Makanan untuk Penderita Diabetes yang Diperbolehkan

Makanan untuk Penderita Diabetes

Seluruh makanan yang dikonsumsi oleh Anda tentunya memiliki pengaruh terhadap kadar gula darah di dalam tubuh. Apabila Anda menderita diabetes, maka harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi supaya gula darah selalu stabil serta terhindar dari komplikasi diabetes. Oleh karena itu, tidak heran apabila makanan untuk penderita diabetes tentu dibatasi menjadi beberapa macam saja.

Berikut Ini Daftar Makanan untuk Penderita Diabetes yang Diperbolehkan

  1. Kacang-kacangan

Kacang memiliki kandungan karbohidrat kompleks serta tergolong dalam makanan yang mempunyai indeks glikemik yang rendah. Dengan begitu, kacang akan lebih lama diubah menjadi glukosa dan tak menyebabkan gula darah naik secara drastis. Kacang juga diperkaya dengan magnesium yang ikut menjaga kadar gula selalu stabil.

Bacaan Lainnya
  1. Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau  berpati memiliki kandungan karbohidrat tinggi dengan indeks glikemik yang tinggi pula. Akan tetapi, tak semua sayuran mengandung pati. Adapun jenis sayuran hijau yang baik dijadikan makanan untuk penderita diabetes yaitu kubis, bok choy, sawi, bayam, dan brokoli.

  1. Jagung

Jagung mengandung pati dan seat yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Dengan begitu, kadar gula tidak akan naik dengan cepat setelah mengonsumsi jagung. Sebuah studi dalam jurnal berjudul Food Science and Human Wellness menemukan bahwa dengan rutin mengonsumsi jagung bisa membantu penderita diabetes mengendalikan gula darahnya secara lebih baik.

  1. Gandum Utuh

Gandum utuh tergolong makanan yang memiliki nilai glikemik rendah serta tinggi akan serat. Kedua kombinasi tersebut menguntungkan karena bisa membantu untuk memperlambat proses penyerapan glukosa dalam darah.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar menjadi makanan yang mempunyai indeks glikemik lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Pada satu porsi ubi jalar rebus terdapat 44 nilai glikemiks, sedangkan kentang rebus yakni 80. Selain itu, kandungan kalium, vitamin C, vitamin A, dan serat dalam ubi jalar pun baik untuk penderita diabetes.

  1. Kayu Manis

Kayu manis memiliki potensi baik untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Cara kerja kayu manis untuk menurunkan kadar gula darah yaitu dengan membantu meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin. Sehingga, gula dapat menjadi suatu energi yang lebih baik. Ana dapat menambahkan rempah tersebut pada minuman, makanan, ataupun camilan buatan rumah.

  1. Ikan

Makanan untuk penderita diabetes yang satu ini terbilang cukup lezat. Ikan merupakan makanan yang kaya akan khasiat untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Terlebih lagi jenis ikan juga memiliki kandungan lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal serta lemak tak jenuh ganda.

Ikan yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh yaitu ikan yang kaya asam lemak omega 3 seperti ikan halibut, ikan kembung, ikan tuna, ikan trout, dan ikan salmon. Anda juga harus mengolahnya dengan cara yang baik. Daripada harus digoreng, akan lebih baik apabila dipepes, dipanggang, ataupun dijadikan sup saja.

  1. Biji Chia

Biji chia merupakan makanan yang tinggi serat namun rendah kalori dan karbohidrat. Makanan ini akan membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dengan memperlambat proses penyerapan nutrisi dalam usus. Anda dapat mengonsumsi makanan ini secara langsung maupun dicampurkan dalam masakan seperti sereal, salad, dan bahkan nasi.

Nah, itulah beberapa makanan untuk penderita diabetes yang diperbolehkan. Perlu diingat untuk mengolah beberapa makanan tersebut dengan cara yang tidak sembarangan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *