Beberapa Gejala Diabetes Pada Wanita

Gejala Diabetes Pada Wanita

Banyak sekali orang yang terlambat mengetahui bahwa dirinya terkena penyakit diabetes. Padahal, semakin cepat mengetahui gejalanya, maka semakin besar juga peluang untuk bisa menghindari komplikasi diabetes yang berbahaya. Umumnya wanitalah yang kerap mengabaikan beberapa gejala diabetes yang terjadi pada tubuh mereka. Nah, Apa saja gejala diabetes pada wanita yang akan muncul?

Berikut Ini Beberapa Gejala Diabetes Pada Wanita

  1. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Gejala yang pertama yaitu mengalami Sindrom Ovarium Polikistik. Sindrom Ovarium Polikistik merupakan kelainan yang terjadi saat kelenjar adrenal di dalam tubuh menghasilkan hormone pria yang lebih tinggi disebabkan oleh terjadinya resistensi insulin yang mana adalah penyebab diabetes.

Bacaan Lainnya

Tanda-tanda bahwa Anda mengalami sindrom ini seperti jadwal menstruasi tak teratur, jerawat, berat badan bertambah, serta merasa depresi. Sindrom yang satu ini bisa menyebabkan ketidaksuburan dan juga kadar gula dalam tubuh semakin meningkat.

  1. Infeksi Bakteri atau Jamur

Pada wanita, gejala ini dapat diawali dengan infeksi jamur yang terjadi pada vagina. Gejala diabetes pada wanita ini memiliki ciri-ciri seperti keputihan, nyeri, gatal, serta rasa sakit ketika berhubungan seks. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan jamu candida. Kadar glukosa yang tinggi akan menghambat respon sistem imun dalam melawan berbagai jamur dan bakteri penyebab penyakit.

Bagi bakteri dan kuman, kadar gula tinggi dapat memberikan keuntungan sebab meningkatkan kemampuan kuman untuk menyebar dan tumbuh lebih cepat. Kuman tersebut memperoleh energi  tambahan guna menyerang tubuh dengan lebih mudah serta menimbulkan suatu gejala diabetes.

  1. Lemas dan Sakit Kepala

Biasanya wanita akan mengeluhkan gejala sakit kepala, tidak bertenaga, dan badan terasa lemas. Terdapat dua alasan yang dapat menyebabkan munculnya gejala tersebut, yaitu gula darah yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Selain disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar gula darah di dalam tubuh wanita, gejala diabetes pun dapat muncul karena insulin di tubuh tak bekerja dengan efektif.

Insulin sangat dibutuhkan guna mengangkut glukosa dari darah menuju ke sel-sel tubuh untuk dipakai sebagai energi. Saat pancreas tak dapat menghasilkan insulin secara cukup atau tidak bekerja dengan efektif, maka artinya gula di dalam darah tak bisa masuk menuju ke dalam, sel-sel tubuh.

  1. Kulit Kering dan Gatal

Gejala diabetes pada wanita berupa kulit kering merupakan kondisi yang terjadi akibat wanita kehilangan banyak cairan lewat urine. Oleh karena itu, kulit pun menjadi kehilangan kelembapan alaminya. Disisi lain, kulit gatal akibat diabetes dapat terjadi karena berkurangnya sensitivitas saraf serta sirkulasi darah yang terhambat.

Gula darah tinggi dapat mempengaruhi cara kerja dari sistem saraf serta menyebabkan tubuh memproduksi zat sitokin yang lebih banyak. Produksi sitokin berlebihan inilah yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh. Reaksi peradangan itulah yang membuat kulit pecah-pecah, gatal, dan kering.

  1. Berat Badan Turun Drastis

Berat badan dapat dikatakan turun drastis apabila penurunannya sekitar lebih dari 5 persen berat badan total sebelumnya. Umumnya, tubuh akan memakai glukosa sebagai sumber energi. Akan tetapi, karena masalah insulin tidak dapat memproses perubahan glukosa menjadi sumber energi, maka tubuh mulai mencari sumber yang lain, yaitu protein.

Nah, itulah beberapa gejala diabetes pada wanita yang Anda perlu diwaspadai setiap saat. Oleh karena itu, segera periksakan diri Anda ke dokter apabila mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan diatas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *