Kenali Ciri Ciri Hamil Bayi Kembar

Ciri Ciri Hamil Bayi Kembar

Kehamilan anak kembar dapat memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan dan keluarga yang sedang menantikan buah hati. Lantas bagaimanakah ciri ciri hamil anak kembar yang dapat diketahui oleh para calon ibu ketika mengandung? Simak ulasan selengkapnya di sini.

9 Ciri Kehamilan Anak Kembar

Meskipun terdapat beberapa faktor yang dapat berpeluang lebih tinggi untuk hamil anak kembar seperti genetik dan ras. Namun ternyata kehamilan bayi kembar juga dapat dialami oleh beberapa wanita tanpa adanya faktor keturunan. Berikut ini ciri-ciri yang perlu Anda ketahui jika sedang hamil anak kembar:

  1. Level hCG Tinggi

    HCG atau Human Chorionic Gonadotropin adalah hormon yang diproduksi oleh sel-sel di dalam plasenta selama masa kehamilan. Hormon ini sering dijadikan penanda adanya kehamilan pada seorang wanita yang dapat terdeteksi dengan menggunakan alat tes kehamilan atau testpek.
    Tingkat hCG pada setiap wanita yang sedang hamil dapat berbeda-beda, umumnya akan terus meningkat selama beberapa minggu di awal kehamilan dan jumlah hCG tertinggi pada 6-12 minggu pertama usia kehamilan. Namun pada kehamilan anak kembar, kadar hCG menjadi lebih banyak dibanding kehamilan normal.

  1. Detak Jantung

    Di akhir trimester pertama, calon ibu sudah dapat mendengar suara detak jantung bayi dengan menggunakan bantuan alat yang disebut Doppler. Ciri ciri hamil anak kembar selanjutnya yaitu jika Dokter atau Bidan yang memeriksa dapat menemukan beberapa detak jantung pada kehamilan kembar.
    Namun kehamilan kembar tidak selalu akurat diuji dengan hanya menggunakan alat pendeteksi detak jantung. Sebab, di beberapa area perut ibu dapat terdengar detak jantung tunggal yang dapat menyebabkan

  1. Hasil Uji AFP Abnormal

    Pada trimester kedua, ibu hamil akan melakukan skrining serum ibu atau skrining alpha-fetoprotein (AFP) yang digunakan untuk mengukur jumlah protein di hati janin dan mendeteksi cacat lahir pada kehamilan. Jika hasil AFP terbaca dengan jumlah yang tinggi atau positif maka dapat menandakan kehamilan ganda.

  1. Rahim Lebih Besar

    Biasanya dokter atau bidan mengukur usia kehamilan dengan memantau tinggi fundus wanita selama kehamilan. Fundus adalah jarak antara bagian atas rahim dengan tulang kemaluan wanita. Wanita yang sedang mengandung janin kembar akan memiliki tinggi fundus yang lebih besar di banding usia kehamilan sebenarnya.
    Selain itu, uterus juga akan mengalami peregangan yang lebih lebar pada kehamilan kembar. namun indikasi ini tidak selalu menunjukkan kehamilan kembar, karena terdapat beberapa faktor lain yang menyebabkan fundus yang lebih tinggi pada masa kehamilan.

  1. Faktor Genetik

    Ciri ciri hamil anak kembar dengan kemungkinan tertinggi adalah faktor genetik atau keturunan baik dari pihak ayah maupun dari pihak ibu. Beberapa ibu hamil dengan sejarah atau keluarga yang memiliki anak kembar biasanya dapat merasakan intuisi atau perasaan sedang mengandung anak kembar.

  1. Morning Sickness Berlebihan

    Hampir sebagian besar wanita yang sedang hamil akan mengalami morning sickness atau mual dan muntah di pagi hari. Meskipun pada beberapa wanita hamil tidak mengalami morning sickness di awal kehamilan atau trimester pertama.
    Pada kehamilan kembar morning sickness dapat menjadi lebih parah, sehingga mengakibatkan mual muntah yang 2 kali lebih hebat dibanding kehamilan tunggal. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kadar hCG yang lebih tinggi pada wanita yang sedang hamil anak kembar.

  1. Kelelahan Yang Ekstream

    Kelelahan biasanya dapat terjadi akibat stres, tanggung jawab, dan pekerjaan yang menguras tenaga. Namun juga dapat dialami oleh wanita yang sedang hamil terutama pada trimester pertama dan ketiga. Namun pada kehamilan anak kembar, kelelahan yang ekstrem dapat dialami oleh sebagian besar ibu.
    Kelelahan ekstrem mungkin terjadi akibat dari tubuh ibu yang sedang berusaha memberikan nutrisi pada janin yang lebih dari satu. Sehingga tubuh harus bekerja secara ekstra dibanding pada kehamilan janin tunggal.

  1. Kenaikan Berat Badan Secara Drastis

    Kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara berlebihan, namun rata-rata wanita hamil juga akan mengalami kenaikan berat badan. Berbeda kasus pada kehamilan janin tunggal, wanita yang sedang hamil anak kembar dapat mengalami kenaikan berat badan secara drastis.
    Rata-rata bobot bayi dalam kandungan dapat mencapai 4kg pada kehamilan tunggal, namun akan menjadi lebih berat pada kehamilan ganda. Ibu hamil dapat mengalami kenaikan berat badan hingga 15-20kg selama masa kehamilan.

  1. Konfirmasi USG

    Tanda-tanda kehamilan bayi kembar tidak selalu akurat dalam mendeteksi kehamilan ganda, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan untuk mendapatkan hasil yang valid dan akurat. Salah satunya adalah menggunakan Ultrasonografi (USG), dengan alat ini dokter atau bidan dapat melihat ke dalam rahim ibu.
    Kehamilan anak kembar akan mudah terdeteksi dengan melakukan pemeriksaan USG di awal kehamilan. Hasil USG yang ditampilkan pada layar monitor akan menunjukkan lebih dari satu janin di dalam rahim saat hamil anak kembar.

Tips Agar Hamil Anak Kembar

Selain mengetahui ciri-ciri hamil bayi kembar, Anda juga bisa mencoba untuk mendapatkan anak kembar secara alami meskipun tidak memiliki genetik atau keturunan kembar. Berikut ini tips agar hamil bayi kembar yang perlu Anda ketahui:

  1. Perbanyak Konsumsi Produk Susu

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Gary Steinman, wanita yang mengonsumsi produk olahan susu secara rutin memiliki peluang 5 kali lebih besar untuk mendapatkan bayi kembar dibanding wanita yang tidak atau jarang mengonsumsi produk susu.
    Produk susu dapat berupa keju, yogurt, butter, dan lain sebagainya. Selain produk olahan susu, rutin meminum susu segar juga memiliki khasiat yang sama.

  1. Suami Mengonsumsi Makanan Yang Kaya Zinc

    Zinc adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan pada pria dapat merangsang produksi sperma. Suami yang mengonsumsi makanan kaya zinc dalam kadar yang lebih banyak dapat memproduksi sperma yang lebih baik dan memungkinkan untuk pembuahan lebih dari satu telur.
    Zinc dapat ditemukan pada sayuran hijau, roti, biji-bijian, tiram, dan telur. Perbanyak konsumsi zinc selama program kehamilan dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan bayi kembar.

  1. Posisi Hubungan Intim

    Meskipun belum dibuktikan secara ilmiah, namun beberapa orang percaya bahwa posisi saat berhubungan intim dapat menentukan kehamilan yang diinginkan, seperti meningkatkan peluang hamil bayi kembar. posisi berhubungan intim yang mendukung kehamilan ganda diantaranya side by side, standing up, missionary atau man on top.
    Beberapa pakar juga menyebutkan bahwa posisi hubungan intim dengan penetrasi yang dalam dapat meningkatkan peluang kehamilan bayi kembar, sebab sperma dapat masuk ke tuba falopi dengan lebih mudah untuk melakukan pembuahan.

Demikianlah ciri ciri hamil bayi kembar dan tips untuk mendapatkan bayi kembar yang dapat kami sampaikan untuk para calon ibu atau wanita yang sedang menantikan kehamilan. Dapatkan informasi menarik lainnya yang terbaru dan terpercaya hanya di situs kami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *