Mengenal Penyakit Kulit Herpes

Penyakit Kulit Herpes

Herpes merupakan penyakit kulit yang cukup merepotkan sebab bisa menjangkit penderitanya dalam waktu yang cukup lama. Penyakit ini harus selalu diwaspadai karena bisa menimbulkan rasa gatal yang luar biasa serta bisa beresiko fatal jika tidak diatasi dengan benar. Biasanya, penderita akan mengalami ruam di bagian tertentu seperti leher dan menyebar ke seluruh tubuh. Yang menyebalkan, penyakit kulit ini termasuk dalam penyakit yang mudah menular, terlebih jika terjadi kontak fisik. Untuk mencegah terjadinya penyakit yang satu ini, Anda tentu harus mengenal lebih jauh terkait penyakit kulit herpes ini.

Kelompok Virus Herpes

  • Beta herpesvirus

    Kelompok virus yang pertama ini memiliki riwayat hidup yang cukup lama. Virus ini dapat bersembunyi di dalam tubuh dan menyebabkan sel menjadi bengkak. Biasanya virus ini menyerang sel darah merah, kelenjar sekretori, dan ginjal. Beta herpesvirus ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori yaitu herpesvirus 7, herpesvirus 6, dan cytomegalovirus.

  • Gamma herpesvirus

    Saat membicarakan mengenai penyebab penyakit kulit herpes, tentu saja harus membahas gamma herpesvirus juga. Virus ini cukup berbahaya bagi manusia sebab akan menyerang sel atau limfosit B atau T pada tubuh manusia. Contoh dari virus ini adalah human herpesvirus 8 dan epstein-barr virus.

  • Alfa herpesvirus

    Terakhir adalah alfa herpesvirus. Virus jenis ini memiliki siklus perkembangan yang sangat cepat, dan bisa kambuh kapan saja. Selain itu, mereka juga memiliki fase laten atau berkembang biak tanpa menunjukkan gejala apapun.

Penyebab Penyakit Kulit Herpes

  1. Herpes simplex virus type 1

    Jenis virus ini merupakan penyebab dari herpes mulut atau oral. Selain itu virus tersebut dapat menyebar dari mulut menuju alat kelamin yang disebut herpes kelamin atau juga herpes genital. Akibat dari hubungan seks oral dengan orang yang terpapar. Virus ini dapat menyebar melalui kontak langsung yang dilakukan oleh penderita herpes dengan orang yang masih sehat.
    Selain itu, virus ini pun dapat menular dari penderita penyakit virus dengan orang yang terpapar dengan virus tetapi tidak menunjukkan gejala sebelumnya. Bahkan banyak penderita yang terserang virus disebabkan karena mereka melakukan kontak dengan orang tanpa gejala. Akan tetapi, resiko tertular lebih tinggi apabila melakukan kontak dengan penderita yang lukanya sedang terbuka.

  2. Varicella-Zoster Virus

    Bisa juga disingkat dengan VZV merupakan penyebab penyakit herpes yang menyebabkan penyakit seperti cacar ular dan cacar air. Virus ini akan menyebabkan bintil berisi cairan yang bisa menular. Bahkan, virus ini bisa menular melalui bersin ataupun batuk.
    Biasanya anak-anak dibawah 12 tahun memiliki resiko yang tinggi terinveksi virus ini. Dan terjadi pada anak yang sistem imunnya rendah ataupun tertular oleh penderita cacar air. Namun, cacar ini tidak akan kambuh jika sudah sembuh karena sistem imun tubuh akan menjadi kebal.

  3. Herpes Simplex Virus Tipe 2

    Atau biasa dikenal dengan HSV 2 ini merupakan penyebab penyakit kulit herpes genital. Herpes ini bisa terjadi jika adanya kontak dengan penderita seperti hubungan seks atau ibu yang melahirkan. Yang perlu diwaspadai, HSV 2 bisa berubah menjadi infeksi laten yang dapat kambuh lagi jika terjadi cedera, demam, menstruasi ataupun stres.
    Yang paling rentan terkena penyakit ini yakni kaum perempuan. Gejala yang sering dialami yakni rasa gatal, keluar cairan di vagina, sakit saat buang air kecil, benjolan di selangkangan, munculnya koreng, dan pada pria bisa menyebabkan kulit penis perih, kering dan gatal.

Penyakit kulit herpes merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan bisa mengganggu aktivitas, maka alangkah lebih baik untuk mengetahui penyebab utama serta melakukan pencegahan yang ampuh. Jika Anda sudah terlanjur terinveksi virus yang satu ini, maka penanganan dokter spesialis kulit menjadi hal yang sangat utama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *