Membuat Toko Online, Mudah Atau Sulit? Simak Faktanya

  • Whatsapp
Membuat Toko Online

Karena dunia digital terus berkembang, sudah seharusnya jika setiap pengusaha atau siapapun yang mau mulai usaha untuk melirik sarana online untuk mempromosikan produk atau dagangan mereka.

Dengan meng-onlinekan bisnis atau produk Anda, ini membuka peluang untuk mendapatkan penjualan lebih daripada jika Anda sekedar membuka usaha secara offline.

Selain ingin mengetahui cara jualan online untuk pemula yang efektif, yang seringkali terpikir saat seseorang ingin meng-onlinekan usahanya adalah membuat toko online untuk promosi produk-produk atau jasa mereka.

Tapi membuat toko online, apakah mudah, atau sulit? Apakah setiap orang bisa melakukannya?

Seperti yang Anda tahu, membuat toko online dibutuhkan keahlian untuk meng-coding website, maka kalau dilihat dari sisi ini saja, membuat toko online sangatlah sulit.

Untuk membuat toko online juga dibutuhkan biaya yang besar. Pikirkan tentang biaya server, biaya pemrograman, dan biaya perawatannya dan tentu saja biaya-biaya lain yang tidak terduga.

Biasanya, developer pembuat toko online tidak segan menawarkan jasa mereka dengan harga mulai dari Rp 20 juta atau lebih. Jadi memang kalau dilihat dari sisi ini, tidak semudah itu bagi pengusaha yang memiliki modal kecil untuk membuat toko online mereka sendiri.

Kesulitan lainnya muncul saat pada akhirnya seorang pemilik toko online menyadari bahwa yang mereka butuhkan bukanlah sekedar sebuah toko online, melainkan toko online yang mutakhir yang dapat membantu Anda meningkatkan bisnis. Toko online semacam ini harus bisa menangkap sebanyak mungkin data dari calon konsumen Anda, terutama jika Anda mendatangkan pengunjung nantiknya lewat iklan.

Memang sulit, tapi apakah ada solusi yang memudahkan Anda untuk memiliki toko online sendiri tanpa harus mengalami terlalu banyak kesulitan? Jawabannya ada. Berikut ini 3 hal yang akan memudahkan Anda.

  1. Tidak Perlu Belajar Coding Untuk Bisa Punya Toko Online

Ini benar adanya. Sejak e-commerce berkembang dengan cepat di Indonesia, ada banyak platform online yang memudahkan para pemula untuk bisa punya toko online sendiri. Kalau diluar negeri, platform seperti ini yang paling dikenal adalah Shopify. Di Indonesia, platfrom seperti Lakuuu.Id berfungsi sama seperti Shopify. Untuk punya toko online, Anda cukup mendaftar, memilih bentuk toko online Anda, upload produk, setting pembayaran dan pengiriman. Semua ini membuat proses memiliki toko online menjadi mudah.

  1. Tidak Perlu Biaya Besar Untuk Punya Toko Online

Agar biaya bisa ditekan, platfrom seperti Lakuuu.id tidak memberi harga mahal untuk penggunannya. Bahkan pengguna bisa memulainya secara gratis. Biaya yang dibutuhkan setelah masa gratis habis bisa mulai dari Rp 150rban saja dan ini dibayarkan satu bulan satu kali. Dengan solusi seperti ini, siapapun bisa punya toko online tanpa mengeluarkan budget yang tinggi. Dalam hal ini, punya toko online adalah hal yang mudah.

  1. Toko Online Mutakhir Hanya Dengan Beberapa Klik

Saat bisnis Anda berkembang, kebutuhan fitur-fitur dari toko online Anda terus berkembang. Misalnya Anda ingin menawarkan flash sale dan membutuhkan kupon diskon yang bisa dibagikan dan dimasukkan pembeli saat ia ingin membayar untuk mendapatkan diskonnya, dan toko online Anda dengan canggihnya memproses hal tersebut, kemudian menyajikan harga diskon bagi calon pembeli. Jika Anda gunakan developer, maka Anda harus kontakan dengan developer dan mereka akan membuatkan untuk Anda dengan biaya besar dan waktu tunggu yang lama. Sedangkan jika Anda gunakan layanan seperti Lakuuu.Id, hal demikian hanya tinggal klik saja. Toko online Anda bisa mutakhir dengan memanfaatkan layanan dari platform seperti Lakuuu.id.

Mudah Atau Sulit Tergantung Cara Yang Anda Pilih Untuk Membuat Toko Online

Ya, kesimpulannya demikian. Jika Anda gunakan platform pembuatan toko online yang sudah matang, maka membuat toko online menjadi hal yang mudah.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *