangatlah baik, sehingga dengan menerapkannya kita akan bisa mendapatkan beberapa manfaat bagi bisnis kita. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari menerapkan etika bisnis ini.

  1. Manajemen yang lebih efektif karena adanya kepatuhan terhadap aturan yang berlaku
  2. Reputasi perusahaan pun sudah bisa dipastikan akan meningkat apabila menerapkan etika bisnis ini. Karena akan ada suasana integritas yang tinggi dalam perusahaan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *